Kopi dengan Susu Mungkin Memiliki Efek Anti-inflamasi

Senin, 6 Februari 2023 | 17:23 WIB
0
99
Kopi dengan Susu Mungkin Memiliki Efek Anti-inflamasi
image: GG2.net

Bisakah sesuatu yang sederhana seperti secangkir kopi dengan susu memiliki efek anti-inflamasi pada manusia? Ternyata begitu, menurut sebuah studi baru dari University of Copenhagen. Kombinasi protein dan antioksidan menggandakan sifat anti-inflamasi dalam sel kekebalan. Para peneliti berharap dapat mempelajari efek kesehatan pada manusia.

Setiap kali bakteri, virus, dan zat asing lainnya masuk ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh kita bereaksi dengan mengerahkan sel darah putih dan zat kimia untuk melindungi kita. Reaksi ini, umumnya dikenal sebagai peradangan, juga terjadi setiap kali kita membebani tendon dan otot secara berlebihan dan merupakan karakteristik penyakit seperti artritis reumatoid.

Antioksidan yang dikenal sebagai polifenol ditemukan pada manusia, tanaman, buah-buahan dan sayuran. Kelompok antioksidan ini juga digunakan oleh industri makanan untuk memperlambat oksidasi dan penurunan kualitas makanan dan dengan demikian menghindari rasa dan ketengikan. Polifenol juga dikenal sehat bagi manusia, karena membantu mengurangi stres oksidatif dalam tubuh yang menimbulkan peradangan.

Tetapi masih banyak yang tidak diketahui tentang polifenol. Relatif sedikit penelitian yang menyelidiki apa yang terjadi ketika polifenol bereaksi dengan molekul lain, seperti protein yang dicampur ke dalam makanan yang kemudian kita konsumsi.

Dalam sebuah studi baru, para peneliti di Departemen Ilmu Pangan, bekerja sama dengan para peneliti dari Departemen Kedokteran Hewan dan Ilmu Hewan, di Universitas Kopenhagen menyelidiki bagaimana polifenol berperilaku ketika dikombinasikan dengan asam amino, bahan penyusun protein. Hasilnya menjanjikan.

“Dalam studi tersebut, kami menunjukkan bahwa ketika polifenol bereaksi dengan asam amino, efek penghambatannya terhadap peradangan pada sel kekebalan ditingkatkan. Dengan demikian, dapat dibayangkan bahwa koktail ini juga dapat memiliki efek menguntungkan pada peradangan pada manusia. Kami sekarang akan menyelidiki lebih lanjut, awalnya pada hewan. Setelah itu, kami berharap dapat menerima dana penelitian yang memungkinkan kami mempelajari efeknya pada manusia," kata Profesor Marianne Nissen Lund dari Departemen Ilmu Pangan, yang mengepalai penelitian tersebut.

Studi ini baru saja dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Dua kali lebih baik dalam melawan peradangan

Untuk menyelidiki efek anti-inflamasi dari kombinasi polifenol dengan protein, para peneliti menerapkan peradangan buatan pada sel-sel kekebalan. Beberapa sel menerima berbagai dosis polifenol yang bereaksi dengan asam amino, sementara yang lain hanya menerima polifenol dalam dosis yang sama. Kelompok kendali tidak menerima apa pun.

Para peneliti mengamati bahwa sel kekebalan yang diobati dengan kombinasi polifenol dan asam amino dua kali lebih efektif dalam melawan peradangan dibandingkan sel yang hanya ditambahkan polifenol.

“Sangat menarik untuk mengamati efek anti-inflamasi dalam percobaan sel. Dan jelas, ini hanya membuat kami lebih tertarik untuk memahami efek kesehatan ini secara lebih rinci. Jadi, langkah selanjutnya adalah mempelajari efeknya pada hewan, " kata Associate Professor Andrew Williams dari Departemen Kedokteran Hewan dan Ilmu Hewan di Fakultas Kesehatan dan Ilmu Kedokteran, yang juga penulis senior studi tersebut.

Ditemukan dalam kopi dengan susu

Studi sebelumnya oleh para peneliti menunjukkan bahwa polifenol mengikat protein dalam produk daging, susu dan bir. Dalam studi baru lainnya, mereka menguji apakah molekul juga saling mengikat dalam minuman kopi dengan susu. Memang, biji kopi kaya akan polifenol, sedangkan susu kaya akan protein.

“Hasil kami menunjukkan bahwa reaksi antara polifenol dan protein juga terjadi pada beberapa minuman kopi dengan susu yang kami pelajari. Nyatanya, reaksi terjadi begitu cepat sehingga sulit dihindari pada makanan mana pun yang telah kami pelajari. sejauh ini," kata Marianne Nissen Lund.

Oleh karena itu, peneliti tidak sulit membayangkan bahwa reaksi dan efek antiinflamasi yang berpotensi menguntungkan juga terjadi ketika makanan lain yang terdiri dari protein dan buah atau sayuran digabungkan.

"Saya dapat membayangkan hal serupa terjadi pada, misalnya, hidangan daging dengan sayuran atau smoothie, jika Anda memastikan untuk menambahkan protein seperti susu atau yogurt," kata Marianne Nissen Lund.

Industri dan komunitas riset sama-sama mencatat keuntungan utama polifenol. Karena itu, mereka sedang mengerjakan cara menambahkan jumlah polifenol yang tepat ke dalam makanan untuk mencapai kualitas terbaik. Hasil penelitian baru juga menjanjikan dalam konteks ini:

"Karena manusia tidak menyerap polifenol sebanyak itu, banyak peneliti sedang mempelajari cara merangkum polifenol dalam struktur protein yang meningkatkan penyerapannya dalam tubuh. Strategi ini memiliki keuntungan tambahan untuk meningkatkan efek anti-inflamasi polifenol," jelas Marianne Nissen Lund .

Penelitian ini didanai oleh Independent Research Fund Denmark dan dilakukan bekerja sama dengan Technical University of Dresden di Jerman.

Fakta Polifenol

  • Polifenol adalah kelompok antioksidan alami yang penting bagi manusia.
  • Mereka mencegah dan menunda oksidasi zat dan organ kimia yang sehat dalam tubuh kita, sehingga melindunginya dari kerusakan atau kehancuran.
  • Polifenol ditemukan dalam berbagai buah dan sayuran, teh, kopi, anggur merah, dan bir.
  • Karena sifat antioksidannya, polifenol digunakan dalam industri makanan untuk meminimalkan oksidasi lemak khususnya, serta penurunan kualitas makanan, untuk menghindari rasa dan ketengikan.

(Materials provided by University of Copenhagen - Faculty of Science)

***
Solo, Senin, 6 Februari 2023. 5:08 pm
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko