Hasil Survey Litbang Kompas yang Ditunggu-tunggu

Selasa, 19 Maret 2019 | 22:43 WIB
0
786
Hasil Survey Litbang Kompas yang Ditunggu-tunggu
Prabowo dan Jokowi (Foto: Mata-mata Politik)

Jika tidak ada aral melintang, besok Harian Kompas, tempat di mana dulu saya bekerja, akan merilis hasil survey terbarunya 27 atau 28 hari jelang Pilpres 17 April 2019. Saya mendapat informasi ini dua minggu lalu. Biasanya hasil survey Litbang Kompas sangat presisi dan terpercaya sehingga layak dijadikan rujukan.

Siapa yang meraih elektabilitas tertinggi dari hasil survey itu? Ini yang ditunggu-tunggu!

Sesungguhnya saya cuma mau mengatakan, meski sudah tidak bekerja lagi di Harian Kompas, bukan berarti saya tidak punya "feeling" atas hasil survey mereka, ya rekan-rekan saya juga yang berkarya di Litbang.

Meski mereka bersikukuh tidak memberi bocoran, namun dari "feeling" itu saya hanya bisa perkirakan berapa elektabilitas yang diraih Jokowi maupun Prabowo.

Saya tidak ingin mengemukakan siapa yang lebih unggul dalam pencapaian elektabilitas, biarlah pembaca besok menelisiknya lebih dalam di Harian Kompas edisi Rabu, 20 Maret 2019. Tetapi, yang ingin saya katakan di sini perkiraan "gap" atau perbedaannya kemungkinan mencapai 13 persen!

Sulit memahami besaran nilai angka ini?

Baik, begini saja mudahnya; "gap" hasil Pilpres 2014 angkanya di kisaran 5 persen dan perbedaan sebesar inipun cukup mengantarkan pemenangnya menjadi Presiden RI. Angka 5 persen itu kalau dikonversi ke suara berarti sekitar 8 juta.

Nah, berhubung waktu pencoblosan tinggal 27 atau 28 hari lagi, hanya keajaiban luar biasa yang dapat mengubah "gap" ini menjadi semakin kecil dan terus mengecil sampai mencapai 5 persen seperti hasil Pilpres 2014.

Kalau elektabilitasnya ingin berimbang di saat Hari "H" pencoblosan, maka sejatinya elektabilitas si pemenang harus tergerus 0,5 persen setiap harinya.

Paham?

***