Siap-Siap Beli Mobil Baru

Sayangnya buku tidak bisa menandingi. Ikatan paling personal sejauh pengakuan orang-orang yang mengalami kesulitan tidur, menbaca adalah obat mujarab.

Minggu, 9 Januari 2022 | 21:40 WIB
0
78
Siap-Siap Beli Mobil Baru
Ilustrasi buku Bentang Pustaka (Foto: Dok. pribadi)

Salah satu berita yang heboh adalah GIIAS yang dihelat hingga 21 November 2021. Beberapa mobil konsep dan all-new product mewujud di sini. Ada yang menawarkan kabin yang lega, suspensi yang dibuat lebih nyaman, teknologi penginderaan canggih sampai mobil elektrifikasi.

Yang tak kalah seru juga reviewernya. sejumlah kanal populer sudah pasti menyesaki konten sosmed mereka dengan foto-foto ekslusif, first review, first drive, tes jalan, kupas tuntas beberapa fitur baru, unik, berbeda sambil dibandingkan dengan produk kompetitor di segmen sejenis. Setelah rilis beberapa produk ini nanti akan menjadi best-seller atau cuma terjual puluhan saja setiap bulannya.

Kalo dipikir-pikir agak mirip sama buku. cuma harga per pcs-nya bedanya antara langit dan bumi, itupun masih pulang-pergi ribuan kali. Menyoal buku baru tentu tidak ada suspensi baru yang membuat nyaman selama berkendara, tapi buku baru mungkin punya suspensi yang membuatmu bertahan dari putus asa, ia memberikan pijakan atas realitas yang keras dan harapan yang mungkin belum terlihat solid.

Kendaraan roda-empat selapang apa pun, ia punya keterbatasan. Favorit keluarga Indonesia adalah tujuh penumpang. Lexus untuk gaya sultan, atau cukup MPV serba bisa asal mau dempet-dempetan.

Olala, tapi buku bahkan dapat menampung ribuan pembaca, ratusan ribu sampai jutaan bahkan. Dimensinya kecil saja, kalau didekati secara close-up tak akan ada empat roda di sana. Seluruh bodynya tidak canggih dan tidak dilengkapi dengan teknologi yang dapat menahan benturan, bahkan kena air saja ia pasti binasa.

Tapi, buku sudah menggerakkan peradaban sampai hari ini. Teks rupanya punya kekuatan menyihir, menggerakkan imajinasi menjadi imaji--membentangkan lanskap pengetahuan yang sampai saat ini masih selalu ditemukan aneka ilmu baru.

Pada pesta GIIAS dan atau pesta otomotif dunia, yang lebih hebat kendaraan masa depan diberkati dengan penginderaan. Layaknya mesin yang pintar, ia mengindera lingkungan: nyetir sendiri, patuh di jalurnya dan bisa balik lagi kalo melanggar garis, bahkan bisa berhenti mendadak jika pengemudinya terindera microsleep, atau sekadar lupa ngerem karena asyik posting sambil nyetir tanpa sadar lingkungan sekitarnya.

Untuk ini, sayangnya buku tidak bisa menandingi. Ikatan paling personal sejauh pengakuan orang-orang yang mengalami kesulitan tidur, menbaca adalah obat mujarab.

Eniwei, berkat ketersediaan head-unit dan aplikasi berbasis IOS atau Android, kini buku sesekali bisa hadir di ruang dengar pemirsa di dalam kabin. Coba mainkan presave playlist Rapijali 3 dan tunggu edisi cetaknya dalam waktu dekat. Spoiler: produk ini tidak dilengkapi AC digital dan adaptive cruise-control. Read at your own risk.

***