Taklimat Prabowo "Menyengat" Kader Gerindra

Taklimat ini jelas sekaligus merupakan bentuk dukungan Prabowo terhadap pemerintahan Jokowi, bahkan dia bersaksi bahwa Jokowi berbuat dan bertindak atas nama bangsa dan rakyat.

Kamis, 23 April 2020 | 18:54 WIB
0
428
Taklimat Prabowo "Menyengat" Kader Gerindra
Foto: Okezone.com

Mendengar pidato Prabowo Subianto di akun FP Facebook-nya, penulis merasakan kalau apa yang disampaikan Prabowo adalah sesuatu yang keluar dari hatinya yang paling dalam.

Ada kegelisahan yang sangat dia rasakan, dalam melihat keadaan dan situasi terkini, dan dia juga berkepentingan untuk menyampaikannya secara terbuka, agar masyarakat tahu seperti apa posisi dia yang sebenarnya.

Secara garis besarnya, Prabowo ingin mengingatkan para kadernya lewat Taklimat yang disampaikan, bahwa dirinya dan partai Gerindra adalah bagian dari pemerintahan. Ungkapan tersebut diartikulasikan Prabowo sangat gamblang dan jelas.

Prabowo mengatakan bahwa keputusannya untuk bergabung dengan pemerintah, adalah sebuah keputusan yang besar. Dan dia bersaksi bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi), berjuang demi bangsa dan rakyat Indonesia.

Penekanan terhadap ucapan ini mempertegas posisinya, pengakuan yang jujur, dan perlu disampaikan kepada kader partainya, agar kadernya tidak 'mbalelo' terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi.

Selama 6 bulan bergabung dengan pemerintahan, Prabowo merasa kadernya masih berada di luar garis pemerintahan, seakan-akan yang masuk kedalam pemerintahan hanya dirinya sendiri, tidak dengan partainya.

Lewat Taklimat ini, Prabowo mewanti-wanti untuk patuh kepada kepala pemerintahan, baik pemerintahan pusat mau pun daerah, juga pemerintahan kabupaten dan sebagainya. Seperti yang disampaikannya dalam Taklimat tersebut,

"Saudara-saudara jika kita ingin menang pertarungan lawan wabah Covid-19 ini, saya meminta kepada saudara sekalian agar ikuti semua arahan, saran, dan petunjuk pemerintah, baik pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kota/kabupaten, pemerintah kecamatan, dan desa".

Dari sini Prabowo ingin mengajarkan kadernya untuk taat aturan, untuk tidak cuma bisa menyalahkan tanpa memberi solusi. Memang ada kecenderungan kader Gerindra memosisikan diri tetap sebagai oposisi pemerintah.

Sehingga ada keperluan Prabowo meminta tetap didukung oleh kader partainya, dan permintaan ini diungkapkannya atas dasar keraguannya terhadap kader partainya yang terus menerus menyerang pemerintah, sementara Ketua Umumnya sendiri merupakan bagian dari pemerintah.

Menurut penulis, Taklimat ini tujuannya menyeluruh, bukan semata untuk kader partai Gerindra, tapi juga bagi masyarakat umum, itulah makanya di upload di FP Facebook-nya, agar semua tahu bahwa posisi dirinya adalah bagian dari pemerintahan.

Prabowo juga ingin mengingatkan bahwa dia sangat menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa, kalau ada pihak yang menginginkan perpecahan, dia bukanlah bagian dari itu. Disini sangat jelas seperti apa Prabowo memosisikan dirinya di tengah bangsa ini.

Taklimat ini jelas sekaligus merupakan bentuk dukungan Prabowo terhadap pemerintahan Jokowi, bahkan dia bersaksi bahwa Jokowi berbuat dan bertindak atas nama bangsa dan rakyat. Ini sebuah pernyataan yang sangat tegas, meskipun tidak disampaikannya dengan berapi-api.

Video bisa ditonton di bawah ini:

***