Sandiaga Dukung Penuh Penulis dan Editor Profesional

Peran penulis dan penyunting yang sangat penting dalam industri perbukuan wajib didukung oleh seluruh pihak termasuk pemerintah.

Minggu, 13 Maret 2022 | 19:21 WIB
0
69
Sandiaga Dukung Penuh Penulis dan Editor Profesional
Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S. Uno mendukung penuh kiprah para penulis dan penyunting (editor) profesional dalam meningkatkan kompetensi serta kualitasnya. Menurut Sandi, penulis dan penyunting termasuk pihak yang sangat berperan dalam industri kreatif sekaligus dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna membangun peradaban Indonesia khususnya melalui buku.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga sebagai penyampai sambutan utama (keynote speaker) secara daring pada Musyawarah Nasional II Perkumpulan Penulis dan Editor Profesional (Penpro), yang berlangsung Sabtu pagi 12 Maret 2022, di Ruang Serbaguna Perpusnas RI.

Menurut Sandi, peran penulis dan penyunting yang sangat penting dalam industri perbukuan wajib didukung oleh seluruh pihak termasuk pemerintah. Menparekraf juga mengapresiasi Penpro yang aktif dalam meningkatkan kompetensi para penulis dan penyunting profesional. "Selamat melaksanakan Munas," demikian Sandiaga sekaligus membuka Munas tersebut.

Ketua Umum Penpro periode 2016-2022 Bambang Trim mengapresiasi dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Munas kali ini. Bambang juga memberikan apresiasi serupa untuk Kemendikbud, Perpusnas RI, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), dan Pusat Perbukuan. Sebagai organisasi kemasyarakatan, Penpro tentu tidak dapat berjalan sendirian. Penpro memerlukan dukungan dan kolaborasi dengan banyak pihak.

Penpro merupakan perkumpulan penulis dan penyunting profesional yang aktif menggelorakan peningkatan kualitas penulis serta penyunting sekaligus meningkatkan kesejahteraan pelaku industri buku. Salah satunya dengan menginisiasi dan membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Penulis dan Editor Profesional. Sampai Maret 2022, sudah lebih dari 6000 penulis dan penyunting tersertifikasi. 

***