Implementasi Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar

Selasa, 25 April 2023 | 22:39 WIB
0
106
Implementasi Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar
Jurnal Implementasi Pendidikan Karakter yang dilaksanakan di sekolah dasar oleh Dosen Prima Trisna Aji dan Elinda Rizkasari/Foto : Dokpri

Solo – Anak Sekolah dasar merupakan fase dimana daya tangkap anak mencapai fase tertinggi dalam mengingat sesuatu. Di rentang Sekolah dasar peran pendidik adalah membentuk karakter atau kebiasaan siswa supaya bisa menjadi lebih baik. Salah satu pendidikan yang sangat perlu diimplementasikan adalah pendidikan karakter.

Pendidikan Karakter merupakan sistem pendidikan yang disiapkan serta dilaksanakan untuk menanamkan pendidikan karakter pada siswa baik dilingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Tujuan pendidikan karakter sendiri adalah untuk membekali anak sekolah tentang adab serta sopan santun, membangun karakter siswa yang baik, mengubah kebiasaan yang buruk menjadi kebiasaan yang baik, meningkatkan prestasi akademik siswa dan membuat siswa lebih mandiri tangguh dan bertanggung jawab.

Usia anak dari lahir hingga umur 4 tahun merupakan kategori fase usia Golden period atau Periode emas bagi anak. Yang dimaksud dengan fase emas adalah dimana daya tangkap atau daya ingat otak anak memiliki daya ingat yang sangat cepat dan baik. Sehingga pada fase emas pada anak digunakan dengan semaksimal mungkin untuk memberikan pendidikan karakter pada anak.

Menurut Penelitian Prima Trisna Aji (2023) setidaknya ada 5 cara untuk membangun pendidikan karakter siswa disekolah yaitu : Guru memberikan contoh suri tauladan yang baik bagi siswa, Menyampaikan pesan moral pada siswa ketika pembelajaran berlangsung dikelas, memberikan penghargaan apresiasi bagi siswa, bersikap jujur terbuka dan memberikan inspirasi bagi siswa.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji dan Dosen prodi PGSD Universitas Slamet Riyadi Surakarta yaitu Elinda Rizkasari mengadakan penelitian dengan judul Implementasi Pendidikan karakter bagi siswa di SDN I Jumapolo karanganyar. Hasil dari penelitian tersebut bahwa di SDN I Jumapolo Karanganyar sudah menerapkan pendidikan karakter dengan baik bagi siswa sekolah dasar.

Implementasi Pendidikan Karakter yang sudah dilaksanakan antara lain adalah Rapat bersama warga sekolah setiap tahun ajaran baru, menghargai kreatifitas anak didik, menjalin hubungan harmonis antar guru dan siswa, menerapkan keteladanan mandiri, Berdoa sebelum dan setelah pelajaran. Untuk perencanaan pendidikan karakter meliputi : menciptakan kondisi kelas yang kondusif, menyusun kurikulum pendidikan karakter, pengelolaan ruang kelas yang baik, menciptakan kodisi yang kondusif diluar kelas.

Yang terakhir setelah melakukan implementasi pendidikan karakter kemudian melakukan evaluasi antara lain : Kerja sama dengan orang tua siswa, pemantauan perilaku siswa didalam sekolah dan mengadakan kunjungan ke rumah siswa.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa penguatan pada pendidikan karakter akan berpengaruh positif terhadap peningkatan moral siswa dengan meningkatnya pengetahuan tentang moral, meningkatnya perasaan serta sikap moral siswa dan meningkatnya tindakan serta perbuatan moral siswa. *Red