Tingkatkan Layanan Kesehatan, Lapas Kelas I Malang Berikan Pelatihan Kader Kesehatan

Kamis, 31 Agustus 2023 | 11:30 WIB
0
26
Tingkatkan Layanan Kesehatan, Lapas Kelas I Malang Berikan Pelatihan Kader Kesehatan
Tingkatkan Layanan Kesehatan, Lapas Kelas I Malang Berikan Pelatihan Kader Kesehatan | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Kamis (31/08/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur memberikan pelatihan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang tergabung dalam Kader Kesehatan di Klinik Paricara.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kabid Pembinaan, Budi Purwadi yang didampingi tenaga Medis Klinik Paricara Lapas Kelas I Malang pada 12/08/2023. Pelatihan Kader Kesehatan bagi WBP ini merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan kesehatan di Lapas Kelas I Malang.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan kepada para WBP, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan dalam lingkungan Lapas Kelas I Malang.

"Kami harap Kader kesehatan bisa jadi teladan kesehatan dan penyampaian informasi tentang pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan yang bersih bagi WBP di lingkungan Lapas," ungkap Budi Purwadi, Kabid Pembinaan.

Kader Kesehatan ini dibekali pengetahuan seputar pentingnya menjaga Kesehatan dan pertolongan pertama yang bisa bermanfaat bagi pribadinya dan WBP lain serta bisa bermanfaat saat kembali ke masyarakat setelah menjalani pidana nantinya.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jatim memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Lapas Kelas I Malang atau Lapas Siji Malang (L'Sima) memiliki jargon APIK (Akuntabel, Profesional, Inovatif dan Kreatif).


L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)