Macam-Macam Usaha Sampingan Untuk Pelajar Dengan Modal Kecil

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:35 WIB
0
61
Macam-Macam Usaha Sampingan Untuk Pelajar Dengan Modal Kecil
Usaha pelajar

Macam-Macam Usaha Sampingan Untuk Pelajar Dengan Modal Kecil - Bisnis sampingan cocok untuk anda yang ingin memiliki penghasilan tambahan, apalagi jika anda seorang pelajar dan sedang belajar untuk mandiri secara finansial. Selain memiliki tanggung jawab untuk belajar, seorang mahasiswa harus memiliki kreativitas agar mampu bersaing setelah lulus kuliah. 

Salah satu caranya adalah dengan melihat peluang yang ada, seperti peluang usaha untuk memiliki penghasilan tambahan. Selain mendapatkan uang tambahan, dengan mencoba berbisnis anda juga akan mendapatkan pengalaman baru. Anda pun bisa mulai belajar mandiri secara finansial dan tidak lagi bergantung pada orang tua. Berbekal kreativitas dan keberanian mengambil resiko, simak jenis usaha sampingan untuk pelajar dengan modal kecil berikut ini.

Usaha Sampingan Untuk Pelajar

Bisnis Sampingan Jasa Les Privat

Jika anda yakin dengan kemampuan akademik anda saat ini, anda bisa mencoba membuka jasa les privat untuk anak sekolah berdasarkan latar belakang akademik yang anda miliki. Bisnis jasa ini akan memberikan anda uang saku ekstra yang tidak sedikit, apalagi jika anda memiliki beberapa mahasiswa sekaligus. 

Selain itu, anda juga dapat menguji seberapa jauh anda menguasai materi yang diajarkan kepada siswa. Anda juga bisa bergabung dengan layanan les privat online untuk memudahkan mencari siswa yang membutuhkan jasa anda.

Bisnis Toko Online

Salah satu peluang yang bisa anda jalani selama kuliah adalah bisnis toko online atau toko online. Tidak perlu modal besar, anda bisa memulai bisnis toko online ini dengan menjadi reseller atau dropshipper yang ditawarkan oleh banyak toko online. Selain itu, anda bisa menawarkan produk yang anda jual kepada teman di kampus atau memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk memasarkan produk anda sehingga memiliki jangkauan yang lebih luas.

Penyiar Radio

Jenis usaha sampingan pertama yang bisa dilakukan mahasiswa adalah penyiaran radio. Bagi anda yang suka berbicara panjang lebar, mengobrol dengan orang lain atau bertemu dengan orang baru, memilih pekerjaan sampingan sebagai penyiar radio adalah pilihan yang tepat. Untuk menjadi bagian dari pekerjaan ini, anda bisa memulainya dengan mencari stasiun radio di daerah anda, baik yang membuka lowongan penyiar radio dengan jam tayang sore atau malam hari. 

Selain itu, anda bisa mengetahui informasinya melalui website radio yang anda inginkan. Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika menjadi penyiar radio, tidak hanya tambahan uang saku, tapi juga pengalaman dan teman baru.

Bisnis Voucher Isi Ulang

Bisnis sampingan ini bisa dibilang merupakan bisnis yang paling sering dilakukan oleh para mahasiswa. Tak heran jika di era digital ini, handphone sudah menjadi kebutuhan pokok manusia, akibatnya kebutuhan akan pulsa juga semakin meningkat. Bisa dibilang pasar untuk layanan isi ulang ini sangat luas. 

Endorser

Jika anda sebagai mahasiswa sering bermain media sosial, tentunya anda akan mengenal kata endorser atau yang artinya endorser atau pendukung dan memiliki padanan kata reviewer dalam dunia bisnis tentunya sudah tidak asing lagi. Saat ini banyak sekali pemilik toko online yang memilih untuk membuka peluang bagi semua orang, meskipun bukan seorang artis, namun cukup terkenal untuk ikut mempromosikan produk yang mereka tawarkan. 

Dengan adanya kesempatan ini akan sangat menguntungkan dan bermanfaat bagi anda sebagai mahasiswa yang dapat memanfaatkan kemampuan anda dan waktu luang yang cukup banyak untuk mencari uang dan menambah uang saku anda.

Peluang Usaha Kue Atau Makanan Ringan

Dulu, seorang siswa berjualan di sekolah akan dilarang oleh pihak sekolah dan tidak ada peraturan yang memperbolehkan siswa berjualan di sekolah. Namun dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan maraknya media sosial, anda sebagai pelajar bisa berjualan berbagai macam kue atau jajanan lainnya melalui media sosial tanpa takut mengganggu kegiatan belajar yang menjadi kewajiban anda di sekolah. 

Anda bisa mempromosikan produk yang anda jual di media sosial kemudian mencatat produk pesanan baru setelah itu anda hanya perlu membawa produk pesanan tersebut ke sekolah. Kue yang bisa anda jual antara lain kue bolu, risoles, lumpia, keripik singkong, dan masih banyak makanan lainnya.

Penginstalan Komputer

Anda sebagai mahasiswa yang paham komputer bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis yang menguntungkan sehingga bisa menambah uang saku anda. Usaha yang dapat dilakukan adalah menawarkan jasa instalasi komputer. 

Sebagai langkah awal, anda bisa memperkenalkan jasa instalasi komputer dengan membantu teman dan orang sekitar terlebih dahulu. Selanjutnya, untuk mendapatkan banyak klien, anda dapat menyebarkan brosur atau iklan di media sosial yang saat ini menjadi alat promosi paling ampuh.

Admin Media Sosial

Bisnis tidak selalu berkaitan dengan barang atau produk yang dijual, karena jasa juga bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang bisa menghasilkan banyak keuntungan. Untuk menjadi admin anda harus mengetahui tentang topik yang akan dijadikan bahan postingan dari sebuah akun.

Demikian ulasan tentang Macam-Macam Usaha Sampingan Untuk Pelajar Dengan Modal Kecil, semoga bermanfaat.

Referensi: Star-pulsa.com