8 Alasan Bagus Berhenti Mengejar Kesuksesan

Jangan jadi orang itu. Jadilah pribadi Anda sendiri yang berjuang untuk versi Anda sendiri dari kehidupan yang sukses dan bermakna.

Selasa, 12 Oktober 2021 | 09:39 WIB
0
58
8 Alasan Bagus Berhenti Mengejar Kesuksesan
ilustr: ACR

Ya, Anda membaca judul itu dengan benar. Tidak ada yang salah dengan penglihatan Anda.

Tetapi ada yang salah dengan menjalani hidup Anda dalam pengejaran kesuksesan yang tak terkendali.

Saat Anda melihat kembali kehidupan Anda sejauh ini, tanyakan pada diri Anda: jika uang bukan masalah, apakah Anda akan membuat pilihan karir atau profesional atau gaya hidup yang sama lagi?

Selain membayar sewa dan tagihan, apa alasan utama Anda bangun dari tempat tidur setiap pagi dan menyeret diri Anda untuk bekerja?

Ketika Anda memikirkan barang-barang yang Anda beli, apakah ada yang murni dibeli sebagai simbol status? Apakah ada hal-hal yang Anda bisa hidup tanpanya?

Ketika Anda benar-benar memikirkannya, langkah gila menuju kesuksesan ini telah mendorong kita untuk bekerja lebih lama, mengorbankan hubungan, dan membahayakan kesehatan kita.

Apakah trade-off itu sepadan? Apakah kita lebih bahagia sebagai hasilnya?

Mari kita lihat beberapa alasan bagus mengapa kita harus BERHENTI mengejar kesuksesan, dan apa yang harus dilakukan sebagai gantinya.

8 Alasan Berhenti Mengejar Kesuksesan

1. Bukan versi kesuksesan yang Anda kejar.

Media memainkan peran yang kuat dalam menentukan seperti apa kesuksesan bagi kebanyakan dari kita.

Dalam video musik, kita melihat pria buff, wanita berpakaian minim, mobil mewah, rumah besar, alkohol mahal, dan perhiasan besar.

Media sosial penuh dengan foto-foto orang yang bepergian ke lokasi eksotis, tinggal di akomodasi yang aneh, dan melakukan hal-hal ekstrem. Apa pun yang berteriak, "Saya menjalani hidup terbaik saya!"

Maka jelaslah, sukses berarti memiliki rumah besar dengan kolam renang, mobil asing yang mahal, otot besar, pakaian ketat yang nyaris tidak menutupi kebutuhan pokok, banyak alkohol, dan perjalanan rutin ke tempat-tempat liburan populer, bukan?

Bisa tidak.

Pernahkah Anda memikirkan seperti apa kesuksesan menurut Anda?

Mungkin tampilannya persis seperti gambar yang dilukis di atas. Tetapi bagi banyak orang, kesuksesan terlihat sangat berbeda.

Tanyakan pada diri sendiri apa ide sukses Anda.

Mungkin kesuksesan bagi Anda berarti memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga. Mungkin itu berarti tinggal di pertanian tempat Anda menanam makanan sendiri, jauh dari kota, kebisingan, dan udara kotor. Sukses bahkan bisa berarti membantu mereka yang kurang beruntung dengan waktu atau uang Anda.

Berhentilah mengejar versi kesuksesan yang Anda lihat di sekitar Anda; versi yang menurut Anda harus Anda kejar karena itulah yang diinginkan semua orang.

2. Ini memberi tekanan yang tidak semestinya pada Anda.

Anda harus mencapai hal tertentu atau hidup Anda akan gagal. Itulah pesan yang mendasari era kesuksesan ini untuk dikomunikasikan kepada kita semua.

Tentu saja, itu bukan pesan yang sehat atau realistis. Dengan memposisikan pencapaian tertentu atau akumulasi hal-hal tertentu sebagai satu-satunya cara untuk menjalani kehidupan yang berharga, itu memberi tekanan besar pada kita untuk memenuhi harapan yang tinggi itu.

Hasilnya adalah stres, kekhawatiran, kecemasan, dan masalah harga diri yang marak di masyarakat saat ini. Kita sangat ingin sukses sehingga kita menempatkan beberapa hasil akhir yang mengkilap di atas alas yang tidak terjangkau.

Keinginan untuk merasakan kesuksesan dan menjadi sukses mendorong kita untuk mencurahkan lebih banyak dan semakin banyak dari diri kita sendiri untuk membuat hal-hal tertentu menjadi kenyataan.

Tetapi apa yang terjadi ketika itu tidak tercapai? Apa yang mungkin kita pikirkan dan rasakan jika kesuksesan yang kita dambakan tidak datang? Kita akan tenggelam dalam depresi dan merasa seperti menyia-nyiakan hidup kita. Kita akan memfokuskan seluruh pikiran kita pada apa yang tidak kita miliki.

Singkatnya, beban kesuksesan seringkali menjadi beban yang terlalu berat untuk dipikul.

3. Anda salah mengira kesuksesan dengan kebahagiaan.

Ketika Anda berhasil, Anda akan bahagia. Anda akan memiliki semua yang Anda butuhkan untuk bahagia.

Setelah Anda mencapai tujuan apa pun yang Anda kejar, Anda akhirnya bisa beristirahat dan bahagia.

Anda bergegas sekarang sehingga Anda bisa bahagia nanti.

Setidaknya, itulah yang terus Anda katakan pada diri sendiri.

"Awasi hadiahnya" adalah mantra yang Anda ulangi setiap hari, meskipun Anda tidak benar-benar bahagia sekarang.

Faktanya, Anda sangat menyedihkan. Anda tidak dapat mengingat kapan terakhir kali Anda mengambil cuti untuk beristirahat. Anda hampir tidak ingat seperti apa keluarga Anda. Tekanan darah Anda sangat tinggi.

Tetapi itulah harga yang harus Anda bayar untuk sukses, bukan? Dan begitu Anda akhirnya mendapatkannya, maka Anda akan bahagia.

Anda menyamakan kesuksesan dengan kebahagiaan. Anda mengharapkannya untuk membuat Anda bahagia. Dan Anda berjuang untuk merasa bahagia selama kesuksesan itu menghindari Anda.

Berhentilah mengejar kesuksesan karena Anda ingin itu membuat Anda bahagia. Tidak akan.

4. Anda mencoba membuktikan sesuatu kepada seseorang.

Mungkin orang tua Anda, bos pertama Anda, guru di sekolah menengah itu, atau orang penting lainnya yang mencampakkan Anda karena Anda sedang berjuang.

Siapa pun itu pasti sangat menyakiti Anda karena Anda telah menghabiskan sebagian besar hidup Anda mengejar kesuksesan hanya untuk membuktikan bahwa mereka salah.

Anda bekerja lebih keras daripada orang lain untuk menunjukkan kepada mereka bahwa mereka salah dalam penilaian mereka terhadap Anda lima, sepuluh, dua puluh tahun yang lalu.

Anda mengumpulkan simbol status sebagai bukti bahwa Anda lebih dari apa yang mereka katakan tentang Anda.

Kesehatan Anda menderita karenanya, hubungan Anda menanggung bebannya, tetapi setidaknya mereka tahu bahwa mereka salah.

Berhentilah mengejar kesuksesan karena orang lain. Mereka mungkin tidak peduli atau bahkan tidak ingat apa yang mereka katakan.

5. Anda bingung dengan harta benda.

Anda mengejar kesuksesan hanya untuk tujuan memperoleh lebih banyak harta benda.

Lemari Anda sudah penuh dengan pakaian kelas atas, garasi Anda memiliki banyak mobil mewah, kotak perhiasan Anda dipenuhi dengan kalung, anting, dan cincin mahal, tetapi itu tidak cukup dan pengejaran terus berlanjut.

Lagi pula, hal-hal itu tidak akan beres dengan sendirinya.

Ya, rumah Anda (atau rumah-rumah, mungkin saja) agak sempit dengan semua barang-barang Anda. Anda mungkin memiliki lebih dari satu lemari untuk semua pakaian, sepatu, dan aksesori Anda. Mungkin Anda bahkan mempertimbangkan untuk menyimpan mobil Anda di garasi sewaan di tempat lain karena tidak ada cukup ruang di jalan masuk Anda.

Ini adalah harga kecil yang harus dibayar untuk menjadi sukses. Sukses itu seperti apa, ya?

Berhentilah mengejar kesuksesan yang Anda samakan dengan harta materi. Hal ini sekilas. Akan selalu ada model yang lebih baik, tren mode baru, dan hal-hal yang lebih menarik.

Menyamakan kesuksesan dengan harta benda berarti perlombaan tidak ada habisnya. Anda akan selamanya mengejar sesuatu, berjuang untuk lebih. Anda tidak akan pernah merasa bisa beristirahat dan menikmati hal-hal yang sudah Anda miliki.

6. Anda mengharapkannya untuk memuaskan Anda.

Sukses saja tidak cukup. Itu tidak akan pernah cukup untuk memuaskan Anda. Alasan sebenarnya sangat ingin sukses adalah karena Anda ingin menggunakan kesuksesan itu untuk menggantikan apa yang hilang dalam diri Anda.

Anda ingin sukses untuk memuaskan kebutuhan emosional mendalam yang mungkin tidak Anda sadari.

Alih-alih melakukan pekerjaan introspektif yang seringkali menyakitkan, Anda menggunakan kesuksesan untuk mengisi kekosongan di dalam.

Setelah Anda berhasil, Anda yakin Anda akan puas.

Menggunakan kesuksesan untuk memuaskan kebutuhan atau kerinduan yang lebih dalam adalah seperti menggunakan plester untuk menghentikan darah yang memancar dari arteri yang terpotong. Itu sama sekali tidak memadai.

Berhentilah mengejar kesuksesan karena Anda berharap itu bisa memuaskan Anda. Tidak bisa. Sukses tidak dapat mengisi kekosongan Anda, itu tidak cukup kuat untuk itu. Tidak ada jalan pintas untuk melakukan pekerjaan pada diri sendiri, untuk diri sendiri.

7. Anda telah menunda hidup sampai ...

Anda begitu fokus untuk mencapai tonggak tertentu, memenuhi tujuan, dan menjadi sukses sehingga Anda gagal menyadari bahwa hidup berlalu begitu saja.

Anda terus menunda kesenangan hidup Anda dan benar-benar hadir pada saat itu sampai Anda mendapatkan cukup uang, membeli rumah itu, menyelesaikan gelar Anda, mendapatkan promosi itu.

Seperti lelucon kejam, hampir sebelum Anda menskalakan rintangan apa pun yang Anda tempatkan di depan Anda, rintangan lain muncul secara ajaib sebagai gantinya.

Dan siklus terus berlanjut.

Hidup sedang terjadi di sekitar, tetapi Anda gagal untuk memerhatikan karena Anda begitu fokus pada prestasi berikutnya yang ingin Anda capai. Musim berubah, tetapi di luar ketidaknyamanan yang ditimbulkannya pada jadwal Anda, Anda hampir tidak menyadarinya.

Bukannya Anda sama sekali tidak tahu apa-apa tentang kehancuran yang menjadi fokus tajam Anda dalam hidup Anda. Anda merasa bersalah karena tidak menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang yang Anda cintai. Anda berharap memiliki waktu untuk melakukan hal-hal yang benar-benar ingin Anda lakukan.

Anda meyakinkan diri sendiri bahwa begitu Anda baru saja (masukkan tujuan apa pun yang berlaku), maka Anda akan dapat melakukan semua hal yang telah Anda tunda.

Berhentilah mengejar kesuksesan karena hidup tidak menunggu siapa pun. Mimpi yang Anda tunda, beberapa di antaranya terikat waktu. Itu membutuhkan Anda untuk memenuhinya sekarang sebelum kesempatan itu hilang.

8. Anda mengorbankan hubungan Anda untuk itu.

Karena perlombaan Anda yang tak kenal lelah untuk sukses, hubungan Anda menderita.

Anak-anak tumbuh begitu cepat, tetapi Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan untuk menjadi bagian yang berarti dalam hidup mereka. Anda bercanda tentang tidak mengetahui siapa mereka, tetapi itu tidak lucu ketika ada lebih dari sebutir kebenaran di dalamnya.
Orang penting Anda telah terbiasa dengan Anda memprioritaskan segala sesuatu di depan mereka. Mereka bahkan mungkin hampir meninggalkan Anda, tetapi Anda tidak tahu karena konsentrasi Anda adalah mencapai kesuksesan daripada keadaan hubungan Anda.

Anda mempertahankan ketidakpedulian Anda dengan berargumen bahwa pengejaran kesuksesan Anda akan menguntungkan mereka semua dalam jangka panjang. Lagi pula, itulah mengapa Anda bekerja sangat keras – untuk memberi mereka rumah yang bagus, pakaian mewah, liburan eksotis, dan lain-lain. Anda ingin memberi mereka semua hal yang tidak pernah Anda miliki saat tumbuh dewasa.

Berhentilah mengejar kesuksesan hingga merusak hubungan Anda. Kebenaran yang sederhana adalah orang yang Anda cintai tidak membutuhkan semua berlebih. Mereka hanya membutuhkan Anda.

6 Hal Yang Harus Dilakukan Sebagai gantinya

Jadi, alih-alih mengejar kesuksesan, apa yang harus Anda lakukan? Senang dengan status quo? Berdamai dengan kegagalan? Berhenti dari pekerjaan Anda, duduk di rumah, dan biarkan penagih tagihan datang?

Sama sekali tidak.

Alih-alih mengejar kesuksesan tanpa henti, lakukan hal berikut:

1. Tentukan seperti apa kehidupan yang 'baik' bagi Anda.

Ini membutuhkan beberapa introspeksi.

Apa arti sukses sebenarnya bagi Anda? Apakah Anda benar-benar membutuhkan gelar, uang, rumah, dan penghargaan untuk merasa hidup Anda berharga? Jika Anda sudah mencapai beberapa dari hal-hal itu, apakah Anda merasa lebih atau kurang berhasil?

Tidak apa-apa jika sukses berarti sesuatu yang sama sekali berbeda dari apa artinya bagi masyarakat. Bahkan tidak apa-apa jika kesuksesan berarti sesuatu yang berbeda bagi Anda saat ini, daripada apa artinya lima belas tahun yang lalu. Definisi kesuksesan Anda dapat berkembang seiring waktu.

Dalam hidup, kita semua sedang bekerja. Kita terus berkembang. Prioritas kita berubah. Begitu juga bagaimana kita mendefinisikan seperti apa kehidupan yang 'baik' itu.

Jadi, luangkan waktu untuk mengevaluasi kembali apa yang sebenarnya Anda inginkan dari hidup Anda. Kemudian tinjau setiap beberapa tahun untuk memastikan Anda bercita-cita untuk mencapai sesuatu yang masih benar-benar ingin Anda capai.

2. Fokus pada kemajuan dan pertumbuhan, tetapi juga pada kepuasan.

Pola pikir banyak orang tentang kesuksesan hanya mengarah pada kekecewaan. Mereka percaya bahwa kesuksesan adalah hal tunggal yang, setelah dicapai, akan membuat mereka merasa lengkap.

Tetapi itu bukan kesuksesan. Sungguh, sukses adalah tentang meletakkan satu kaki di depan yang lain. Ini tentang perjalanan, kemajuan yang Anda buat, cara Anda berkembang. Ini tentang setiap hal kecil yang terjadi sementara itu tujuan Anda masih jauh.

Dengan mengenali setiap langkah kecil yang Anda ambil, hari demi hari, Anda mempertahankan rasa pencapaian dan kepuasan, terlepas dari hasil akhirnya. Anda mendapatkan kenikmatan dari momentum ke depan yang Anda miliki.

Tetapi Anda tidak harus selalu bergerak maju. Penting juga untuk berhenti sesekali dan menghargai di mana Anda berada, di sini, saat ini. Puas dengan masa kini berarti telah berhasil membentuk pola pikir yang akan membuat Anda tetap positif sepanjang hidup Anda.

Mengenali perubahan dalam diri Anda dan di sekitar Anda, merasa senang dengan cara Anda tumbuh (seringkali karena tantangan hidup yang menghadang Anda), dan bersyukur atas hal-hal yang Anda miliki dalam hidup – ini semua jauh lebih baik daripada hidup hanya terfokus pada satu tujuan yang mungkin atau mungkin tidak pernah Anda penuhi.

3. Pilih kebahagiaan.

Selain penyakit mental, kebahagiaan adalah pilihan. Anda dapat memilih untuk bahagia, tidak peduli situasi atau keadaan yang Anda hadapi.

Anda mungkin pernah melihat foto-foto orang tersenyum di negara-negara yang paling banyak dilanda perang atau tempat-tempat yang baru saja dicabik-cabik oleh Alam? Jelas, situasi mereka mengerikan, tetapi bahkan kemudian mereka menemukan sesuatu untuk ditertawakan.

Kebahagiaan sejati tidak tergantung pada pencapaian tujuan apa pun atau hasil dari memiliki sesuatu. Kebahagiaan Anda tidak tergantung pada faktor luar apa pun.

Ini adalah keputusan sadar yang Anda buat terlepas dari apa yang terjadi atau berlangsung di sekitar Anda. Kekuatan untuk bahagia sepenuhnya adalah keputusan Anda.

Tidak ada yang bisa membuat Anda bahagia. Tidak ada orang yang bisa membuat Anda bahagia.

Hanya Anda yang bisa memilih untuk bahagia. Jadi, buatlah pilihan itu.

4. Mengejar signifikansi.

Ketika Anda mengejar signifikansi, Anda fokus untuk menjalani kehidupan yang berdampak. Ini tentang memengaruhi secara positif kehidupan orang-orang di sekitar Anda.

Ketika Anda penting, baik di rumah atau di sekolah atau di kantor, nilai Anda terlihat dan terasa lama setelah Anda pergi.

Sukses itu sekilas. Kita semua pernah mendengar cerita tentang orang-orang yang dulunya sangat sukses dan menjadi tunawisma beberapa tahun kemudian.

Tetapi bagaimana Anda membuat seseorang merasa, bagaimana Anda melihat yang terbaik dalam diri mereka, bagaimana Anda memengaruhi hidup mereka – itu melekat pada orang-orang.

Signifikansi melampaui manfaat fisik sekilas yang dapat Anda berikan secara langsung. Ini tentang dampak jangka panjang yang Anda miliki terhadap orang lain.

Pilih untuk menjalani kehidupan yang berarti, menyentuh, dan memengaruhi orang-orang di sekitar Anda.

Hal hebat tentang menjadi signifikan adalah Anda tidak perlu menunggu hal lain terjadi. Bukan tujuan atau impian yang ingin dicapai, atau jumlah uang yang harus dimiliki di rekening bank Anda.

Anda dapat mulai sekarang dengan orang-orang di lingkungan pengaruh Anda.

5. Sadarilah hidup tidak akan bertahan selamanya.

Hadir dan nikmati setiap momen. Manfaatkan setiap hari selagi masih bisa. Hidup, seperti sekarang, tidak akan bertahan selamanya. Segalanya berubah dengan cepat, dengan kenangan hidup yang paling berharga terjadi dalam sekejap mata.

Jangan menunda perjalanan itu, menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat Anda, atau mencoba hobi yang Anda minati. Tidak pernah ada waktu yang lebih baik dari saat ini.

Waktu yang ideal tidak akan pernah muncul dengan sendirinya.

Anda mungkin tidak memiliki semua yang Anda inginkan, tetapi Anda memiliki semua yang Anda butuhkan.

Fokus pada apa yang benar-benar penting bagi Anda sekarang.

6. Ikuti jalan Anda sendiri.

Ini adalah hari yang menyedihkan ketika Anda menyadari bahwa Anda telah mengejar hal-hal yang tidak penting bagi Anda, dengan risiko apa yang terjadi.

Lapisan peraknya adalah Anda menemukan bahwa Anda berada di jalan yang salah cukup awal untuk mengubah arah.

Hari ini, putuskan untuk mengikuti jalan Anda sendiri.

Jadi, jalan apa yang harus Anda ambil?

Pertama, berhenti pergi ke arah yang jelas, yang orang lain ikuti, yang paling mungkin memberi Anda semua hal yang melambangkan kesuksesan.

Perjalanan kita melalui hidup adalah khusus untuk kita masing-masing. Tidak ada yang memulai dan mengakhiri dengan cara yang sama.

Jalan hidup Anda harus mempertimbangkan bakat, keinginan, hasrat, dan pengalaman unik Anda. Anda berhutang pada diri sendiri untuk menemukan jalan hidup Anda dan mengikutinya.

Ini akan membutuhkan beberapa introspeksi dan bahkan beberapa trial and error. Ketika Anda menuju ke arah yang benar, Anda akan mengetahuinya karena hanya sedikit orang yang akan berada di jalur yang sama atau bahkan tahu ke mana Anda pergi. Tetapi itu tidak akan terasa seperti perjuangan.

Bagian terbaiknya adalah, ketika Anda menempuh jalan Anda sendiri, kesuksesan mengikuti secara alami.

Sukses datang ketika Anda fokus pada apa yang benar-benar penting bagi Anda. Ketika Anda sibuk melakukan apa yang Anda sukai dan mengembangkan bakat Anda, kesuksesan akan mengikuti.

Kesalahan yang banyak dari kita buat adalah mengejar definisi sukses yang bukan milik kita sendiri, menggunakan keterampilan dan bakat yang tidak kita miliki untuk mengumpulkan apa yang sebenarnya tidak kita inginkan atau butuhkan. Ini mengarah pada bekerja lebih lama, mengorbankan hubungan dan kesehatan kita, dan pada akhirnya menjalani kehidupan yang tidak terpenuhi.

Jangan jadi orang itu. Jadilah pribadi Anda sendiri yang berjuang untuk versi Anda sendiri dari kehidupan yang sukses dan bermakna.

***
Solo, Selasa, 12 Oktober 2021. 9:07 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko