15 Bahan Makanan yang Mengandung Tinggi Protein

Dengan mengkonsumsi protein yang tinggi dapat memberikan banyak manfaat untuk disendiri dengan makanan yang bergizi, seperti Telur Indofarm.

Kamis, 30 Juni 2022 | 11:58 WIB
0
127
15 Bahan Makanan yang Mengandung Tinggi Protein
food

Protein adalah salah satu zat gizi yang harus tercukupi. Jika tubuh kekurangan kandungan protein, bisa menimbulkan penurunan pada sistem imun hingga gangguan kesehatan lainnya. Dengan begitu, sangat penting untuk sering mengkonsumi bahan makanan yang mengandung protein agar tercukupi.

Baca Juga : 12 Jajanan Kesukaan Anak Kecil Di Semua Jaman

Bahan Makanan yang Mengandung Protein
Berikut ini adalah 15 contoh bahan makanan mengandung protein cukup tinggi:

1. Telur
Telur merupakan bahan makanan yang memiliki protein hewani cukup tinggi. Apalagi dengan harganya yang terjangkau, makanan ini bisa dengan mudah untuk dibeli dan ditemui di pasaran.

2. Tahu
Selanjutnya, ada makanan yang terbuat dari kedelai dengan kandungan protein nabati cukup tinggi, yaitu tahu. Makanan ini bahkan bisa dibeli dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan telur. Selain itu, tahu juga bisa diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan.

3. Ikan Tuna
Tidak hanya mengandung protein yang cukup tinggi, di dalam ikan tuna terdapat asam amino dan omega 3 yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah anemia, menurunkan tekanan pada darah tinggi hingga menjaga kesehatan jantung, tulang dan reproduksi.

4. Susu
Salah satu bahan makanan yang mengandung protein cukup tinggi lainnya adalah susu. Selain memiliki protein cukup tinggi, susu juga mengandung kalsium, vitamin B2 dan D serta fosfor yang bagus untuk tulang.

5. Daging Sapi
Selain terdapat kandungan protein yang tinggi, daging sapi juga memiliki kandungan lemak, vitamin B12 hingga zat besi yang baik untuk mencegah anemia. Agar kandungan protein di dalamnya tidak hilang, penting bagi Anda untuk mengolahnya dengan benar.

6. Brokoli
Brokoli merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan protein, vitamin C, K, kalium dan serat yang cukup tinggi. Selain itu, terdapat juga kandungan nutrisi bioaktif yang cukup tinggi di brokoli yang dapat mencegah penyakit kanker.

7. Kacang Tanah
Selanjutnya, ada kacang tanah yang memiliki kandungan protein nabati cukup tinggi. Biasanya kacang tanah lebih banyak diolah menjadi camilan yang menyehatkan dengan rasanya yang gurih.

8. Oat
Makanan yang sering digunakan dalam program diet ini memang memiliki kandungan protein, vitamin, mineral, serat dan kaya antioksidan. Selain dapat menurunkan berat badan, rutin mengkonsumsi oat juga dapat meningkatkan daya tahan pada tubuh, mengontrol kadar pada gula darah dan melancarkan sistem pada pencernaan.

9. Dada Ayam
Makanan yang mengandung protein hewani tinggi lainnya adalah dada ayam. Karena memiliki kandungan protein dan lemak baik cukup tinggi, dada ayam cocok untuk santapan diet Anda.

10. Tempe
Bahan makanan yang mengandung protein nabati tinggi lainnya adalah tempe. Sama dengan tahu yang terbuat dari kedelai, tempe juga makanan yang murah meriah dan bisa ditemui bebas di pasaran.

11. Bayam
Sayuran satu ini memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Tidak hanya protein, terdapat kandungan vitamin A, C, K, zat besi, kalium dan folat yang baik untuk kesehatan tulang dan menjaga daya tahan tubuh.

12. Edamame
Makanan satu ini memang jarang ditemui di Indonesia. Akan tetapi, makanan ini merupakan salah satu bahan yang mengandung protein cukup tinggi.

13. Kacang Polong
Tidak hanya memiliki bentuk yang sama dengan edamame, kacang polong juga sama-sama memiliki protein tinggi dan kaloti yang bagus untuk sistem imun.

14. Ikan Kod
Selanjutnya, ada ikan kod yang tidak hanya mengandung protein tetapi rendah kalori dan lemak sehingga baik untuk Anda yang sedang diet.

15. Kacang Almond
Terakhir ada kacang almond yang mengandung protein dan kaya vitamin yang baik untuk mencegah oksidasi, mengatur kadar kolesterol dan gula darah.

Dari beberapa bahan makanan yang mengandung protein tinggi di atas, manakah yang menjadi kesukaan Anda?

Itu adalah 15 makanan yang mengandung protein tinggi. Dengan mengkonsumsi protein yang tinggi dapat memberikan banyak manfaat untuk disendiri dengan makanan yang bergizi, seperti Telur Indofarm. Telur Indofarm kaya nutrisi dan omega 3, serta dihasilkan dari ayam yang diberi pakan organik sehingga lebih sehat.

Baca Juga : 7 Ciri Anak Sehat Yang Moms Wajib Tahu

Yuk segera cek produk - produk indofarm yang baik untuk keluarga di rumah!