Banjir Katingan, Kabinda Kalteng Tinjau dan Berikan Bantuan di Lokasi

kondisi terkini banjir telah menggenangi Jln. Tjilik Riwut Km. 6 hingga Km 14 Lintas Kasongan-Sampit yang berdampak terhadap terganggunya transportasi lintas kabupaten.

Selasa, 7 September 2021 | 10:53 WIB
0
30
Banjir Katingan, Kabinda Kalteng Tinjau dan Berikan Bantuan di Lokasi
Banjir Katingan (Foto: tribunnews.com)

Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Kalimantan Tengah Brigjen TNI Sinyo S.IP, M.M., secara langsung melihat kondisi bencana banjir yang terjadi beberapa wilayah di Prov. Kalteng, salah satunya di Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir, Kab. Katingan, Senin, 6 Agustus 2021.

“Binda (Badan Intelijen Negara Daerah) Kalteng sesuai arahan Kepala BIN, selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, terutama yang sedang mengalami musibah. Untuk itu, saya bersama tim langsung meninjau banjir di Kelurahan Kasongan Lama, dengan harapan kedatangan kami dapat memberikan dukungan moril dan semangat bagi masyarakat dalam menghadapi musibah banjir ini,” kata Kabinda Kalteng.

Selain melakukan peninjauan, Kabinda Kalteng juga memberikan bantuan sembako kepada perwakilan masyarakat yang terdampak banjir di lokasi.

"Sebelumnya, saya dan tim juga telah meninjau lokasi banjir di beberapa daerah lain seperti Kotawaringin Timur, Seruyan, dan Kotawaringin Barat. Kita semua berharap bencana banjir ini cepat selesai, dan kita bersama-sama aktif dan mendukung penanganan yang terus dilakukan," ujar Brigjen TNI Sinyo.

Koordinator Kamtibmas Kel. Kasongan Lama, Saputra Nordiansah menggambarkan, saat ini, khususnya di RT 15 RW 3, Kel. Kasongan Lama, terdapat 76 rumah yang terdampak banjir dengan ketinggian 50 cm, serta 76 KK mengungsi, dengan 15 KK mengungsi di posko evakuasi dan dapur umum yang tersedia dan lainnya mengungsi di Mushola, warung dan rumah sanak saudara di Kasongan.

"Kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran langsung Kabinda (Kalteng) di Kelurahan Kasongan Lama, dan memberikan semangat serta bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir," sambut Nordiansyah.

Berdasarkan data BPBD Kab. Katingan, banjir yang terjadi mulai tanggal 19 Agustus hingga sampai saat ini berdampak terhadap 9.705 rumah, 12.647 KK, 58 Rumah Ibadah, 72 Sekolah, 29 Kantor, 36 Faskes dan 19 Pos PPKM. Bahkan kondisi terkini banjir telah menggenangi Jln. Tjilik Riwut Km. 6 hingga Km 14 Lintas Kasongan-Sampit yang berdampak terhadap terganggunya transportasi lintas kabupaten.

***