8 Manfaat Menyanyi untuk Kesehatan

Tak perlu risau atau pun malu jika suara anda tidak merdu, yang penting menyanyi. Selamat menyanyi sehingga hidup anda semakin sehat dan bahagia.

Kamis, 22 Agustus 2019 | 18:18 WIB
0
499
8 Manfaat Menyanyi untuk Kesehatan
ilustr: fulbridge.org

Anda suka dan hobi karaoke? Atau hanya sekadar menyanyi di kamar mandi? Nah, ternyata menyanyi tidak hanya membuat bahagia, namun juga bisa bermanfaat bagi tubuh kita.

Seperti dipaparkan dalam sebuah kajian yang dilakukan para pakar di Jerman, terungkapkan bahwa menyanyi merupakan kegiatan yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Maka, meski suara anda tidak semerdu Raisa atau Afghan, bersyukurlah anda apabila memiliki hobi menyanyi karena kesehatan anda bisa terjaga. Lalu, apa saja manfaat menyanyi untuk tubuh?

  1. Meningkatkan Stamina - Menyanyi ketika di kamar mandi dapat menambah stamina dan energi anda sehingga anda lebih bersemangat untuk beraktivitas.
  2. Menyehatkan Jantung dan Paru-paru - Pada saat bernyanyi maka paru-paru anda akan terangkat sehingga dapat memompa paru-paru dan jantung agar lebih sehat. Bahkan dapat memperpanjang hidup anda.
  3. Meremajakan Sel-Sel pada Tubuh - Aktifitas menyanyi mampu merangsang sirkulasi tubuh menjadi lancar. Kecuali itu dapat meremajakan otot-otot di perut dan diafragma.
  4. Membuat Terlihat Lebih Muda - Bernyanyi membantu anda melatih pita suara, serta dapat membuat anda tampak lebih muda dengan pergerakan sejumlah otot di wajah dan perut anda.
  5. Meningkatkan Postur Tubuh - Bernyanyi akan memperluas dada dan menyebabkan punggung dan bahu menjadi lurus, sehingga dapat meningkatkan postur tubuh anda.
  6. Meningkatkan Suasana Hati - Bernyanyi memang salah satu solusi untuk menghilangkan stres saat anda melakukan aktivitas yang berat. Dengan masuknya oksigen kedalam darah anda akan memberikan sinyal otak untuk melepaskan suasana hati. Sama halnya saat mengkonsumsi cokelat, bernyanyi di tempat karaoke juga dapat memicu pelepasan zat kimia yang dapat membangkitkan suasana hati.
  7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh - Menyanyi juga meningkatkan imunoglobulin A yang bisa membunuh sel yang membahayakan bagi tubuh. Sehingga membantu melindungi tubuh  terhadap infeksi ringan.
  8. Meningkatkan Kualitas Tidur - Karena bernyanyi dapat melepaskan stres, secara otomatis pula dapat meningkatkan kualitas tidur.

Itulah 8 manfaat dari menyanyi untuk kesehatan kita. Oleh karena itu jangan ragu lagi untuk terus menikmatinya bagi yang selama ini hobi menyanyi dan silahkan memulai hobi menyanyi bagi yang selama ini belum menggemarinya. Tak perlu risau atau pun malu jika suara anda tidak merdu, yang penting menyanyi. Selamat menyanyi sehingga hidup anda semakin sehat dan bahagia.

***
Solo, Kamis, 22 Agustus 2019.5:55 pm
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko