Cara Memerangi Stress COVID -19

Fokus pada perawatan diri. Pastikan kita tidur, berolahraga, dan makan makanan yang sehat. Peran model perawatan diri untuk anak-anak kita.

Selasa, 24 Maret 2020 | 17:35 WIB
0
436
Cara Memerangi Stress COVID -19
ilustr: Dream House

Gunakan perspektif, tujuan, pemikiran positif dan produktivitas untuk mengelola stres

Berikut ini adalah prinsip panduan untuk membantu keluarga selama masa pandemi COVID-19 ini.

1. Perspektif

Menjaga perspektif berarti bahwa orang harus mencoba melihat sesuatu dalam hubungan yang tepat dengan gambaran yang lebih besar. Meskipun akurat bahwa pandemi telah menciptakan perasaan tidak dapat diprediksi, reaksi kita terhadap apa yang terjadi sangat mengendalikan kita dan memiliki dampak pamungkas pada seberapa baik kitai menjalani krisis ini.

2. Tujuan

Banyak anak-anak dan remaja yang bosan dan tidak mengerti mengapa mereka tidak bisa melakukan apa yang mereka inginkan, lagipula, mereka tidak memiliki virus, kan? Para pemuka masyarakat mengatakan yang terbaik ketika dia memberi tahu orang-orang di sekitar bahwa tujuan mereka adalah melakukan bagian mereka untuk mengatasi pandemi ini. Anak-anak dan remaja perlu memahami bahwa menjaga tempat berlindung di tempat adalah melakukan bagian mereka. Kita mungkin merasa tidak berdaya menghadapi situasi ini, namun tujuan kita adalah membantu mengendalikan virus.

3. Berpikir Positif

Berpikir positif telah membantu manusia mengatasi begitu banyak kesulitan. Normal Vincent Peale, menggambarkan fenomena ini pada tahun 1952 dalam bukunya yang terkenal, The Power of Positive Thinking. Sejak saat itu banyak penelitian telah memvalidasi hipotesisnya bahwa berpikir positif mengarah pada hasil positif. Menjadi sukses saat menjalani pandemi ini akan membutuhkan pemikiran positif. Di sisi lain, kekhawatiran kronis akan meningkatkan kortisol dan fungsi kekebalan tubuh yang lebih rendah membuat orang lebih rentan terhadap virus dan masalah lainnya.

4. Produktivitas

Sebagian besar dari kita memiliki lebih banyak waktu karena kita di rumah sepanjang hari, setiap hari. Jadilah produktif dengan mempelajari keterampilan atau hobi baru. Kita punya waktu dan memanfaatkannya dan menjadi mahir dalam sesuatu yang berarti bagi kita.

Dengan mengingat prinsip-prinsip panduan ini, pertimbangkan strategi berikut untuk mengatasi tantangan spesifik.

1. Kembangkan dan ikuti rutinitas. Tetapkan waktu bangun dan waktu tidur, atur waktu makan, dan garis besar struktur untuk hari itu untuk kita dan anak-anak kita. Hari itu harus dimulai dengan nada positif dan termasuk kegiatan belajar, olahraga, waktu luang, tugas dan waktu keluarga. Bisnis seperti biasa adalah sikap terbaik untuk membantu anak-anak memiliki rasa kendali dan normal. Anak-anak harus melakukan tugas sekolah yang ditugaskan kepada mereka. Menempatkan sedikit harapan pada anak-anak akan membuat transisi mereka kembali ke sekolah menjadi sulit. Cobalah untuk membuat hal-hal terasa normal dengan harapan yang masuk akal.

2. Cegah isolasi sosial dengan melonggarkan pembatasan penggunaan telepon anak untuk mengirim pesan teks kepada teman. Pantau teks sesuai kebutuhan tetapi izinkan akses ke teman. Untuk anak kecil, atur obrolan video dengan teman.

Orang dewasa harus memprioritaskan koneksi luar mereka. Lakukan kontak teratur dengan teman dan anggota keluarga dan pimpin dengan memberi contoh dengan nada optimisme dan harapan.

3. Sumber informasi terbaik ada di situs web untuk pusat pengendalian penyakit dan Organisasi Kesehatan Dunia. Batasi asupan berita dari Facebook dan dari televisi karena orang mungkin menjadi lebih cemas ketika dipengaruhi oleh ketakutan dan keraguan orang lain.

4. Menjadi terlalu sombong sudah ketinggalan zaman. Mintalah bantuan dari tetangga jika kita membutuhkan sesuatu di toko. Kita semua sangat mandiri dan itu kontraproduktif dalam iklim ini. Terapis mempraktekkan telehealth dan pada dasarnya praktik mereka berfungsi sebagai hotline virtual bagi masyarakat untuk mengakses. Asuransi akan membayar. Tidak ada alasan untuk tidak meminta sesi konseling dalam iklim ini.

5. Pertimbangkan praktik perhatian; suatu keadaan di mana seseorang sepenuhnya hadir pada saat itu dan menyadari pikiran dan perasaan mereka pada saat itu.

6. Fokus pada perawatan diri. Pastikan kita tidur, berolahraga, dan makan makanan yang sehat. Peran model perawatan diri untuk anak-anak kita.

7. Hargai waktu keluarga kita. Terlibat dalam berjalan-jalan berkualitas, bermain game, menikmati relasi satu sama lain. Hindari topik percakapan yang membuat stres yang akan menambah stres yang sudah kita alami.

8. Jangan bereaksi berlebihan terhadap COVID-19 dengan mengukur suhu tubuh anak kita ketika itu tidak dijamin. Alih-alih, percayalah kita akan tahu kapan mereka sakit seperti sebelumnya. Jika kita atau anak kita sakit, jangan anggap COVID-19. COVID-19 memiliki sedikit dampak yang terdokumentasi pada anak-anak yang sehat.

9. Dorong anak-anak untuk menulis dan menggambar tentang pengalaman mereka. Ini adalah saluran keluar yang hebat serta catatan sejarah seperti apa hidup ini dengan COVID-19.

Demikianlah sekadar panduan serta strategi dalam menghadapi situasi pandemi kali ini. Tetap semangat dan senantiasa menjaga kesehatan dengan hidup bersih.

***
Solo, Selasa, 24 Maret 2020. 5:16 pm
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko