Cara Mengatasi Ruam Merah Pada Bayi, yuk Ketahui

Kamis, 21 Maret 2024 | 10:23 WIB
0
40
Cara Mengatasi Ruam Merah Pada Bayi, yuk Ketahui
Ruam merah

Ketika Anda baru pertama kali melihat ruam pada kulit bayi Anda, maka pikiran Anda akan langsung melompat ke kemungkinan penyebab terburuk. Tetapi sebagian besar, ruam yang Anda lihat adalah bagian normal dari bayi yang baru lahir. Jadi sebelum Anda mulai panik, biarkan para ahli di Mustela menenangkan saraf Anda dan menunjukkan cara terbaik untuk mengobati ruam kulit bayi Anda.

Menjaga bayi Anda tetap nyaman adalah langkah penting menuju pencegahan dan pemulihan ruam. Kulit yang kencang, merah, bengkak, dan gatal dapat membuat bayi dan Anda tidak bahagia dan menyulitkan mereka untuk tidur dan menyusu. Berikut beberapa cara mengatasi ruam merah pada bayi:

Dandani Bayi Anda dengan Pakaian Longgar

Saat ruam muncul di tubuh bayi Anda (di bawah leher), ada baiknya untuk mendandaninya dengan pakaian yang longgar (atau tanpa pakaian sama sekali jika suhu memungkinkan). Ini akan mencegah pakaian menggosok kulit yang sudah lembut dan dapat mencegah bayi Anda menjadi terlalu panas.

Hindari Mengiritasi Ruam Kulit Bayi Anda

Ini mungkin tampak agak jelas, tetapi bayi Anda akan jauh lebih nyaman jika Anda tidak mengiritasi ruam kulitnya. Bagaimana Anda bisa menghindari mengganggu ruam si kecil Anda? Ikuti tips ini:

- Jauhkan bayi Anda dari sinar matahari langsung, karena sinar UV matahari dapat menyebabkan kekeringan dan semakin mengiritasi ruam.

- Bersikaplah sangat lembut dengan area yang terkena kulit bayi Anda, dan jangan menggosok, meregangkan, atau menggaruk ruam itu sendiri.

- Selalu gunakan pembersih yang lembut saat memandikan bayi Anda, dan oleskan krim dan losion yang menenangkan untuk bayi agar kulit si kecil tetap lembap.

Tiga langkah ini akan membantu menjaga bayi Anda tetap nyaman saat pulih dari ruam kulit mereka.

Mandikan Bayi Anda dengan Air Hangat

Cara hebat lainnya yang bisa Anda coba untuk membuat bayi Anda nyaman selama wabah ruam adalah dengan membiarkannya berendam atau bermain di bak mandi. Air menenangkan dan mendinginkan kulit yang panas dan kering. Anda bahkan dapat membantu menyembuhkan ruam dengan menambahkan produk mandi. Minyak yang diformulasikan khusus ini menenangkan dan mendinginkan kulit yang kencang dan bengkak serta membuat bayi Anda merasa nyaman di sekujur tubuh bayi Anda.

Oleskan Kain Dingin Pada Ruam Kulit Bayi Anda

Ruam ini sering terjadi dan menyebabkan kulit bayi terasa kering, kencang, gatal, atau panas dan ini mengganggu untu bayi. Itulah mengapa mengoleskan kain dingin dan lembab pada ruam kulit bayi Anda akan membuat si kecil merasa nyaman. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menemukan waslap atau lap, rendam dalam air dingin, peras, dan tempelkan dengan lembut pada ruam pada bayi Anda. Ini juga akan segera memberikan bantuan yang sangat instan, jika hanya sementara, dari ketidaknyamanan ruam.

Berikan Bayi Anda Dosis Kecil Penghilang Rasa Sakit

Untuk bayi di usia enam bulan atau lebih, dosis kecil ibuprofen atau asetaminofen dapat membantu Anda untuk mengurangi pembengkakan ruam bayi dan menghilangkan rasa sakit. Ibuprofen ini pada umumnya aman untuk anak-anak berusia enam bulan atau lebih. Acetaminophen memiliki rekomendasi keamanan yang sama, kecuali kadang-kadang dapat disetujui untuk bayi di bawah enam bulan. Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memberikan obat apa pun kepada bayi Anda.

Beri Bayi Anda Banyak Pelukan dan Ciuman

Ini tidak membantu ruam bayi Anda, tetapi itu pasti akan membuat si kecil merasa lebih nyaman! Tidak ada yang menenangkan jiwa bayi seperti sentuhan seorang ibu. Pegang bayi Anda sesering mungkin dan beri mereka pelukan dan ciuman ekstra untuk membuatnya tetap nyaman sampai ruamnya sembuh.

Beri Lidah buaya

Obat ajaib dari alam untuk ruam dalam bentuk apa pun. Cara untuk melakukan ini adalah mengekstrak gel dari daun dan mengoleskannya langsung ke area yang terkena. Saya pribadi menjamin yang satu ini.

Gunakan Kulit pisang

Ini alat pengobatan ruam kulit, khasiat penyembuhan ajaib dari kulit pisang masih belum diketahui. Dinginkan kulitnya selama sekitar satu jam dan oleskan pada ruam bayi. Perhatikan perbedaannya.

Gunakan Timun

Timun adalah bahan yang sangat efektif untuk mengatasi ruam bayi di wajah, mentimun ini juga mengandung sifat anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi. Gejala ruam akan segera berkurang hampir seketika. Selain itu, ketika bayi Anda memiliki kulit yang sangat sensitif.

Hindarilah krim yang dibeli di toko yang mengandung bahan kimia yang tidak perlu menjadi sangat penting. Namun, jika tidak ada solusi yang disebutkan di atas yang berhasil untuk Anda, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter anak. 

Itu saja beberapa cara mengatasi ruam merah pada bayi seperti yang dilansir macaubet, semoga bermanfaat.