Rekomendasi Tempat Wisata Di Jogja Yang Sangat Seru Untuk Dikunjungi

Minggu, 26 November 2023 | 18:50 WIB
0
28
Rekomendasi Tempat Wisata Di Jogja Yang Sangat Seru Untuk Dikunjungi
Tugu Yogyakarta

Siapa yang tidak ingin berlibur ke Jogja? Jogjanya lengkap banget. Tempat wisata di Jogja ada bermacam-macam dan semuanya asyik untuk dikunjungi. Kota Pelajar ini punya segalanya mulai dari budaya, kuliner, wisata alam bahkan wisata yang Instagrammable.

Baik kamu baru pertama kali liburan ke Jogja, atau sudah beberapa kali ke Jogja dan butuh ide tempat wisata baru untuk dikunjungi, kamu bisa menemukannya di daftar rekomendasi Tempat Wisata Di Jogja ini!

Rekomendasi Tempat Wisata Di Jogja

Jalan Malioboro

Yang jelas, tempat wisata di Jogja ini harus jadi nomor satu. Belum pernah ke Jogja kalau tidak mampir atau setidaknya lewat Jalan Malioboro! Selain berbelanja, maka Anda juga bisa makan di kawasan Malioboro ini. Apalagi di malam hari, banyak sekali kios tenda yang berdiri di sini.

Jika Anda berlibur ke Jogja dengan menggunakan kereta api, Anda bisa berjalan kaki langsung dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Jalan Malioboro karena letaknya berseberangan. Apalagi jika Anda datang pada sore hari. Duh, cocok banget buat langsung mengenyangkan perut di kawasan Malioboro!

Keraton Yogyakarta

Jogja merupakan Daerah Istimewa yang dipimpin oleh seorang raja yaitu Sultan Hamengkubuwono X. Seorang raja tentunya membutuhkan istana, dan Keraton Yogyakarta adalah istananya. Sejarah panjang Kesultanan Yogyakarta bisa Anda lihat di sini. Anda bisa mengunjungi Kompleks Utama Keraton Yogyakarta yang dibuka untuk umum mulai pukul 08.30 - 13.00 WIB, kecuali hari Jumat hanya hingga pukul 11.00 WIB. 

Terdapat pemandu yang bisa menemani Anda menjelajahi kawasan Kraton. Namun jika ingin berjalan sendiri, tidak masalah. Harga tiket masuk Keraton Yogyakarta sangat murah, hanya Rp 5.000 untuk wisatawan domestik dan tambahan Rp 1.000 untuk izin foto.

Alun-Alun Selatan

Alun-Alun Selatan merupakan salah satu Istana Sultan yang sesuai dengan namanya terletak di sebelah selatan Keraton, namun masih berada dalam kawasan Benteng Keraton Yogyakarta. Sedikit berbeda dengan Alun-Alun Utara yang biasanya hanya ramai jika ada acara besar yang diadakan, Alun-Alun Selatan selalu ramai hampir setiap hari.

Di sinilah warga sekitar dan wisatawan bisa refreshing sambil bermain bulu tangkis, duduk santai, jajan di warung tenda, atau bahkan berkeliling Alun-Alun menggunakan kendaraan hias! Semakin sore biasanya semakin banyak orang yang datang ke sini sehingga membuat kawasan ini semakin semarak.

Oh iya, kalau baru pertama kali ke sini, jangan lupa coba tantangan berjalan melewati dua pohon beringin di tengah lapangan dengan mata tertutup. Konon apa yang kita inginkan akan terwujud jika berhasil melakukannya!

Tugu Yogyakarta

Tugu Yogyakarta menjadi salah satu kawasan ikonik di Jogja yang tidak boleh dilewatkan oleh wisatawan, apalagi jika baru pertama kali berlibur ke Jogja. Secara umum, Tugu Yogyakarta menjadi spot foto yang wajib dikunjungi untuk membuktikan kalau kamu memang pernah ke Jogja!

Mengambil foto dengan latar belakang Tugu memang agak rumit, tetapi Klook bisa memberi Anda tips. Anda dapat mengambil foto dari pinggir jalan seberang - dengan waktu yang tepat, Anda akan bisa mendapatkan foto yang bagus!

Cara lainnya adalah dengan mampir ke restoran dan kafe yang letaknya tepat di seberang Tugu. Biasanya restoran ini memiliki teras di lantai 2, dan kamu bisa mengambil foto dari atas sana! Tentunya di sini harus beli makanan dan minuman dulu, jangan asal masuk dan foto-foto saja.

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, terletak di Klaten, tepatnya di perbatasan antara Jogja dan Jawa Tengah. Candi ini menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang paling populer, bahkan sempat menjadi lokasi syuting film. 

Beberapa area candi berhasil dipugar setelah runtuh akibat kelalaian dan berbagai bencana alam, namun sebagian lainnya tidak dapat dibangun kembali dan akhirnya dikumpulkan tersebar di sekitar kompleks candi. Diperkirakan dulunya terdapat hingga 240 candi di kawasan Candi Prambanan, meski kini hanya tersisa 18 candi.

Candi Borobudur

Candi Borobudur bukan berada di kawasan Yogyakarta, melainkan di Muntilan, Jawa Tengah. Namun candi Budha terbesar di dunia ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi jika berlibur ke Jogja! Jarak dari pusat kota Jogja sekitar 40km atau 1,5 jam perjalanan dengan mobil. Tidak terlalu jauh, bukan?

Berbentuk persegi dengan 9 anjungan dan satu candi induk di puncaknya, wujud Borobudur sungguh indah baik dari sekelilingnya maupun dari ketinggian. Dinding-dindingnya dipahat, dan bukan sekadar ukiran melainkan jalinan cerita dari kondisi masyarakat saat itu menjadi cerita Budha. Candi Borobudur sangat populer pada masa Waisak, ketika diadakan acara pelepasan lampion sebagai bagian dari perayaan Waisak di sana.  

Pantai Parangtritis

Walaupun Pantai Parangtritis sangat ramai dikunjungi wisatawan, namun bagi anda yang baru pertama kali berkunjung ke Jogja tetap wajib mengunjungi pantai ini. Dengan garis pantai yang cukup panjang dan hamparan pasir pantai yang sangat luas, banyak hal yang bisa Anda nikmati di Parangtritis. 

Pantai Parangtritis juga merupakan salah satu pantai terbaik untuk menikmati matahari terbenam, jadi usahakan datang pada sore hari untuk mendapatkan pemandangan terbaik di sini!

Demikian ulasan tentang Rekomendasi Tempat Wisata Di Jogja Yang Sangat Seru Untuk Dikunjungi Seperti yang dilansir slot. Semoga bermanfaat.