Virus Berusia 15.000 Tahun Ditemukan di Es Gletser Tibet

Studi tentang virus di gletser relatif baru: Hanya dua studi sebelumnya yang telah mengidentifikasi virus di es gletser purba.

Selasa, 3 Agustus 2021 | 21:34 WIB
0
144
Virus Berusia 15.000 Tahun Ditemukan di Es Gletser Tibet
ilustr: Ice (stock image).

Sebagian besar virus sebelumnya tidak diketahui manusia, demikian temuan penelitian.

Para ilmuwan yang mempelajari es gletser telah menemukan virus berusia hampir 15.000 tahun dalam dua sampel es yang diambil dari Dataran Tinggi Tibet di Cina. Sebagian besar virus tersebut, yang bertahan karena tetap beku, tidak seperti virus mana pun yang telah dikatalogkan hingga saat ini.

Temuan yang dipublikasikan beberapa hari yang lalu di jurnal Microbiome, dapat membantu para ilmuwan memahami bagaimana virus berevolusi selama berabad-abad. Untuk penelitian ini, para ilmuwan juga menciptakan metode baru yang sangat bersih untuk menganalisis mikroba dan virus dalam es tanpa mencemarinya.

"Gletser ini terbentuk secara bertahap, dan bersama dengan debu dan gas, banyak, banyak virus juga tersimpan di es itu," kata Zhi-Ping Zhong, penulis utama studi dan peneliti di The Ohio State University Byrd Polar and Climate Research Center yang juga berfokus pada mikrobiologi. "Gletser di China barat tidak dipelajari dengan baik, dan tujuan kami adalah menggunakan informasi ini untuk mencerminkan lingkungan masa lalu. Dan virus adalah bagian dari lingkungan itu."

Para peneliti menganalisis inti es yang diambil pada tahun 2015 dari lapisan es Guliya di Cina barat. Inti dikumpulkan di ketinggian tinggi -- puncak Guliya, tempat es ini berasal, adalah 22.000 kaki di atas permukaan laut. Inti es mengandung lapisan es yang menumpuk dari tahun ke tahun, menjebak apa pun yang ada di atmosfer di sekitarnya pada saat setiap lapisan membeku. Lapisan-lapisan itu menciptakan semacam garis waktu, yang telah digunakan para ilmuwan untuk lebih memahami tentang perubahan iklim, mikroba, virus, dan gas sepanjang sejarah.

Para peneliti menentukan bahwa es itu berusia hampir 15.000 tahun menggunakan kombinasi teknik tradisional dan baru, hingga saat ini inti es ini.

Ketika mereka menganalisis es, mereka menemukan kode genetik untuk 33 virus. Empat dari virus tersebut telah diidentifikasi oleh komunitas ilmiah. Tetapi setidaknya 28 di antaranya adalah novel. Sekitar setengah dari mereka tampaknya selamat pada saat mereka dibekukan bukan karena es, tetapi karena itu.

"Ini adalah virus yang akan berkembang biak di lingkungan yang ekstrem," kata Matthew Sullivan, rekan penulis studi, profesor mikrobiologi di Ohio State dan direktur Center of Microbiome Science Ohio State. "Virus ini memiliki tanda gen yang membantu mereka menginfeksi sel di lingkungan yang dingin -- hanya tanda genetik nyata tentang bagaimana virus mampu bertahan dalam kondisi ekstrem. Ini bukan tanda yang mudah untuk ditarik, dan metode yang dikembangkan Zhi-Ping untuk mendekontaminasi inti dan untuk mempelajari mikroba dan virus dalam es dapat membantu kami mencari urutan genetik ini di lingkungan es ekstrem lainnya -- Mars, misalnya, bulan, atau lebih dekat ke rumah di Gurun Atacama Bumi."

Virus tidak memiliki gen universal yang sama, jadi penamaan virus baru -- dan mencoba mencari tahu di mana ia cocok dengan lanskap virus yang dikenal -- melibatkan beberapa langkah. Untuk membandingkan virus tak dikenal dengan virus yang dikenal, para ilmuwan membandingkan set gen. Set gen dari virus yang dikenal dikatalogkan dalam database ilmiah.

Perbandingan basis data tersebut menunjukkan bahwa empat virus di inti lapisan es Guliya sebelumnya telah diidentifikasi dan berasal dari keluarga virus yang biasanya menginfeksi bakteri. Para peneliti menemukan virus dalam konsentrasi yang jauh lebih rendah daripada yang ditemukan di lautan atau tanah.

Analisis para peneliti menunjukkan bahwa virus kemungkinan berasal dari tanah atau tanaman, bukan dari hewan atau manusia, berdasarkan lingkungan dan database virus yang diketahui.

Studi tentang virus di gletser relatif baru: Hanya dua studi sebelumnya yang telah mengidentifikasi virus di es gletser purba. Tetapi ini adalah bidang ilmu pengetahuan yang menjadi lebih penting seiring dengan perubahan iklim, kata Lonnie Thompson, penulis senior studi tersebut, profesor universitas terkemuka ilmu bumi di Ohio State dan ilmuwan peneliti senior di Byrd Center.

"Kami hanya tahu sedikit tentang virus dan mikroba di lingkungan ekstrem ini, dan apa yang sebenarnya ada di sana," kata Thompson. "Dokumentasi dan pemahaman tentang itu sangat penting: Bagaimana bakteri dan virus merespons perubahan iklim? Apa yang terjadi ketika kita beralih dari zaman es ke periode hangat seperti sekarang ini?"

(Materials provided by Ohio State University)

***
Solo, Selasa, 3 Agustus 2021. 9:01 pm
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko