Doa Terbaik Itu Ternyata Bernama Shalat Tahajud

Kita sangat membutuhkan bantuan dan pertolongan ALLAH dalam setiap urusan yang sedang kita hadapi dan kita kerjakan.

Minggu, 29 Maret 2020 | 11:17 WIB
0
640
Doa Terbaik Itu Ternyata Bernama Shalat Tahajud
Doa (Foto: islami.co)

Setiap hari kita disuruh berdoa. Kita juga melihat ada orang berdoa mulutnya komat-kamit, sampai-sampai apa yang diucapkan itu tidak jelas lagi. Ribuan bahkan jutaan cara berdoa diciptakan oleh orang-orang yang merasa sudah berilmu tinggi.

Ternyata, banyak orang yang akhirnya sedih sebab doa-doanya tidak dikabulkan oleh ALLAH. Itulah fakta yang terjadi, manusia suka berbuat semaunya sendiri menciptakan tata cara berdoa.

Datanglah ke toko-toko buku dan lihatlah betapa banyak sekali buku-buku tentang resep berdoa. Kalau dipikir-pikir dengan baik, manusia itu suka mengada-ada-kan cara-cara berdoa, menurut versinya sendiri-sendiri, menurut kemauannya sendiri.

Ada orang yang menciptakan doa dengan cara sepotong-potong ayat suci AL-QURAN yang harus diulang-ulang sekian ratus bahkan sekian ribu kali. Orang-orang sampai capek mempraktekkan resep berdoa tersebut, tetapi ujung-ujungnya doa-doa yang disampaikan tidak kunjung dikabulkan juga oleh ALLAH.

Di dalam ajaran agama Islam, ketentuan yang berlaku adalah berdoa itu langsung kepada ALLAH, tidak boleh melalui perantaraan siapapun atau apapun. Hanya kepada ALLAH saja kita menyembah dan hanya kepada ALLAH saja kita meminta pertolongan. Dilarang keras berdoa melalui perantara makhluk-makhluk ALLAH.

Sering kejadian orang-orang berdoa tetapi tidak paham bacaan arabnya yang diucapkan ratusan bahkan ribuan kali tersebut. Benar-benar aneh sekali, cara-cara berdoanya orang tersebut.

Yang paling parah adalah orang yang malas berdoa sendiri. Orang-orang tersebut meminta tolong kepada orang pintar (maksud pintar MENIPU orang lain). Pada hakikatnya, urusan berdoa tidak ada perantara antara orang yang berdoa dengan ALLAH.

Sebagai satu ilustrasi, ada seseorang kehilangan satu mobilnya. Orang tersebut kemudian meminta tolong kepada dukun atau paranormal supaya mobilnya dapat kembali kepada dirinya lagi. Ternyata, dukun tersebut malah menipu orang yang kehilangan mobil tadi. Katanya, mobilnya ada di sana. Ujung-ujungnya dukun itu minta bayaran uang yang banyak, minta syarat inilah, minta syarat itulah. Intinya, orang yang kehilangan mobil tadi ibaratnya sudah kehilangan kambing malah ditambah lagi kehilangan sapi.

Seandainya, dalam kasus orang yang kehilangan mobil tadi kenal baik dengan ALLAH, maka dapat di-PASTI-kan orang tersebut tidak akan pergi kepada seorang dukun atau orang pintar atau apapun sebutannya. Inilah pesan yang sangat penting sekali dari ALLAH: Jika ALLAH tidak bersedia menolong kami, maka dapat dipastikan TIDAK ADA siapapun mahluk ALLAH yang dapat menolong kami.

Ada satu kejadian nyata, ada orang kehilangan mobilnya. Orang ini benar-benar ikhlas kehilangan mobilnya tadi. Orang tersebut tidak pergi ke dukun atau paranormal untuk minta tolong supaya mobilnya dapat diketemukan kembali. Orang ini hanya mengandalkan berdoa kepada ALLAH saja dan hanya berharap kepada ALLAH supaya mobilnya dapat kembali lagi. Sungguh di luar dugaan, pada suatu hari, orang tersebut pergi keluar kota, kemudian berhenti makan di suatu rumah makan di pinggir jalan.

Ternyata, mobil yang hilang beberapa bulan yang lalu itu ada di garasi rumah makan tersebut. Singkat cerita, orang tadi berhasil mengambil kembali mobilnya yang hilang kemaren. Itulah bukti nyata, Jika ALLAH sudah mau menolong seseorang, maka orang tersebut berhasil menemukan kembali mobilnya yang hilang beberapa bulan yang lalu tanpa diduga-duga sama sekali.
Pada hakikatnya, satu-satunya pihak yang dapat dan sanggup menolong seorang manusia itu hanya ALLAH saja.

Oleh karena itu, apabila ALLAH sudah tidak mau menolong kita, maka dapat dipastikan TIDAK ADA siapa pun yang sanggup dan dapat menolong kita. Itulah sebabnya, kita disuruh berjanji: Hanya kepada ALLAH saya menyembah dan Hanya kepada ALLAH saya meminta pertolongan.

Pada hakikatnya, setiap pertolongan yang kita terima itu adalah pertolongan dari ALLAH. Dalam dunia nyata, proses terjadinya pertolongan tersebut melibatkan mahluk-mahluk ALLAH. Sebagai contoh, ada orang telah selesai menjalani operasi jantung dengan sukses di suatu rumah sakit. Secara lahirlah, yang menolong orang yang sakit jantung itu adalah para dokter di rumah sakit tadi. Tetapi ingatlah, pada hakikatnya, ALLAH yang telah menolong orang tersebut sehingga operasi jantungnya sukses dan berhasil sembuh.

Perhatikanlah, ada juga orang sakit yang dioperasi tetapi operasinya gagal sehingga orang tersebut malah meninggal dunia. Itu artinya, dalam bahasa agama, ALLAH tidak mau menolong orang yang sedang dioperasi tadi. ALLAH membiarkan orang tersebut. ALLAH meninggalkan orang tersebut.

Ribuan bahkan jutaan cara berdoa diciptakan dan di-ada-ada-kan oleh manusia. Pertanyaan kita adalah adakah DOA YANG TERBAIK yang dapat kita andalkan. Jawabannya adalah ada, yaitu shalat Tahajud.

Sesungguhnya, Shalat itu artinya berdoa. Nabi Muhammad SAW berpesan kalau kamu mau berdoa, perbanyaklah kamu bersujud, perbanyaklah kamu shalat. Sungguh, Shalat itulah dia yang terbaik. Apalagi kalau kita berdoa di saat jutaan orang sedang tertidur lelap di malam hari. Itulah waktu terbaik saat dia cepat dikabulkan oleh ALLAH. Itulah salah satu alasan ALLAH menyuruh kita untuk bangun di malam hari dan mendirikan SHALAT TAHAJUD yang lama.

ALLAH berpesan di dalam Kitab Suci AL-QURAN bahwa Jadikanlah Sabar dan Shalat sebagai sebab paling utama datangnya pertolongan ALLAH kepada kamu. Sabar artinya kita tidak dapat memaksa ALLAH untuk segera secepat mungkin supaya doa kita dikabulkan. Resep yang kedua setelah sabar adalah kita memperbanyak mendirikan SHALAT. Sesuai petunjuk ALLAH, Shalat yang paling utama adalah SHALAT TAHAJUD sebagai bentuk doa yang terbaik.

Doa yang terbaik adalah memperbanyak sujud, terutama di waktu malam hari di saat sebagian besar manusia sedang tertidur pulas dan terlelap, di saat sebagian orang melupakan ALLAH. Jika manusia sedang melupakan ALLAH, maka ALLAH pasti juga melupakan orang tersebut.

Waktu di malam hari merupakan waktu pembuka doa-doa dikabulkan dengan cepat oleh ALLAH. Dengan tekun dan gigih mendirikan SHALAT TAHAJUD di setiap malam hari, banyak hadiah istimewa dari ALLAH yang kadang tidak kita minta sewaktu berdoa tersebut justru diberikan kepada kita. Itulah bukti bahwa SHALAT TAHAJUD merupakan doa yang terbaik diantara jutaan macam-macam doa yang diada-adakan oleh manusia. Berdoalah menurut petunjuk ALLAH. Mulai sekarang, dirikanlah SHALAT TAHAJUD di setiap malam hari, maka anda pasti membuktikan dan merasakan bahwa ternyata benar bahwa doa yang terbaik itu bernama SHALAT TAHAJUD.

Itulah pelajaran tentang SHALAT TAHAJUD kita pada hari ini yang disampaikan oleh HAKATINDO (Himpunan Keluarga Tahajud Indonesia), MOTIVATOR SHALAT TAHAJUD NO. 1 DI INDONESIA. Semoga kita dapat diberi kekuasaan untuk bangun di tengah malam dan mendirikan Shalat Tahajud yang lama di setiap malam hari.

Kita sangat membutuhkan bantuan dan pertolongan ALLAH dalam setiap urusan yang sedang kita hadapi dan kita kerjakan. Segala urusan dan perkara keputusan terakhirnya ada pada ALLAH. Itulah sebabnya kita harus memotivasi diri kita sendiri dan keluarga kita untuk rajin serta tekun mendirikan SHALAT TAHAJUD yang lama di setiap malam hari.

DR. Noorchamid Ustadi, MSi. Motivator Shalat Tahajud No 1 di Indonesia 

***