5 Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari Perusahaan di Era Digital

Keahlian diperlukan untuk menjalankan profesi ini, sehingga Anda perlu mengikuti pelatihan dan pendidikan khusus untuk dapat memahami dan menguasainya.

Jumat, 27 Januari 2023 | 06:15 WIB
0
108
5 Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari Perusahaan di Era Digital
Pekerjaan yang paling banyak dicari perusahaan Foto : pexels.com

Era digital diidentifikasi dengan kemajuan teknologi internet yang membuat konektivitas lebih mudah. Menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, saat ini banyak perusahaan yang beralih ke arah digital untuk tetap bertahan. Hal ini menyebabkan munculnya profesi baru yang bergerak dalam era digital.

Perusahaan membutuhkan profesi ini untuk meningkatkan keunggulan mereka dalam dunia digital, khususnya dalam revolusi industri 4.0. Mengutip dari jobsgeh.com inilah beberapa profesi yang diincar perusahaan dalam era digital diantaranya adalah :

1. Desain Grafis

Di era digital, pemasaran tidak hanya dilakukan melalui tulisan saja, tetapi juga melalui desain grafis yang menarik. Desain grafis yang menarik akan membuat kampanye pemasaran suatu brand lebih sukses.

Graphic Designer adalah profesi yang bertugas untuk menciptakan desain grafis yang menarik untuk memasarkan produk atau jasa. Mereka yang bisa berpikir kreatif dan keluar dari kotak akan mampu menghasilkan visual yang efektif sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan oleh produsen.

2. Digital Marketer

Setiap platform memiliki teknik pemasaran yang berbeda. Perusahaan yang ingin berjualan di dunia digital pasti mencari digital marketer yang handal. Digital marketer harus memiliki ketrampilan dalam menyusun strategi, berjualan di pasar online, dan mengatasi masalah penjualan di platform digital.

Tugas digital marketer juga termasuk mengelola iklan digital dan menangani transaksi penjualan secara online. Ia juga terlibat dalam proses pembuatan promosi digital yang dibuat oleh graphic designer dan dipromosikan oleh social media specialist.

3. UI/UX Designer

Designer ini berbeda dari designer lain. Pekerjaan ini berkaitan dengan tampilan website dan aplikasi sebuah brand. Singkatnya, tugas dari UI/UX Designer adalah merancang website dan aplikasi yang mudah digunakan oleh pengguna. Semakin mudah dan nyaman digunakan oleh konsumen, maka semakin baik pekerjaan yang dilakukan oleh UI/UX Designer.

4. Content Writer

Menulis untuk media cetak sangat berbeda dengan menulis untuk kebutuhan digital. Penulis untuk kebutuhan digital disebut sebagai content writer. Tugas seorang content writer adalah menulis artikel yang berisi informasi yang dibutuhkan oleh konsumen.

Menulis konten untuk website atau aplikasi juga harus dilakukan dengan ketelitian, kreativitas, dan pengetahuan tentang strategi Search Engine Optimization (SEO). SEO bertujuan agar tulisan Anda mudah ditemukan saat konsumen mencari informasi dengan keyword tertentu di mesin pencari seperti Google.

Jika tulisan Anda mengaplikasikan strategi SEO yang baik, maka tulisan Anda akan muncul di halaman pertama mesin pencari. Semakin banyak yang membaca dan semakin tinggi traffic website-nya, maka akan memberikan eksposur yang lebih besar bagi brand!

5. Apps Developer

Pekerjaan baru yang menjadi buruan perusahaan di era digital adalah apps developer. Seorang apps developer bertanggung jawab untuk membuat dan menguji aplikasi sebelum sampai ke tangan konsumen. Skill yang dibutuhkan oleh seorang apps developer adalah kemampuan dalam coding atau bahasa pemrograman. Tugasnya meliputi pengembangan aplikasi hingga penyusunan buku panduan teknis yang menjelaskan coding yang digunakan.

Ini adalah 5 profesi yang diperlukan di era digital saat ini, yang diminta oleh banyak perusahaan. Keahlian yang lebih maju diperlukan untuk menjalankan profesi ini, sehingga Anda perlu mengikuti pelatihan dan pendidikan yang khusus untuk dapat memahami dan menguasainya.

***