Kapten Westerling

Westerling pernah memimpin penyerangan kota Bandung yang diawaki tentara KNIL dan juga berkelindan dengan laskar Darul Islam menyerang dan menguasai Cimahi.

Senin, 14 Maret 2022 | 08:25 WIB
0
59
Kapten Westerling
Majalah yang memuat tentang Westerling (Foto: dok pribadi)

Baru membaca majalah lama "The Reporter" edisi 28 Februari 1950 tentang Kapten Westerling. Judul tulisannya "Freebooters of Indonesia".

Westerling terkenal dalam sejarah yang kita pelajari di sekolah sebagai komandan yang memerintahkan pembantaian rakyat di Sulawesi Selatan sebanyak 40.000 jiwa.

Tetapi di majalah ini, diuraikan bahwa Westerling banyak terlibat pada pemberontakan Darul Islam di wilayah Jawa Barat.

Pada saat itu, Republik Indonesia Serikat yang baru terbentuk terdiri dari 16 negara bagian yang dibentuk oleh pemerintah Belanda, salah satunya Negara Pasundan.

Memanfaatkan rasa tidak puas sebagian rakyat Negara Pasundan dan laskar Darul Islam yang merasa dianaktirikan oleh pemerintah pusat, Westerling mensponsori pemberontakan DI dengan logistik perang di wilayah Jabar.

Dia bahkan pernah memimpin penyerangan kota Bandung yang diawaki tentara KNIL dan juga berkelindan dengan laskar Darul Islam menyerang dan menguasai Cimahi.

Dia bahkan dengan percaya diri menulis surat ke pemerintah pusat bernuansa ancaman (ultimatum) agar pemerintah memberi otonomi luas kepada Negara Pasundan, termasuk angkatan bersenjatanya.

Menarik sekali membaca ulasan majalah The Reporter edisi Februari 1950 ini.

***