Maison Chopard dan CTC Indonesia Bangun Sekolah PAUD Ramah Lingkungan

Sabtu, 12 Agustus 2023 | 20:23 WIB
0
45
Maison Chopard dan CTC Indonesia Bangun Sekolah PAUD Ramah Lingkungan
PAUD Al Fatih Sunnah

Jakarta - Maison Chopard perusahaan jam tangan dan perhiasan asal Swiss bekerja sama dengan CTC Indonesia, membangun sekolah yang dibangun dari donasi sebesar 188 ribu dolar AS.

Salah satunya yakni PAUD Al Fatih Sunnah, sebuah taman kanak-kanak yang diubah menjadi sekolah ramah lingkungan dengan menggunakan balok-balok yang terbuat dari sampah plastik.

Sekolah ini sekarang memiliki dua ruang kelas yang nyaman yang terbuat dari bata ramah lingkungan (terbuat dari sampah plastic), toilet, mainan edukatif, dan taman bermain.

Dari dua ruang kelas tersebut, setiap ruang kelas yang dibangun menggunakan bahan balok yang dapat mengurangi 1-2 ton sampah plastik dari lingkungan.

Fasilitas yang ditingkatkan tidak hanya secara lansung bermanfaat bagi anak-anak, tetapi juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan lingkungan belajar.

Infrastruktur yang lebih baik akan memfasilitasi akreditasi, yang akan menguntungkan para guru dan siswa karena ini adalah salah satunya taman kanak-kanak di Desa Wureh, kecamatan Adonara Barat.

Selain itu, dalam kolaborasi dengan CTC PT Fastdata Teknologi Asia juga dilakukan perluasan sekolah SD Antara Pustaka. Sejak program pembangunan kembali dimulai pada bulan Januari 2022, sebanyak 817 anak telah menerima manfaat dari fasilitas yang ditingkatkan dan lingkungan belajar yang kondusif.

Dukungan Chopard dan CTC untuk perluasan SD Antara Pustaka meliputi pembangunan ruang kelas, 12 toilet, perpustakaan dan ruang koneksi internet teknologi tinggi.

Kehadiran ruang koneksi internet memiliki arti penting karena hal yang sangat langka di antara sekolah-sekolah di wilayah Adonara.

Ruang koneksi internet berfungsi sebagai tempat menarik bagi siswa, mendorong pengetahuan terhadap dunia luar, keterampilan literasi dan eksplorasi dunia yang kita kenal.

Managing Director Asia dan Oseania di CTC, Ellon Pittburn mengatakan apa yang dilakukan dalam kolaborasi ini sejalan denagn komitmen Chopard dan CTC.