Keuntungan Usaha Bisnis Cuci Mobil Online

Tidak hanya media sosial, kamu juga bisa membuat website sendiri dengan mudah menggunakan LummySHOP misalnya.

Selasa, 13 September 2022 | 08:47 WIB
0
104
Keuntungan Usaha Bisnis Cuci Mobil Online
Sumber Gambar:pixabay.com

Dengan adanya peluang dan tantangan yang masih dapat diatasi, pasti kamu akan semakin tertarik untuk mencoba usaha cucian mobil. Oleh karena itu, berikut beberapa pelajaran dari brand dan pemilik usaha yang sudah sukses dalam bisnis cuci mobil.

Bagi pemula bisnis, wajar bila kamu tidak banyak tahu terkait bisnis cuci mobil, alat apa saja yang digunakan, tarif jasa, sistem penggajian karyawan, serta cara memasarkan bisnisnya. Namun tenang saja, kamu dapat mempelajari seluruhnya secara perlahan-lahan.

Agar cepat sukses dalam menjalankan bisnis cuci mobil, kamu perlu mengetahui kunci suksesnya dari kompetitor ternama. Yuk, simak ulasannya di sini!

Mengenal Tips Saat Memulai Usaha Bisnis Cuci Mobil Online

Kamu jangan pernah merasa ragu untuk bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman apalagi dalam usaha cuci mobil otomatis. Hal ini karena kamu bisa mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya sebelum menjalankan usaha ini. Berikut ini beberapa tips berharga dari usaha cuci mobil.

1. Pilih Lokasi Terbaik 

Pelajaran dari brand dan pemilik usaha yang sudah sukses dalam bisnis Cuci Mobil berikutnya adalah lokasi menjadi salah satu faktor terpenting agar bisa sukses. Jadi, kamu harus bisa benar-benar melakukan riset dahulu untuk menentukan lokasi terbaik. Jadi kamu harus mempertimbangkan yang perlu dipikirkan saat mencari lokasi, yaitu:

  • Akses yang mudah. Kamu harus mencari tempat yang mudah dijangkau oleh konsumen, jangan pilih tempat di dalam gang atau di belokan.
  • Jalanan ramai. Pilih juga tempat yang memiliki banyak kendaraan berlalu-lalang. Kamu juga dapat memilih lokasi yang sibuk dan sering macet. Dengan begini, saat pengendara sedang bermacet-macetan, maka akan lebih melihat cucian mobil.
  • Tempat luas. Lokasi bisnis cucian mobil juga harus besar, karena untuk berbagai ukuran mobil. Jadi jangan sampai mobil yang mengantri masuk ke cucian mobil akan menghalangi jalan raya.

2. Mengenal Kompetitor

Sebagai salah satu pelajaran dari brand dan pemilik usaha yang sudah sukses dalam bisnis Cuci Mobil, kamu juga harus bisa mengenal kompetitor lebih dalam. Jadi cek terlebih dahulu cucian mobil lain dalam jarak 5-10 kilometer dari tempatmu.

Kamu harus tahu apa saja layanan yang ditawarkan? Berapa harga cuci mobil milik mereka? Bagaimana cara mereka memasarkan bisnisnya? Seberapa banyak konsumen yang akan mereka dapatkan dalam sehari?

Perhatikan juga bisnis lain yang saat itu berada di sekitar usaha cuci mobil tersebut. Apa saja faktor yang menjadi kontribusi pada kesuksesan mereka?

Apakah mereka sudah berlokasi di area perbelanjaan yang ramai atau di jalan raya sibuk? Catatlah seluruh hasil riset ini untuk kamu jadikan sebagai evaluasi dan pertimbangan bagi bisnis cucian mobil.

3.Pilih Supplier yang Tepat

Dalam sebuah bisnis cuci mobil online, ada banyak sekali perangkat dan bahan yang dibutuhkan. Misalnya saja, sampo, selang, sistem penyaluran air, wax, vacuum cleaner, pengering, sikat, lap, kompresor, hidrolik mobil, dan alat untuk pembayaran.

Oleh sebab itu, penting sekali memilih manufaktur dan supplier yang tepat. Kamu pasti juga akan tertarik untuk memilih barang-barang dengan harga murah, namun lebih baik pilih harga yang lebih mahal dengan kualitas terjamin.

Kamu pasti tidak maukan bila konsumen tidak kembali lagi karena bahan yang digunakan tidak membuat mobil mereka kinclong? Oleh karena itu, salah satu pelajaran dari brand dan pemilik usaha yang sudah sukses dalam bisnis Cuci Mobil, adalah harus menyediakan produk yang berkualitas.

4. Tambah Layanan Lain untuk Kenyamanan Konsumen

Saat itu sudah banyak cucian mobil yang memadukan layanan lain untuk menambah penghasilannya. Layanan tambahan ini bisa membuat bisnis kamu akan lebih menarik di mata konsumen.

Kamu dapat memulainya dari yang simpel, seperti tambahan TV dan sofa empuk di dalam ruang tunggu. Apabila dirasa memungkinkan, kamu juga dapat membuat bisnis coffee shop sederhana, minimarket, atau barber shop. Dengan begini, sambil menunggu mobil dicuci, pelanggan dapat bersantai dengan nyaman.

Baca Juga: Cara Main Genshin Impact Di PC

5. Buat Strategi Pemasaran Matang

Pelajaran dari brand dan pemilik usaha yang sudah sukses dalam bisnis Cuci Mobil berikutnya, kamu bisa memasarkan cucian mobil melalui berbagai macam cara. Mulai dari cara yang konvensional seperti plang besar poster, dan flyer. Selain itu, kamu juga dapat mempromosikannya melalui media sosial.

Pentingnya Media Sosial Sebagai Ajang Promosi Usaha Cuci Mobil

Media sosial memang saat ini sangat bermanfaat untuk menjelaskan layanan yang ada di cucian mobil, mulai dari keunggulan cucian mobil bahkan berbagai macam promo menarik. Tidak hanya media sosial, kamu juga bisa membuat website sendiri dengan mudah menggunakan LummySHOP misalnya.

Melalui LummySHOP, kamu dapat membuat website tanpa ribet, serta mendapatkan pelatihan dan dukungan dalam membangun bisnis. Jadi tidak hanya layanan dan promo saja, namun kamu akan diberikan tips perawatan kendaraan di website tersebut agar semakin banyak pelanggan yang tertarik untuk mencuci mobil di tempatmu.

Selain itu, kamu bisa menjalin kerja sama dengan toko-toko kecil di sekitarmu agar bisa sama-sama memperoleh keuntungan. Contohnya saja, konsumen yang menghabiskan Rp. 50.000 untuk cuci mobil akan mendapatkan kopi gratis dari toko kopi sebelah cucian mobil.

Bahkan, kamu juga bisa memberikan loyalty program bagi pelanggan. Jadi setiap pelanggan yang mencuci mobil akan mendapatkan stamp, ketika sudah terkumpul 5 stamp, maka akan mendapatkan potongan harga.

Sedangkan, untuk 10 stamp dapat ditukar langsung dengan cuci mobil gratis.  Jadi loyalty program bisa membuat pelanggan akan terus kembali untuk menggunakan jasa cucian mobil.

Itu saja beberapa pelajaran dari brand dan pemilik usaha yang sudah sukses dalam usaha bisnis Cuci Mobil online. Meskipun saat ini sudah banyak kompetitor, tapi kamu tidak gentar untuk mencoba bisnis ini ya! Semoga berhasil!

Sumber Refrensi: upah.net