Penelitian Terhadap Musisi Jazz Menunjukkan dari Mana Kreativitas Berasal

Temuan ini sejalan dengan penelitian tim lainnya yang menggunakan stimulasi listrik untuk mempelajari bagaimana ekspresi kreatif dihasilkan dalam otak musisi.

Senin, 6 April 2020 | 19:49 WIB
0
334
Penelitian Terhadap Musisi Jazz Menunjukkan dari Mana Kreativitas Berasal
ilustr: The Boston Calendar

Menurut pandangan populer, kreativitas adalah produk dari belahan otak kanan - orang-orang inovatif dianggap "pemikir otak kanan" sementara "pemikir otak kiri" dianggap analitis dan logis. Ilmuwan syaraf yang skeptis terhadap ide ini berpendapat bahwa tidak ada cukup bukti untuk mendukung ide ini dan kemampuan serumit kreativitas manusia harus memanfaatkan petak luas kedua belahan otak.

Sebuah studi pencitraan otak baru dari Drexel University's Research Lab menyoroti kontroversi ini dengan mempelajari aktivitas otak gitaris jazz selama improvisasi.

Penelitian, yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal NeuroImage, menunjukkan bahwa kreativitas, pada kenyataannya, didorong terutama oleh belahan otak kanan pada musisi yang relatif tidak berpengalaman dalam improvisasi. Namun, musisi yang sangat berpengalaman dalam improvisasi terutama mengandalkan belahan otak kiri mereka.

Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas adalah "kemampuan otak kanan" ketika seseorang menghadapi situasi yang tidak dikenalnya, tetapi kreativitas itu diambil dari rutinitas belahan otak kiri yang dipelajari dengan baik ketika seseorang berpengalaman dalam tugas itu.

Dengan mempertimbangkan bagaimana aktivitas otak berubah dengan pengalaman, penelitian ini dapat berkontribusi pada pengembangan metode baru untuk melatih orang untuk menjadi kreatif di bidangnya. Misalnya, ketika seseorang adalah seorang ahli, kinerjanya dihasilkan terutama oleh proses otomatis yang relatif tidak disadari yang sulit bagi seseorang untuk secara sadar berubah, tetapi mudah untuk mengganggu dalam upaya, seperti ketika kesadaran diri menyebabkan seseorang untuk "tersedak" atau goyah.

Sebaliknya, penampilan novis cenderung di bawah kendali sadar dan sadar. Dengan demikian, mereka lebih mampu melakukan penyesuaian sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh seorang guru atau pelatih.

Rekaman aktivitas otak dapat mengungkapkan titik di mana seorang pemain siap untuk melepaskan kontrol sadar dan mengandalkan rutinitas yang tidak diketahui dan dipelajari dengan baik. Melepaskan kontrol sadar sebelum waktunya dapat menyebabkan pemain mengunci kebiasaan buruk atau teknik yang tidak optimal.

Studi ini dipimpin oleh David Rosen, PhD, lulusan doktoral Drexel baru-baru ini dan salah satu pendiri dan kepala operasional saat ini dari Secret Chord Laboratories, sebuah perusahaan startup teknologi musik; dan John Kounios, PhD, profesor psikologi dan direktur program doktoral dalam ilmu otak terapan dan kognitif di Drexel's College of Arts and Sciences.

Tim merekam electroencephalograms kepadatan tinggi (EEG) dari 32 pemain gitar jazz, beberapa di antaranya sangat berpengalaman dan yang lain kurang berpengalaman. Setiap musisi berimprovisasi menjadi enam lead sheet jazz (lagu) dengan drum yang diprogram, iringan bass dan piano. Ke-192 improvisasi jazz yang direkam (enam lagu jazz oleh 32 peserta) kemudian diputar untuk empat musisi jazz dan guru ahli secara individual sehingga mereka dapat menilai masing-masing untuk kreativitas dan kualitas lainnya.

Para peneliti membandingkan EEG yang direkam selama pertunjukan dengan rating tinggi dengan EEG yang direkam selama pertunjukan yang dinilai kurang kreatif. Untuk pertunjukan dengan peringkat tinggi dibandingkan dengan pertunjukan yang kurang kreatif, terdapat aktivitas yang lebih besar di daerah belahan kiri posterior otak; untuk pertunjukan dengan peringkat lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang peringkatnya lebih tinggi, ada aktivitas yang lebih besar di belahan kanan, sebagian besar wilayah frontal.

Baca Juga: Manfaat Musik untuk Perkembangan Anak

Dengan sendirinya, hasil ini mungkin menunjukkan bahwa pertunjukan yang sangat kreatif dikaitkan dengan daerah belahan kiri posterior dan bahwa pertunjukan yang kurang kreatif dikaitkan dengan daerah belahan kanan. Pola ini menyesatkan, menurut para peneliti, karena tidak mempertimbangkan pengalaman musisi.

Beberapa musisi ini sangat berpengalaman, telah memberikan banyak pertunjukan publik selama beberapa dekade. Musisi lain kurang berpengalaman, karena hanya memberikan sejumlah kecil pertunjukan publik. Ketika para peneliti menganalisis ulang EEG untuk secara statistik mengontrol tingkat pengalaman para pemain, pola hasil yang sangat berbeda muncul. Hampir semua perbedaan aktivitas otak antara pertunjukan yang sangat kreatif dan kurang kreatif ditemukan di belahan kanan, sebagian besar di daerah frontal.

Temuan ini sejalan dengan penelitian tim lainnya yang menggunakan stimulasi listrik untuk mempelajari bagaimana ekspresi kreatif dihasilkan dalam otak musisi dan penelitiannya tentang bagaimana musisi jazz yang berpengalaman dan tidak berpengalaman bereaksi terhadap desakan untuk bermain "bahkan lebih kreatif."

Studi baru ini mengungkapkan area otak yang mendukung improvisasi musik kreatif untuk musisi yang sangat berpengalaman dan rekan-rekan mereka yang kurang berpengalaman dan membahas pertanyaan kontroversial tentang peran belahan otak kiri dan kanan dalam kreativitas. Lebih jauh, ini mengangkat isu penting yang masuk ke jantung definisi dan pemahaman kreativitas.

"Jika kreativitas didefinisikan dalam hal kualitas produk, seperti lagu, penemuan, puisi atau lukisan, maka belahan kiri memainkan peran kunci, "kata Kounios. "Namun, jika kreativitas dipahami sebagai kemampuan seseorang untuk berurusan dengan novel, tidak terbiasa situasi, seperti halnya untuk improvisasi pemula, maka belahan kanan memainkan peran utama."

(Materials provided by Drexel University)

***
Solo, Senin, 6 April 2020. 7:27 pm
'salam kreatif penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko