Sulitnya Pembuktian Pelecehan Seksual

Si wanita yang berstatus sosial jauh lemah ya memendam rasa saja, sambil berupaya mencari pekerjaan lain yang cukup sulit di zaman sekarang ini.

Jumat, 22 Juli 2022 | 18:50 WIB
0
111
Sulitnya Pembuktian Pelecehan Seksual
Ilustrasi pelecehan seksaual (Foto: sehatq.com)

Menurut saya, kasus pelecehan seksual ini sangat sulit. Sulit untuk dicari pembuktiannya. Nyaris mustahil si pelapor punya rekaman video pada saat si pelaku meremas-remas payudaranya, misalnya. Kecuali kalo kebetulan di situ ada CCTV yang merekamnya. Tapi si pelaku (yang nota bene adalah bos dari si pelapor) tentu tidak bodoh melakukan pelecehan seksual di bawah sorotan CCTV. Dia pasti melakukannya di ruangan tertutup yang bebas dari CCTV.

Banyakkah bos-bos yang punya hobi melecehkan seksual kepada karyawan wanitanya?

Menurut saya, cukup banyak, meskipun saya tidak punya bukti untuk itu. Karyawan wanita yang cuma "sekedar" diraba-raba anggota tubuhnya, mungkin hanya memendam rasa karena toh dia membutuhkan pekerjaan untuk menghidupi dirinya atau keluarganya. Tidak pernah terpikir untuk melaporkan kapada polisi untuk perbuatan tak senonoh ini. Karena urusannya jadi panjang, harhs dipanggil bolak-balik ke kantor polisi, tuduhan dia memfitnah atau memeras bosnya, kemungkinan dipecat dari pekerjaannya dsb. 

Masih ingatkah Anda kasus tuduhan pelecehan seksual kepada pengacara papan atas Hotman Paris oleh salah seorang aspri (asisten pribadi)-nya. Apa yang terjadi kemudian. Si aspri yang cantik dan seksi langsung mengkeret kena ancaman mantan bosnya. Istilahnya ini semut melawan raksasa. Apalagi setelah "ditelanjangi" latar belakang kehidupannya yang tidak suci-suci amat, misalnya kata HP dia itu janda beranak satu, pekerjaannya jadi pemandu karaoke, kira-kira seperti itu. 

Anda mungkin juga pernah mendengar cerita pelecehan seksual yang dilakukan oleh konglomerat besar Donald Trump (sebelum dia jadi presiden). Dengan entengnya dia menggerayangi selangkangan karyawan wanitanya, kadang-kadang disaksikan oleh karyawan lainnya. Dengan entengnya dia menceritakan "dirty jokes" kepada teman-teman bisnisnya tentang cewek A, B atau C yang sudah dicicipinya sambil ketawa-ketawa. 

Ini dua contoh tentang betapa powerful-nya mereka melakukan pelecehan seksual tanpa takut mendpt sanksi hukum, apalagi sanksi sosial. Si wanita yang berstatus sosial jauh lemah ya memendam rasa saja, sambil berupaya mencari pekerjaan lain yang cukup sulit di zaman sekarang ini. Artinya tidak mungkin dia resign begitu saja gara-gara pelecehan seksual. 

Jadi, terhadap kasus pelecehan seksual Julianto Eka Putra yang sedang bergulir di pengadilan sekarang, saya katakan ini kasus yang sulit sekali bagi pelapor untuk menang.

Karena apa? Karena barang bukti sangat lemah. Saya mendengar waktu korban melapor kepada polisi, dia disuruh visum sebagai persyaratan hukum. Tapi apanya yang mau divisum kalo cuma diraba-raba payudaranya.

Andaikata pun ada "pemerkosaan" visum ini tidak bermakna kalo kejadiannya sudah 1-2 tahun yang lalu. Belum lagi, argumentasi pembela hukum "suka sama suka" (consensual sex) kalo si pelapor sudah bukan di bawah umur. Pokoknya sulit banget dibuktikan pelecehan seksual ini.

***