Mengenal Telur Ayam Organik Lebih Dekat

Induk ayam yang tidak divaksinasi dengan tepat, dapat menghasilkan telur yang membawa bakteri Salmonella meskipun sudah diberi pakan khusus.

Selasa, 31 Mei 2022 | 22:28 WIB
0
40
Mengenal Telur Ayam Organik Lebih Dekat
telur ayam organik

Telur organik merupakan telur yang bebas dari bahan kimia berbahaya. Telur ini dikatakan lebih sehat dari pada telur biasa. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda tahu sebelum memakan telur ini. Pada artikel ini, kita akan membahas telur ayam organik.

Apa Itu Telur Organik?
Dilansir dari Kompas, telur organik merupakan telur yang diperoleh dari ayam yang diberi pakan bebas bahan kimia berbahaya seperti pestisida, herbisida, dan pupuk komersial. Memakan telur ini memiliki risiko mengonsumsi antibiotik, bahan kimia, dan logam berat yang lebih rendah dari pada jika Anda memakan telur biasa.

Pakan ayam yang bebas dari bahan kimia memanglah lebih mahal dari pada pakan ayam biasa. Hal ini menyebabkan harga telur organik di pasaran lebih tinggi dibanding telur biasa.

Jika dilihat dari sisi luarnya, telur ini tidak berbeda dengan telur biasa. Untuk bisa melihat perbedaannya, Anda perlu melihat ke bagian dalamnya. Telur organik memiliki kuning telur yang lebih padat dan berwarna cenderung lebih jingga. Selain itu, jika Anda memakannya, telur ini terasa lebih gurih dan lebih berlemak dari telur ayam biasa.

Apa Kelebihan Telur Organik?
Kelebihan yang dimiliki telur ini tentu adalah kandungan bahan kimia yang jauh lebih rendah dari pada telur ayam biasa, meskipun tidak bisa dipastikan apakah semua telur yang diberi label “organik” ini semuanya tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Bahan kimia yang terkandung dalam pestisida, herbisida, dan pupuk komersial memiliki dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Berikutnya, telur ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari telur ayam biasa. Kandungan protein yang tinggi ini berasal dari pakan alami yang berasal dari tumbuhan maupun hewan.

Meskipun diberi pakan yang terbebas dari bahan kimia, tapi telur ini belum tentu terbebas dari bakteri Salmonella. Bakteri Salmonella bisa menginfeksi jika induk ayam tidak divaksinasi dengan tepat. Tidak semua peternakan memberi vaksin ayamnya dengan tepat. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati saat ingin mengonsumsi telur, bahkan telur organik sekalipun.

Baca Juga: Tips Menurunkan Berat Badan dengan Alami dan Sehat

Bagaimana Cara Mengonsumsinya yang Baik dan Benar?
Induk ayam yang tidak divaksinasi dengan tepat, dapat menghasilkan telur yang membawa bakteri Salmonella meskipun sudah diberi pakan khusus. Untuk itu, Anda harus berhati-hati saat akan mengolah atau mengonsumsi telur. Perhatikan hal berikut sebelum mengolah atau mengonsumsi telur:

  • Masak telur hingga matang. Untuk membuat telur rebus, rebuslah telur minimal selama 7 menit. Sedangkan untuk telur goreng, pastikan Anda menggoreng kedua sisi telur secara merata.
  • Jika Anda ingin membuat telur setengah matang, pastikan Anda membelinya dari peternakan berkualitas yang memberikan vaksin secara tepat kepada ayamnya.
  • Sebelum mengolah telur, pastikan Anda telah mencuci tangan dan memastikan semua peralatan yang akan Anda gunakan dalam kondisi bersih untuk menghindari penyebaran bakteri.
  • Jangan mengolah telur yang cangkangnya sudah retak.
  • Jika Anda menyimpan telur di dalam lemari pendingin, pastikan Anda menyimpannya dibawah 28 hari untuk telur mentah, dan dibawah 3 hari untuk telur yang telah direbus.
  • Segera konsumsi telur yang sudah Anda olah. Jangan biarkan telur yang sudah Anda olah lebih dari 2 jam di suhu ruangan.

Kesimpulan

Telur organik merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang peduli dengan kesehatan tubuh Anda. Selain terbebas dari bahan kimia berbahaya, telur ini juga memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari telur ayam biasa. Meskipun demikian, Anda tetap harus berhati-hati sebelum mengonsumsi telur ini, karena masih ada kemungkinan telur ini membawa bakteri Salmonella.

Jika Anda ingin membeli telur organik berkualitas tinggi yang terbebas dari bakteri Salmonella, telur Indofarm solusinya. Semua telur yang diproduksi oleh Indofarm terbebas dari bakteri Salmonella. Hal ini dikarenakan Indofarm selalu menjaga kualitas ayam petelurnya.

Telur indofarm lebih sehat dan bernutrisi untuk dikonsumsi keluarga Anda karena semua ayam Indofarm dipelihara secara organik dengan sistem free-range di peternakan sendiri. Peternak kampung berpengalaman menjaga ayam dengan pakan yang alami seperti jagung, beras, dan biji-bijian, sehingga menghasilkan telur yang penuh nutrisi.

Baca Juga: Awas! Bahaya Bakteri Salmonela Pada Makanan yang Tidak Matang

Selain diproduksi secara organik, telur Indofarm juga mengandung omega 3 yang tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan Anda. Kunjungi website Indofarm jika Anda tertarik, Anda juga dapat mengunjungi laman produk Indofarm untuk mempelajari beragam jenis telur yang tersedia dan melakukan pemesanan.