Cara Kepercayaan Tentang Kemiskinan Dapat Mempengaruhi Preferensi Kebijakan

Preferensi cara pemerintah harus mengatasi kemiskinan dan dampak kemiskinan pada penduduk didasarkan pada kepercayaan inti tentang mengapa beberapa orang berjuang secara finansial.

Rabu, 2 Maret 2022 | 09:10 WIB
0
143
Cara Kepercayaan Tentang Kemiskinan Dapat Mempengaruhi Preferensi Kebijakan
image: Psychology Today

Penelitian mengeksplorasi tiga jenis kepercayaan yang dimiliki orang tentang kesehatan finansial.

Poin-Poin Penting

  • Ada tiga jenis keyakinan tentang kesehatan finansial.
  • Kuesioner dapat dikembangkan untuk menilai kepercayaan apa yang dimiliki orang.
  • Kepercayaan ini mempengaruhi preferensi untuk kebijakan yang berbeda untuk mengentaskan kemiskinan.
  • Diskusi kebijakan harus mempertimbangkan ketiga perangkat kepercayaan ini.

Orang-orang berbeda dalam kepercayaan mereka tentang bagaimana kita harus membantu orang yang membutuhkan keuangan. Memang, beberapa argumen yang paling berapi-api tentang peran pemerintah dalam kehidupan masyarakat berkisar pada jenis jaring pengaman sosial yang harus disediakan. Beberapa orang berpendapat bahwa pemerintah harus fokus pada program pelatihan dan cara untuk memberikan kesempatan bagi orang untuk dipekerjakan. Orang lain percaya bahwa pemerintah perlu mengatasi masalah sistemik yang membuat beberapa jenis individu lebih mungkin mendapatkan manfaat ekonomi (seperti pekerjaan dan akses ke kredit) daripada yang lain. Masih ada orang lain yang percaya bahwa peran sentral pemerintah adalah untuk memastikan bahwa setiap orang dilindungi dari kejadian acak seperti bencana alam dan penyakit serius.

Apakah ada sesuatu tentang psikologi masyarakat yang menentukan jenis program pemerintah mana yang tampaknya paling masuk akal? Pertanyaan ini dieksplorasi dalam makalah tahun 2022 di Journal of Personality and Social Psychology oleh Job Krijnen, Gulden Ulkumen, Jonathan Bogard, dan Craig Fox.

Para peneliti ini berpendapat bahwa ada tiga sistem kepercayaan tentang faktor-faktor yang memprediksi kesejahteraan finansial.

  • Beberapa orang percaya bahwa sistem ekonomi menghargai kerja keras. Dalam pandangan ini, anggota masyarakat tahu apa yang diperlukan untuk berhasil secara finansial, dan upaya mereka menentukan hasil mereka. Penulis menyebut ini sebagai kepercayaan bahwa upaya dihargai.
  • Beberapa orang percaya bahwa sistem ekonomi bias. Dalam pandangan ini, anggota masyarakat mengetahui apa yang diperlukan untuk berhasil secara finansial, tetapi banyak faktor yang mendorong kesuksesan melampaui apa yang dapat dicapai individu dengan upaya mereka sendiri. Penulis menyebut ini sebagai kepercayaan bahwa sistem dicurangi sehingga beberapa jenis orang berhasil dan yang lainnya tidak.
  • Kelompok terakhir percaya bahwa ada banyak faktor kebetulan yang menentukan kesuksesan finansial seseorang secara keseluruhan. Terlepas dari upaya individu, banyak faktor yang tidak diketahui mungkin mempengaruhi hasil orang tertentu. Penulis menyebut ini sebagai kepercayaan bahwa sistem ini acak.

Para peneliti mengembangkan skala untuk mengukur kepercayaan ini dan memvalidasi ukuran mereka dalam sebuah penelitian. Kemudian mereka mengeksplorasi kenyamanan masyarakat dengan berbagai program pemerintah (atau politisi yang mendukung program tersebut) berdasarkan kepercayaan yang mereka miliki. Dalam studi-studi ini, mereka juga mengukur afiliasi politik masyarakat untuk memastikan bahwa mereka melihat faktor-faktor di atas dan di luar partai politik tempat orang-orang berasal.

Di seluruh studi, pola yang konsisten muncul.

  • Orang-orang yang percaya bahwa upaya dihargai cenderung menyukai program pemerintah yang memberikan insentif bagi orang untuk berpartisipasi dalam perekonomian. Misalnya, program yang membantu masyarakat mendapatkan pendidikan tambahan adalah program berbasis insentif.
  • Orang-orang yang percaya bahwa sistem itu dicurangi cenderung lebih menyukai dua jenis program. Satu program mendistribusikan kembali uang atau peluang dari kelompok yang secara historis disukai kepada mereka yang secara historis memiliki kesulitan ekonomi. Program kedua yang disukai orang-orang ini adalah program yang menyediakan semacam asuransi sosial kepada orang-orang yang membutuhkan. Misalnya, program kupon makanan yang mengumpulkan uang dari pembayar pajak dan memberikannya secara khusus kepada individu yang membutuhkan akan menjadi program asuransi.
  • Orang yang percaya bahwa sistemnya acak cenderung lebih memilih program yang menyediakan semacam asuransi sosial.

Hasil ini menunjukkan bahwa preferensi cara pemerintah harus mengatasi kemiskinan dan dampak kemiskinan pada penduduk didasarkan pada kepercayaan inti tentang mengapa beberapa orang berjuang secara finansial. Akibatnya, kandidat dan politisi harus memahami kepercayaan konstituen mereka untuk menentukan bagaimana membenarkan perlunya program tertentu. Tidak akan ada pendekatan satu ukuran untuk semua untuk membuat orang bergabung dalam memerangi kemiskinan.

Penelitian ini juga membantu menjelaskan mengapa argumen tentang jenis program sosial terbaik bertahan begitu lama. Selama ada kepercayaan yang sangat berbeda dalam populasi tentang penyebab kesulitan keuangan, akan ada preferensi yang sangat berbeda tentang bagaimana kesulitan ini harus ditangani.

***
Solo, Rabu, 2 Maret 2022. 8:54 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko