Integritas, Integritas, Integritas

Bagi orang yang integritasnya tinggi, bawaan dari orok memang jujur, dia ngga akan mudah goyah akan terpaan perubahan zaman. Tidak mudah goyah akan godaan, iming-iming.

Jumat, 12 November 2021 | 07:04 WIB
0
130
Integritas, Integritas, Integritas
Jakob Oetama (Foto: bernasnews.com)

Ketika kami dulu masuk media tempat kami dulu merintis nama dan sekaligus ikut membesarkan media tersebut, modalitas utama yang dilihat perusahaan tempat saya melamar kerja adalah integritas.

Bahkan Pak Jakob Oetama pernah mengungkapkan bahwa untuk menjadi wartawan di media beliau nomor satu adalah integritas. Nomor dua integritas. Nomor tiga integritas.

Baru kemudian intelektualitas, latar belakang pendidikan, pengetahuan umum.

Integritas sungguh sangat perlu di zaman serba penuh pertarungan kepentingan seperti saat ini.

Ini masuk akal. Sebab bagi orang yang integritasnya tinggi, bawaan dari orok memang jujur, dia ngga akan mudah goyah akan terpaan perubahan zaman. Tidak mudah goyah akan godaan, iming-iming.

Kalau saya pribadi jika diminta menyeleksi? Akan saya tambah dalam wawancara, ngobrol soal minat musiknya. Sebab, dalam selera musik terdapat berbagai unsur yang tak hanya sekadar keindahan, kemerduan. Akan tetapi ada juga unsur apresiasi, komposisi, orkestrasi, ekspresi individual dan seni dari musik itu sendiri.

Yang terakhir ini tentu saja pelengkap. Paling utama tetap saja integritas. Itu kalau menurut saya lho yaaaa..... imho.

JIMMY S HARIANTO 

***