Terapi Relaksasi Guided Imagery Efektif Menurunkan Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi

Selasa, 17 Januari 2023 | 16:12 WIB
0
76
Terapi Relaksasi Guided Imagery Efektif Menurunkan Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi
Terapi QUided Imagery bisa menurunkan tekanan darah tinggi pada pasien Hipertensi

Solo – Tekanan darah pada manusia merupakan salah satu tanda vital yang penting bagi sistem fisiologis tubuh manusia. Dikarenakan apabila indikator yang satu ini bermasalah maka akan sangat menganggu kesehatan tubuh manusia. Tekanan darah yang tinggi bisa menyebabkan hipertensi yang bisa berakibat fatal seperti stroke dan kematian yang mendadak. Sedangkan apabila tekanan darah terlalu rendah maka akan menyebabkan Hipotensi dan pingsan.

Penatalaksanaan tekanan darah tinggi dibagi menjadi dua yaitu pentalaksanaan farmakologis dan penatalaksanaan non farmakologis. Penatalaksanaan farmakologis seperti pemberian obat medis sedangkan untuk penatalaksanaan non farmakologis adalah tindakan tanpa obat – obatan. Salah satu jenis penatalaksanaan terapi non farmakologis salah satunya adalah terapi quided imagery.

Terapi Quided imagery merupakan salah satu tindakan relaksasi pada pasien hipertensi dengan cara memberikan stimulus pada pasien hipertensi dengan membayangkan sesuatu yang membuat nyaman dan tenang. Salah satunya adalah dengan membayangkan sesuatu yang disukai dengan posisi yang rileks dan nyaman.

Dalam penelitian yang sudah dilakukan oleh Prima Trisna Aji tahun 2023 dengan judul Pengaruh terapi Quided Imagery terhadap perubahan tekanan darah pada pasien Hipertensi di Wilayah kerja Puskesmas Jayengan Surakarta mendapatkan hasil bahwa berdasarkan hasil penelitian didapatkan Hasil uji statistik nilai p value tekanan darah sistole sebelum dan sesudah dilakukan terapi Guided Imagery (0,001) lebih kecil dari nilai alpha (0,05). Yang artinya adalah ada pengaruh terapi quided imagery terhadap perubahan tekanan darah pada pasien Hipertensi diwilayah Puskesmas Jayengan Surakarta.

Tindakan terapi Quided Imagery efektif bisa menurunkan tekanan darah dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa 31 responden mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan 31 responden mengalami penurunan tekanan darah diastolik. Tidak ada responden mengalami peningkatan tekanan darah sistolik dan diastolik. Penurunan tekanan paling banyak yaitu sebesar 50 mmHg untuk tekanan sistolik dan 10 mmHg untuk tekanan diastolik. Rata – rata penurunan tekanan darah setelah diberikan intervensi yaitu 14,5 mmHg untuk tekanan sistolik dan 5,5 mmHg untuk tekanan diastoliknya.

Penelitian dari Prima Trisna Aji (2023) telah terbit di Jurnal Universitas Aisyiyah Surakarta pada edisi bulan Desember 2022 dan rilis tahun 2023. Keuntungan terapi quided imagery ini adalah sangat mudah dilakukan, murah meriah, praktis dan tanpa efek samping.

Dosen Spesialis Medikal bedah “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa terapi Quided Imagery merupakan salah satu alternatif tindakan untuk menurunkan tekanan darah pada pasien Hipertensi. Tindakan ini bisa menurunkan tekanan darah pada pasien Hipertensi tetapi pada pasien Hipertensi sedang, untuk pasien yang mengalami krisis Hipertensi harus dilakukan tindakan farmakologis di Rumah Sakit, Ucap Prima kepada media Online. *Red