Ingin Tahu Daftar Tanaman Hias Terbaru? Simak Ulasan Lengkapnya

Minggu, 26 November 2023 | 06:56 WIB
0
26
Ingin Tahu Daftar Tanaman Hias Terbaru? Simak Ulasan Lengkapnya
Tanaman Hias

Sejak pandemi melanda dunia, berkebun menjadi hobi yang paling digemari. Menanam tanaman di rumah disebut-sebut dapat membantu mengelola stres dan bisa menjadi pilihan olahraga yang menyehatkan tubuh. 

Berkat tren hortikultura, tanaman hias yang sebelumnya kurang tersedia kini menjadi suguhan utama. Beberapa Tanaman Hias yang memiliki banyak daun sedang diminati oleh masyarakat di Indonesia karena harga jualnya pun sampai puluhan juta rupiah.

Daftar Tanaman Hias Terbaru

Tanaman hias merupakan tanaman yang sangat digemari terutama oleh kaum hawa. Tanaman hias mempunyai keindahan tersendiri bagi yang menikmatinya. Saat ini banyak sekali tanaman hias baru yang beredar di pasaran, berikut daftarnya:

Monstera

Monstera merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Pada umumnya monstera kerap menghijaukan ruangan dan memberikan kesan tropis yang segar. Jenis tanaman hias berdaun yang sedang populer yaitu Janda Bolong dan Monstera Adansonii. Kedua jenis tanaman monstrea ini bisa mencapai harga jual sekitar Rp 1 juta bahkan bisa lebih.

Selain jenis Janda Bolong, tanaman monstera lain yang tak kalah populer adalah Monstera Deliciosa yang mudah dikenali karena daunnya yang besar, lebar, dan berlubang-lubang menyerupai celah. Monstera deliciosa bisa didapatkan mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribu.

Penggunaan pupuk ini selain untuk menyuburkan tanah juga lebih ramah lingkungan. Serta dapat memperbaiki unsur hara dalam tanah yang rusak akibat dampak negatif pupuk kimia.

Lucky Bamboo

Lucky bamboo merupakan salah satu jenis tanaman bambu hias yang cocok dijadikan hiasan luar ruangan. Tanaman hias jenis ini dipercaya membawa keberuntungan. Bambu seperti ini bisa Anda tanam di air. Lucky bamboo bisa didapatkan mulai dari Rp 30 ribu hingga ratusan ribu.

Aglaonema

Aglaonema merupakan salah satu jenis tanaman hias yang populer sejak dahulu. Aglaonema merupakan salah satu jenis tanaman hias talastalasan. Ada beberapa jenis aglaonema dengan corak, warna dan ukuran yang berbeda. Harga aglaonema pun bervariasi sesuai jenisnya, mulai dari Rp30 ribu hingga jutaan rupiah.

Philodendron

Philodendron merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sedang tren saat ini dan sangat mudah untuk ditanam. Daun hijau tanaman ini berbentuk hati yang mengkilat dan menambah kesan natural. Beberapa jenis rhododendron dapat dijadikan tanaman merambat dan hiasan dinding yang indah. Philodendron memiliki harga jual sekitar Rp. 15 ribu hingga ratusan ribu.

Alocasia

Alocasia merupakan salah satu jenis tanaman hias tropis yang mirip sekali dengan aglaonema, talas, dan anthurium. Tanaman ini terkenal dengan bentuknya yang unik. Ada lebih dari 70 jenis Alocasia. Jenis Alocasia yang paling banyak dicari saat ini yaitu Alocasia Baginda Silver Dragon. Jenis lain seperti Alocasia Melo, Wentii, Longiloba, Micholtziana 'Frydek', dan Amazonia 'Polly' juga banyak dicari oleh para penggemar tanaman hias. Harga alocasia juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 25 ribu hingga ratusan ribu.

Homalomena

Homalomena merupakan salah satu tanaman hias yang mirip dengan aglaonema dan talas. Tanaman ini terkenal dengan daunnya yang lebar dan mengkilat serta perawatannya relatif mudah. Daun Homalomena ini berbentuk hati, namun ada juga yang berbentuk panah. Dari bentuk tersebut maka daun homalomena ini mendapat julukan Ratu Hati atau Pabrik Perisai.

Dedaunan yang rapi dan menarik biasanya berwarna hijau tua, namun bisa tidak merata dan terkadang memiliki garis-garis merah di bagian bawah dan sepanjang batang. Homalomena bisa didapatkan mulai dari Rp. 10 ribu hingga ratusan ribu tergantung jenisnya. Jenis Homalomena Variegata memiliki harga jual hingga puluhan juta rupiah.

Sansevieria

Tanaman yang dikenal dengan nama pohon induk lanset ini masih menjadi tanaman hias populer hingga saat ini. Tanaman sansevieria biasanya tumbuh di sudut ruangan yang gelap, meski begitu tanaman ini tidak mudah mati. Tanaman sansevieria hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Harga sansevieria cukup bervariasi, mulai dari 10.000 hingga jutaan tergantung jenisnya.

Jenggot Musa

Jenggot Musa atau Spanish moss juga menjadi tanaman yang populer di tahun 2020. Jenggot Musa merupakan salah satu jenis tumbuhan unik dari famili konifer (Bromeliaceae) yang habitatnya tumbuh menempel di dahan pohon. Tanaman ini biasa dikenal sebagai tanaman gantung. Harga tanaman ini cukup terjangkau, mulai dari Rp20 ribu hingga Rp70 ribu.

Oxalis

Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman hias dengan bentuk dan warna yang cukup unik. Oxalis memiliki daun yang mirip dengan sayap kupu-kupu. Tanaman ini juga sering disebut bunga kupu-kupu. Sejenis pohon coklat kemerah-merahan yang disebut Oxalis triangularis memiliki daun berwarna ungu yang indah. Merawat tanaman hias Oxalis terbaru lebih mudah. Tanaman hias ini biasanya berharga antara Rp35.000 hingga Rp100 ribu.

Caladium Hias

Caladium adalah salah satu spesies tanaman hias dalam keluarga Caladium. Saat ini keladi hias sangat digemari oleh para pecinta bonsai. Jenis tanaman yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia yaitu Caladium Gingerland, Carolyn Whorton, Moonlight, White Christmas, Freida Hemple dan lainnya. Caladium hias memiliki harga jual sekitar Rp. 10 ribu hingga Rp. 100 ribu.

Demikian ulasan artikel tentang Ingin Tahu Daftar Tanaman Hias Terbaru seperti yang dilansir situs toto macau. Semoga bermanfaat.