Arti Ayat Ad Dhuha Yang Wajib Kamu Ketahui

Rabu, 12 April 2023 | 16:24 WIB
0
148
Arti Ayat Ad Dhuha Yang Wajib Kamu Ketahui
Al Qur'an

Surah Ad-Dhuha (الضحى) adalah surah ke-93 dalam Al-Qur'an, kitab suci Islam. Ayat dalam Surah Ad-Dhuha memiliki makna sebagai berikut:

"Demi waktu dhuha (waktu matahari naik sepenuhnya)." (QS Ad-Dhuha: 1) Makna: Allah bersumpah dengan waktu dhuha, yaitu waktu ketika matahari naik sepenuhnya setelah terbit, sebagai bentuk pengingat kepada manusia akan nikmat dan berkah-Nya dalam memberikan cahaya, kehidupan, dan keberkahan di dunia.


"Dan demi malam apabila itu sunyi sepenuhnya." (QS Ad-Dhuha: 2) Makna: Allah juga bersumpah dengan malam yang sunyi dan tenang, yang memberikan ketenangan bagi manusia, sebagai pengingat akan keberagaman nikmat-Nya dalam menciptakan waktu dan perubahan dalam kehidupan.


"Tuhanmu tidak meninggalkanmu dan tidak pula membencimu." (QS Ad-Dhuha: 3) Makna: Allah memberikan jaminan kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam bahwa Allah selalu bersamanya, tidak pernah meninggalkannya atau membencinya. Ayat ini juga menjadi penghiburan bagi seluruh umat manusia bahwa Allah senantiasa mengasihani, melindungi, dan tidak meninggalkan hamba-hamba-Nya yang beriman.


"Dan sesungguhnya akhirat itu lebih baik bagimu dari pada dunia." (QS Ad-Dhuha: 4) Makna: Allah mengingatkan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam dan seluruh umat manusia bahwa akhirat, yaitu kehidupan setelah kematian, adalah lebih baik daripada dunia. Oleh karena itu, manusia seharusnya berfokus pada persiapan akhirat dan mengutamakan amal sholeh sebagai bekal kehidupan di akhirat.


Surah Ad-Dhuha mengandung pesan tentang nikmat dan kasih sayang Allah, mengingatkan manusia agar bersyukur, berpegang teguh pada iman, dan berfokus pada persiapan akhirat.

ayat ad dhuha latin

Berikut adalah ayat-ayat dalam Surah Ad-Dhuha dalam Al-Qur'an dalam teks bahasa Arab dan transliterasi Latin:

وَٱلضُّحَىٰ (Waadduhaa)
وَٱللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ (Wal-laili itha saja)
مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَىٰ (Ma waddaAAaka rabbuka wama qalaa)
وَلَلْءَاخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ ٱلْأُولَىٰ (Walal-akhiratu khayrun laka minal-oola)
وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَىٰ (Walasawfa yuAAteeka rabbuka fatar-dhaa)
أَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيمًا فَـَٔاوَىٰ (Alam yajidka yateeman faawa)
وَوَجَدَكَ ضَآلًّا فَهَدَىٰ (Wawajadaka daallan fahada)
وَوَجَدَكَ عَآئِلًۭا فَأَغْنَىٰ (Wawajadaka AAa-ilan faaghnaa)
فَأَمَّا ٱلْيَتِيمَ فَلَا تَقْهَرْ (Faamma alyateema fala taqhar)
وَأَمَّا ٱلسَّآئِلَ فَلَا تَنْهَرْ (Waamma assaaila fala tanhar)
وَأَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ (Waamma biniAAmati rabbika fahaddith)

Nah itu dia arti Ayat Ad Dhuha yang kami langsir dari islamtwins