Hidup

Jalanilah hidup ini dengan bersahaja dan kendali penuh atas diri sendiri!

Minggu, 14 Maret 2021 | 11:57 WIB
0
171
Hidup
Kehidupan (Foto: Bola.com)

Hidup yang sebenarnya bukan tentang jadi siapa kita. Tapi tentang bagaimana kita menjalaninya. Seorang penjahat, meskipun terdengar buruk dan bisa merugikan orang lain, bisa jadi seseorang melakukannya karena terpaksa. Tanpa bermaksud membenarkan perbuatan jahat tersebut, mungkin saja seseorang tadi sudah tidak punya pilihan lain, mau tidak mau jalan tersebut terpaksa dilakukannya.

Maka seandainya kita ada di posisi seseorang tersebut apa kita berani menilai perbuatan jahatnya itu salah? Saya rasa tidak!

Begitu juga dengan seseorang yang memilih jadi orang baik. Bisa jadi pilihannya itu karena keadaan benar- benar mendukungnya untuk jadi orang mulia. Sehingga ketika menjalani hidup dipenuhi kebaikan-kebaikan semata. Tetapi apakah semua orang punya kesempatan untuk jadi orang baik tersebut?

Bisa ya, bisa tidak. Sejatinya semua orang itu bisa punya kesempatan. Tetapi tidak semua orang bisa memanfaatkan kesempatan itu.

Jadi, apa yang benar dan apa yang salah dalam hidup ini?

Saya rasa, hanya diri kita sendiri yang bisa menjawabnya. Lakukan semua yang bisa kita lakukan! Jika kita menganggap itu sesuatu hal yang baik buat diri kita, meskipun orang lain berpikir sebaliknya, maka jangan ragu untuk melakukannya.

Karena kita punya hak untuk menjadi apa yang kita inginkan. Kita tidak butuh kendali orang lain atas diri kita.

Percayalah, jika yakin dengan pilihan kita, dan dengan teguh melakukannya, sejatinya kita sudah menjadi manusia seutuhnya.

Manusia yang tidak punya pendirian dalam hidup, sama aja dengan hewan peliharaan yang diikatkan rantai di lehernya, atau seperti hewan yang ditaruh dikandang, atau seperti hewan yang tinggal di sebuah sangkar.

Meskipun sangkar itu terbuat dari emas tetap saja hidup tergantung si empunya peliharaan. Maka jalanilah hidup ini dengan bersahaja dan kendali penuh atas diri sendiri!

***