Memimpikan Air

Jika Jung benar bahwa mimpi memiliki fungsi antisipatif dan mempersiapkan kita untuk kemungkinan bahaya dan tantangan di masa depan, maka era baru mimpi air yang tertekan oleh iklim mungkin sudah dimulai.

Jumat, 3 Juni 2022 | 12:30 WIB
0
49
Memimpikan Air
image: News Track Live

Menjelajahi makna simbolis dan antisipasi masa depan dari mimpi air.

Poin-Poin Penting

  • Air adalah elemen paling umum dalam mimpi.
  • Air dapat mengambil banyak bentuk dalam mimpi, dengan makna simbolis yang berkisar pada tema kelahiran, vitalitas, emosi, dan ketidaksadaran.
  • Perubahan iklim kemungkinan akan merangsang mimpi yang lebih mencemaskan tentang air di masa depan.

Dari empat elemen klasik—api, udara, air, dan tanah—air cenderung menjadi yang paling sering muncul dalam mimpi orang. Beberapa di antaranya adalah karena pentingnya air dalam kehidupan kita sehari-hari, dan dalam keberadaan semua makhluk bumi. Beberapa di antaranya juga karena potensi psikologis air sebagai simbol kehidupan, kelahiran, emosi, fluiditas, feminin, ketidaksadaran, dan beberapa makna lain yang berbeda menurut budaya dan zaman sejarah. Jika Anda merenungkan mimpi Anda sendiri dan mengikuti perkembangannya dari waktu ke waktu, Anda mungkin akan melihat penampakan air dalam berbagai bentuk. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang perlu diingat saat anda merenungkan kehadiran air di salah satu mimpi anda.

Pertama, jenis air apa yang muncul dalam mimpi? Apakah itu sejumlah air yang sangat besar seperti lautan atau danau? Apakah itu sungai atau aliran yang bergerak cepat? Apakah jatuh dari langit sebagai hujan, atau membeku di tanah sebagai es? Apakah air di lingkungan rumah tangga seperti kolam renang, bak mandi, atau ketel mendidih? Inilah salah satu alasan mengapa air begitu umum dalam mimpi—air dapat mengambil begitu banyak bentuk berbeda dan muncul dalam hidup kita dalam begitu banyak latar yang berbeda. Keragaman air yang luar biasa membuatnya sangat penting untuk melihat secara dekat detail yang tepat setiap kali air muncul dalam mimpi tertentu. Dari semua kemungkinan bentuk yang dapat diambil air, dalam mimpi Anda ia mengambil bentuk khusus ini—ketika Anda memikirkan kualitas khas dari jenis air ini, apa yang muncul di benak Anda? Siapa atau apa dalam hidup Anda yang memiliki kualitas-kualitas ini juga?

Kedua, bagaimana Anda berinteraksi dengan air dalam mimpi Anda? Apakah Anda mengamatinya dari kejauhan, atau Anda tenggelam di dalamnya? Apakah damai atau berbahaya, kolam yang tenang atau bendungan yang jebol? Apakah Anda berenang, mengambang, mendayung, atau tenggelam di dalamnya? Apakah Anda menggunakan air untuk mandi, minum, mencuci, atau memasak? Pertanyaan-pertanyaan ini dengan cepat mengarah pada keprihatinan abadi kehidupan manusia. Peradaban telah naik dan turun sesuai dengan seberapa baik orang berhasil menggunakan air untuk tujuan yang bermanfaat sambil menghindari ancaman air yang merusak. Saat Anda merenungkan interaksi Anda dengan air dalam mimpi Anda, Anda mungkin menganggapnya sebagai hubungan dengan karakter manusia. Bagaimana Anda bergaul dengan air dalam mimpi Anda? Apakah hubungan Anda ramah dan nyaman, atau tegang dan menakutkan, atau sesuatu yang lain? Ini mungkin terdengar aneh, tetapi apakah air dalam mimpi Anda sepertinya menginginkan sesuatu dari Anda? Mungkin tidak, tetapi setidaknya ada baiknya mempertimbangkan kemungkinan bahwa mimpi air yang jelas memanggil Anda untuk memperhatikan realitas emosional di luar jangkauan kesadaran normal Anda, pada perasaan yang sangat penting namun sulit untuk dipahami atau dijabarkan.

Ketiga, apa yang mungkin dilambangkan oleh air dalam mimpi anda? Dengan banyak mimpi, mudah untuk melacak gambar dari mimpi ke pengalaman atau persepsi baru-baru ini dalam kehidupan nyata, yang disebut Sigmund Freud sebagai "sisa hari". Namun, bahkan jika Anda mengidentifikasi sumber literal dari sebuah gambar, air dalam mimpi mungkin masih memiliki makna simbolis juga. Misalnya, air dapat melambangkan emosi dalam kekuatan dan fluiditasnya. Itu bisa melambangkan ketidaksadaran dan segala sesuatu yang terendam dalam kedalaman jiwa yang tersembunyi. Ini dapat melambangkan sumber dari semua kehidupan, matriks ibu dari perkembangan rahim, sumber pertumbuhan dan vitalitas. Kisaran makna yang mungkin dapat bervariasi dalam budaya dan periode sejarah yang berbeda, jadi tidak ada satu cara universal untuk menafsirkan mimpi air. Namun, pentingnya air dalam kehidupan manusia memungkinkan kita untuk mengatakan dengan yakin bahwa air adalah simbol mimpi universal dari kekuatan alam yang positif dan negatif, yang dapat dan tidak dapat kita kendalikan, dan yang secara vital menghubungkan kita dengan alam semesta yang luas. energi, ritme primal, dan bentuk kehidupan non-manusia. Hal ini terutama berlaku untuk mimpi yang memiliki konten yang sangat intens dan tidak biasa tanpa koneksi pribadi baru-baru ini, apa yang C.G. Jung menyebut "mimpi besar." Munculnya air dalam mimpi besar yang sangat berkesan dapat mengambil bentuk yang aneh—gelombang pasang magis, kota bawah laut yang menakutkan, badai apokaliptik, pelangi surgawi—di mana simbolisme mimpi menyatu dengan simbolisme mitos, dongeng, dan narasi suci.

Pemikiran terakhir tentang air dan mimpi menyangkut kemungkinan dampak perubahan iklim di masa depan. Ketika iklim global berubah dengan cepat dengan cara yang mengganggu pola cuaca biasa, bagaimana hal ini akan berdampak pada impian orang-orang? Bagaimana tema air dalam mimpi akan berubah di dunia di mana beberapa tempat memiliki lebih sedikit air secara drastis dan tempat lain memiliki lebih banyak air secara drastis? Sepertinya mimpi akan secara akurat mencerminkan meningkatnya kecemasan orang-orang di kedua arah, dari terlalu sedikit dan terlalu banyak air: dari kekeringan jangka panjang, kelangkaan air, dan persyaratan konservasi yang ekstrem, dan juga dari bencana banjir, angin topan, badai hujan, hujan es yang tiba-tiba, dan bencana alam lainnya. dan badai salju. Jika Jung benar bahwa mimpi memiliki fungsi antisipatif untuk melihat ke depan dan mempersiapkan kita untuk kemungkinan bahaya dan tantangan di masa depan, maka era baru mimpi air yang tertekan oleh iklim mungkin sudah dimulai.

***
Solo, Jumat, 3 Juni 2022. 12:15 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko