WBP Lapas Kelas I Malang Ikuti Uji Kompetensi Keterampilan Batik Nasional

Rabu, 22 November 2023 | 13:32 WIB
0
24
WBP Lapas Kelas I Malang  Ikuti Uji Kompetensi Keterampilan Batik Nasional
Pelatihan Batik bagi WBP Lapas Kelas I Malang ( dok Humas Lapas Kelas I Malang)

MALANG -  WBP Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur mengikuti kegiatan Uji Kompetensi Keterampilan Membatik bersertifikat Nasional bagi WBP.

Kegiatan dihadiri Penguji Uji Kompetensi Tio Yoga Aditama dan Ade Triana selaku Ketua Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Membatik. Selain itu hadir pula mitra program Pembinaan Kemandirian Pimpinan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Ganesha Kepanjen, Naila Chamidah.

Uji Kompetensi diselenggarakan ini area unit Bimbingan Kerja (Bimker). ada 8 materi yang diujikan dalam program uji kompetensi membatik sesuai jenjang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level II (pembuatan batik tulis dengan pewarna sintetis).

Sebelum dilakukan uji kompetensi, Warga Binaan Pemasyarakat (WBP) telah mengikuti Pelatihan Pembuatan Batik dengan Pewarna Sintesis dengan instruktur dari LKP Ganesha Kepanjen. Kegiatan ini juga dapat Monitoring dan Evaluasi langsung Direktorat Kursus dan Pelatihan RI yang dihadiri, Faiz Ayatullah dan Usman.

"Dengan Uji Kompetensi ini bisa menumbuhkan semangat menjadi Pekerja dan jiwa Wirausaha para WBP yang bisa dimanfaatkan saat telah bebas nanti. Adanya Sertifikat yang berlaku Nasional bisa jadi bukti kompetensi yang dimiliki WBP," kata Ketut Akbar Herry Achjar, Kalapas Lapas Kelas I Malang.


L’SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)