Mengapa Wanita yang Ahli Sejarah Dalam Rumah Tangga

Wanita seperti ahli sejarah yang bisa menceritakan babak demi babak dan sanggup menggali lagi kejadian akan peristiwa yang sudah dikuburnya dalam-dalam.

Senin, 24 Januari 2022 | 06:47 WIB
0
98
Mengapa Wanita yang Ahli Sejarah Dalam Rumah Tangga
Wanita dan gawai (Foto: pikiranrakyat.com).

Serial "layangan putus" menyedot perhatian penonton dan terbilang sukses. Kisah konflik rumah tangga dengan latar belakang perselingkuhan atau ketidaketiaan seperti menjadi magnet tersendiri.

Kisah "layangan putus" berawal dari sebuah unggahan di media sosial yang menceritakan kisah hidupnya yang dikhianati oleh suaminya dan meninggalkan empat anak demi wanita lain.

Cerita dikisahkan secara bersambung di media sosial oleh Mommy ASF atau Eca Prasetya, seorang dokter hewan. Ia ternyata juga suka menulis sejak masa SMU dan waktu kuliah juga suka menulis. Dan ketika prahara melanda rumah tangganya, ia menuliskan kisah hidupnya itu.

Mengapa wanita rata-rata ketika terluka hatinya karena dikhianati akibat perselingkuhan atau tidak bahagia dalam kehidupan berumah tangga bisa menceritakan secara menarik dan bagi pembacanya ikut terbawa emosi atau terhanyut oleh jalan ceritanya?

Rata-rata wanita kalau perasaannya sedang terluka sering mencurahkan perasaannya atau kegundahan hatinya lewat sebuat tulisan atau bisa juga sebuah puisi. Apalagi di era media sosial, hal itu bisa terlihat dari unggahan status yang biasanya mereka tuliskan secara spontan. Atau dulu lewat sebuah buku harian.

Wanita ketika menceritakan kisah percintaannya atau kisah rumah tangganya yang penuh konflik atau tidak bahagia, seperti teknik menulis yaitu story telling. Ia bisa menceritakan secara mengalir dan bisa secara runut atau teliti setiap kejadian atau peristiwa. Bahkan pemakaian tanda baca, juga ikut mempengarui jalan cerita yang ia tuliskan.

Apalagi kalau hatinya sedih dan menangis, ceritanya bisa mengharu biru dan seperti tersayat-sayat. Wanita bisa menuliskan kisah hidupnya lembar demi lembar lewat sebuah tulisan yang panjang. Wanita juga bisa menciptakan sebuah kisah yang dramatis lewat sebuah tulisan terkait dikhianati atau perselingkuhan atau tidak beruntung dalam kehidupan berumah tangganya.

Cara bercerita lewat tulisan seorang wanita, tidak dipunyai oleh para lelaki.Karena laki-laki digambarkan harus kuat dan tidak boleh cengeng dalam menghadapi hidup.

Kalau laki-laki dikhianati wanita atau ditinggalkan istrinya dan memilih laki-laki lain, maka laki-laki cenderung tidak menceritakan kisah hidupnya lewat sebuah tulisan seperti pada umumnya seorang wanita. Laki-laki cenderung memendam kisah pilunya itu. Paling kalau ga kuat bunuh diri.

Dan biasanya, cerita cerpen atau novel, kalau yang menulis seorang wanita-ceritanya lebih menarik dan jalan ceritanya juga penuh konflik seperti kisah nyata.

Wanita juga mempunyai daya ingat yang kuat dan sanggup merekam kejadian demi kejadian atau peristiwa yang sudah terjadi beberapa tahun lalu atau puluhan tahun terkait dengan pasangan hidupnya.

Wanita seperti ahli sejarah yang bisa menceritakan babak demi babak dan sanggup menggali  lagi kejadian akan peristiwa yang sudah dikuburnya dalam-dalam.

Ini hanya sangkaan saja terkait wanita,mengapa ia pinter dalam bercerita lewat sebuah tulisan di media sosial seperti story telling.

***