4 Hobi yang Bisa Dijadikan Bisnis

Mengikuti rasa ingin tahunya, dia menemukan jalan yang jarang dilalui. Dan jalan yang jarang dilalui membawanya ke ketinggian yang belum pernah dijelajahi siapa pun.

Jumat, 22 Juli 2022 | 21:33 WIB
0
86
4 Hobi yang Bisa Dijadikan Bisnis
image: Creative Boom

“Temukan apa yang Anda sukai dan jadilah ahli dalam hal itu” adalah kata-kata Steve Jobs dalam pidato pembukaannya di Stanford pada tahun 2005.

Klise mungkin, tetapi naik bus pada jam 6 pagi pada hari Senin akan membuat orang menyadari bahwa banyak yang tidak menyukai pekerjaan yang mereka lakukan.

Apakah Anda bangun setiap pagi bersemangat untuk pergi bekerja? Atau apakah Anda hanya orang lain di bus jam 6 pagi menuju pekerjaan yang tidak Anda sukai?

Jika Anda menjawab yang terakhir, maka mungkin inilah saatnya untuk mengubah pola pikir Anda. Mungkin, pikirkan tentang hobi Anda yang bisa diubah menjadi bisnis.

Bisakah Hobi Menjadi Bisnis?

Rahasia sukses Steve Jobs adalah sebagai berikut: Alih-alih mengubah aspek diri Anda agar sesuai dengan karier, Anda dapat membentuk karier Anda dan menciptakan jalur unik menuju kesuksesan.

Ketika Anda bekerja dari tempat yang penuh cinta, berinvestasi di malam kerja tanpa tidur bukanlah beban — itu adalah kecanduan yang tidak bisa Anda hentikan. Anda menjadi unik tak tergantikan, mempersenjatai diri dengan gudang keterampilan kreatif dan teknis yang orang lain tidak dapat bersaing dengannya.

Tes lakmus sederhana untuk menentukan apakah Anda berada di jalan yang benar adalah dengan bertanya pada diri sendiri, "Apakah saya bersemangat untuk liburan saya berikutnya?"

Orang-orang yang mencintai apa yang mereka lakukan tidak memiliki alasan untuk melarikan diri, dan gagasan tentang liburan tidak lagi memiliki daya tarik yang sama.

Berani Melakukan Perjalanan di Jalan yang Jarang Dijalani

Masyarakat memberi tahu kita bahwa kesuksesan berarti pekerjaan bergaji tinggi di perusahaan yang bereputasi baik, dan bagi sebagian orang, ini mungkin benar. Tetapi bagi orang lain, mereka hanya dibayar untuk melupakan impian mereka dan membangun impian orang lain.

Memahami rangkaian peristiwa apa yang menyebabkan seseorang terjebak dalam pekerjaan yang tidak mereka sukai adalah mengetahui mengapa berinvestasi dalam hobi Anda sangat penting. Mari kita mundur beberapa langkah dan mengamati masalah ini dari perspektif makro.

Menemukan diri sendiri di bus jam 6 pagi yang takut akan pekerjaan hari ini bukan karena beberapa keputusan yang buruk baru-baru ini, melainkan satu kesalahan perhitungan prioritas yang sangat penting di awal karier seseorang.

Orang sering memilih uang daripada pengetahuan, dan rahasianya di sini adalah melakukan perjalanan di jalan yang jarang dijalani. Jauh lebih mudah untuk menemukan cara menghasilkan uang dengan melakukan sesuatu yang Anda sukai, daripada melakukan sesuatu yang menghasilkan uang dengan harapan Anda akan jatuh cinta pada prosesnya.

Fokus Anda harus menggunakan waktu berharga Anda untuk menjadi ahli dalam perdagangan Anda. Uang bukanlah fokus. Ini hanya produk sampingan dari melakukan sesuatu yang benar-benar luar biasa.

Ajukan pertanyaan ini: Jika Anda tidak perlu khawatir tentang uang lagi, apa yang akan Anda lakukan selama sisa hidup Anda?

Itulah fondasi yang harus Anda bangun, dan bagi banyak orang, itu akan membangun mata pencaharian mereka di sekitar hobi favorit mereka.

Memanfaatkan Kesuksesan dari Jarak Jauh dan Secara Digital

Tidak semua hobi diciptakan sama. Sebelum kita menyelami hobi mana yang dapat dimanfaatkan untuk kesuksesan luar biasa, mari kita kenali kesamaan atribut yang mengubah hidup.

Apa pun yang bukan fisik adalah tempat yang bagus untuk memulai. Ini semua tentang 0 dan 1. Itu tidak berarti Anda tidak dapat menemukan kesuksesan luar biasa dalam mengubah hobi menjadi toko Amazon, tetapi menciptakan fondasi yang murni di bidang digital memberi Anda fleksibilitas luar biasa, kebebasan navigasi, dan audiens target global.

Datang untuk bekerja di alamat tertentu untuk jumlah jam tertentu setiap hari adalah praktik yang diperlukan di masa lalu, tetapi penyelaman kita ke dunia digital telah membuat praktik birokrasi tertentu menjadi tidak efisien.

Jika seseorang mencari hikmah dari pandemi COVID-19, akan banyak biaya overhead dan praktik yang kita pikir penting untuk perusahaan yang sukses tidak kurang dari kebisingan yang menghabiskan biaya, waktu, dan energi yang berharga.

Misalnya, seseorang dapat membuang waktu hingga tiga jam setiap hari untuk mempersiapkan pekerjaan dan pulang pergi dari kantor ke rumah. Plus, sebagian besar bisa setuju bahwa bilik tidak cocok untuk tempat yang menyenangkan.

Ketika keterampilan Anda hanya dapat digunakan di area terbatas, Anda memiliki lebih sedikit pilihan dan lebih mungkin untuk menerima kesepakatan yang buruk. Ketika keahlian Anda dapat digunakan di seluruh dunia, Anda memiliki jutaan klien potensial untuk dipilih.

4 Keterampilan dan Hobi yang Bisa Dijadikan Bisnis

Di masa lalu, kita memiliki kekuatan prediksi ekonomi yang kuat. Kita akan melihat profesi apa yang dibutuhkan, menginvestasikan empat tahun di perguruan tinggi untuk mengembangkan keterampilan khusus, dan menerapkan keterampilan itu dengan bekerja di pekerjaan bergaji tinggi.

Ini masih berlaku dalam beberapa kapasitas. Tetapi berinvestasi dalam serangkaian keterampilan khusus untuk pasar tertentu menempatkan Anda pada risiko yang serius.

Mengingat tingkat pertumbuhan teknologi yang eksponensial, lingkungan kita berubah dengan cepat dan tidak terduga. Seseorang harus mempelajari berbagai keterampilan untuk dapat menavigasi pasang surut.

Pandemi juga menunjukkan kepada kita bahwa ekonomi tidak kenal ampun, dan mereka yang tidak dapat beradaptasi dengan cepat binasa. Nah, inilah empat keterampilan dan hobi yang bisa dijadikan bisnis yang harus Anda pelajari.

1. Menulis Kreatif Sebagai Hobi

Banyak dari kita memiliki pikiran yang sangat kreatif dan menemukan bahwa yang kita butuhkan hanyalah pena dan kertas untuk menceritakan kisah yang menarik. Berjam-jam yang dihabiskan untuk mengekspresikan pemikiran Anda di atas kertas dapat diulang dalam segala macam cara yang menguntungkan dan kreatif. Ceruk yang sangat Anda kenal (teknologi, kesehatan, keahlian memasak) dapat memberi Anda dorongan luar biasa.

Data menunjukkan bahwa lebih dari 30% tenaga kerja sekarang terlibat dalam pekerjaan lepas, yang telah memberikan kontribusi lebih dari 1,2 Miliar dolar untuk ekonomi AS. Ini adalah peningkatan 20% yang mengesankan sejak sebelum dimulainya pandemi COVID-19.

Lebih mengesankan lagi, industri penulisan lepas telah mengalami pertumbuhan sekitar 50% sejak dimulainya pandemi COVID-19. Berikut adalah beberapa bidang penulisan yang dapat Anda kuasai:

Ghost Writing

Ghostwriters sangat dicari untuk posting blog, cerita pendek, buku nonfiksi, dan banyak lainnya. Platform seperti Upwork dan Fiverr tidak hanya merupakan cara yang baik untuk mendapatkan pengalaman, tetapi juga untuk membangun jaringan Anda.

Jurnalistik

Portal berita selalu mencari uluran tangan. Semakin banyak mereka memposting, semakin baik, yang merupakan kabar baik untuk Anda. Teliti artikel dan gaya penulisan mereka, dan hubungi mereka untuk menyampaikan beberapa ide Anda kepada mereka.

Copywriting

Gunakan kreativitas Anda untuk iklan atau PR. Tulis salinan produk, tagline, atau skrip video untuk merek besar, merek kecil, dan artis—mana saja yang paling cocok untuk Anda.

2. Hiking dan Travelling Sebagai Hobi

Keinginan Anda untuk menjelajah adalah aset yang sangat besar. Belajarlah untuk menangkap momen pemandangan yang indah dengan kamera genggam atau drone, dan Anda sudah setengah jalan menuju bisnis yang sukses. Investasikan sedikit waktu Anda dalam fotografi dan pengeditan, dan Anda akan memiliki studio multimedia.

Untuk memanfaatkan keterampilan Anda, Anda dapat memulai dengan yang berikut:

Fotografi Potret Kasual

Mengapa tidak menawarkan pemotretan di alam untuk orang-orang di media sosial? Anda sudah tahu tempat-tempat menakjubkan dan Anda tahu jalan di sekitar kamera, dan itu terdengar seperti resep untuk sukses.

Fotografi Produk

Klien dapat mengirimkan produk kepada Anda, dan Anda dapat mengerjakan keajaiban Anda. Ambil beberapa foto, edit bersama di Photoshop, dan Anda memiliki katalog produk sendiri.

Fotografi Interior

Airbnb adalah tempat yang baik untuk memulai sebagai pemula. Kirim pesan ke beberapa tempat di daerah Anda yang tidak memiliki foto yang bagus, dan mulailah dari sana.

3. Seni dan Melukis Sebagai Hobi

Iklankan diri Anda di Instagram, dan bangun jaringan pecinta seni dan pembuat seni. Banyak pecinta seni secara khusus mencari seniman yang sedang naik daun.

Pamerkan keahlian Anda langsung dengan portofolio web yang rapi. Jangan lupa untuk menjadi berani—bagaimanapun juga, ini adalah hasrat Anda. Uang akan datang segera setelah Anda membiarkan visi dan kepribadian unik Anda bersinar melalui karya seni Anda.

Anda dapat memulai bisnis Anda sebagai:

Seniman Potret

Potret selalu diminati. Jika Anda memiliki gaya yang unik atau Anda pandai karikatur, itu bisa membantu. Sekali lagi, keunikan adalah kualitas yang paling sulit untuk disaingi.

Pelukis Komisi

Beri klien Anda kebebasan untuk memesan lukisan atau gambar dari Anda. Seringkali, orang ingin lukisan pemandangan atau pemandangan terkenal digantung di ruang tamu mereka. Ini dapat menghemat kerumitan karena harus memunculkan ide-ide Anda sendiri.

Penjual Cetakan

Pasar atau platform online, seperti Etsy, memungkinkan Anda untuk menjual karya Anda sebagai seni dinding yang dapat dicetak. Setelah Anda mengatur profil dan mengunggah karya Anda, Anda dapat mengiklankan produk Anda di media sosial. Sejak saat itu, uang yang Anda hasilkan adalah pendapatan pasif.

4. Perdagangan Saham Sebagai Hobi

Jika Anda memiliki pemahaman yang baik tentang keuangan yang boleh dan tidak boleh dilakukan dan bersenang-senang berdagang, Anda akan menjadi ahli keuangan yang hebat.

A Random Walk Down Wall Street adalah buku fantastis untuk membantu Anda memulai dasar-dasarnya. Tetapi jika Anda sudah memiliki semacam pendidikan atau pengalaman di bidangnya, Anda dapat dengan mudah memanfaatkannya menjadi pekerjaan keuangan, seperti berikut ini:

Penulis Keuangan

Ini adalah jalan yang sangat baik jika Anda ingin tetap up to date dengan semua hal keuangan. Banyak surat kabar keuangan dan fintech mencari penulis lepas. Dapatkan berhubungan dengan beberapa editor dan penulis untuk mendapatkan kaki Anda di pintu.

Influencer Keuangan

Ceritakan kisah Anda tentang menabung, investasi yang baik, dan investasi yang buruk—banyak orang mungkin berada dalam situasi yang sama seperti Anda dulu. Dapatkan pengikut, dan ajari mereka melek finansial.

Penasihat Keuangan

Hasilkan dengan menjadi konsultan untuk klien individu, perusahaan yang kesulitan, atau siswa yang ingin tahu. Anda dapat menunjukkan kepada mereka alat khusus yang membuat Anda bertanggung jawab secara finansial—sesuatu yang tidak dapat ditunjukkan oleh orang lain kepada mereka.

Sukses di Jalan yang Jarang Dijalani

Mengikuti jalan yang ditentukan oleh orang lain adalah satu hal—petunjuknya jelas, ranjau darat mudah diidentifikasi, dan dukungan ada di mana-mana. Namun, menjelajahi jalan yang kurang konvensional bisa jadi menakutkan, dan seseorang bisa putus asa ketika masa-masa sulit.

Berikut adalah beberapa contoh dari mereka yang mengubah hobi mereka menjadi kekayaan mereka.

Michelle Schroeder-Gardner – Pendiri Making Sense of Cents

Michelle mendapati dirinya terlilit utang sebesar $38.000 setelah lulus dari sekolah bisnis. Alih-alih mengambil rute tradisional, dia mencapai kesuksesan finansial dengan melakukan apa yang paling dia sukai: menulis dan bepergian.

Hanya dalam 7 bulan, dia membangun blog keuangannya yang menghasilkan $100.000 sebulan. Yang sama-sama mengesankan adalah bahwa semua ini dilakukan dari RV.

Dalam sebuah wawancara dengan CNBC, Michelle berkata, “Meskipun memotong anggaran Anda sangat bagus, biasanya ada batasan berapa banyak yang dapat Anda hemat. Temukan cara untuk menghasilkan lebih banyak, karena tidak ada batasan berapa banyak uang ekstra yang dapat Anda hasilkan di waktu luang Anda.”

Kebutuhan adalah ibu dari semua penemuan, dan terkadang, kita perlu mencapai titik terendah untuk menemukan dorongan dan inovasi untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar hebat.

Mark Zuckerberg – CEO Facebook

Kita semua tahu Facebook (Meta) sebagai perusahaan multi-miliar dolar. Namun, apa yang Anda lihat hari ini dimulai tidak lebih dari sekadar hobi.

“Saya mungkin belajar lebih banyak coding dari proyek sampingan acak yang saya lakukan daripada kursus yang saya ambil di perguruan tinggi,” kata Zuckerberg dalam acara balai kota yang diselenggarakan oleh North Carolina Agricultural and Technical State University.

Zuckerberg, seperti Jobs, keluar dari perguruan tinggi untuk fokus pada apa yang mereka sukai daripada apa yang diperintahkan kepada mereka, mengubah hasrat menjadi kekayaan.

Pikiran Akhir

Tidak ada kata terlambat untuk mulai melakukan apa yang Anda sukai.

Sebagai seorang putus sekolah, Steve Jobs meninggalkan kelas yang dia bayar untuk mencoba kelas yang dia sukai. Dia mengambil kelas tipografi hanya karena dia menikmatinya. Hal ini menyebabkan salah satu inovasi terbesar dalam tipografi digital.

Mengikuti rasa ingin tahunya, dia menemukan jalan yang jarang dilalui. Dan jalan yang jarang dilalui membawanya ke ketinggian yang belum pernah dijelajahi siapa pun.

Menjadi ingin tahu, berinvestasi dalam hobi Anda, dan mempertahankannya bisa menjadi keputusan terbaik yang Anda buat di seluruh kehidupan dewasa Anda. Tidak ada yang memulai dengan rencana yang sempurna, jadi jangan terlalu memikirkannya. Keunikan adalah aset nomor satu di pasar, dan Anda pasti memilikinya.

***
Solo, Jumat, 22 Juli 2022. 9:18 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko