Taliban Menyerang Panjshir

Jika dia menolak ditangkap hidup-hidup, maka dia dkk dipastikan akan menyerah dalam kondisi mati. Karena tidak ada pilihan lain selain itu saat ini di sana.

Selasa, 24 Agustus 2021 | 07:59 WIB
0
92
Taliban Menyerang Panjshir
Tentara Afganistan di Lembah Panshjir (Foto: BBC.com)

Taliban akhirnya memutuskan menyerang lembah Panjshir yang dikuasai pemberontak Ahmad Masoud.Ahmad Masoud adalah anak dari Ahmad Syah Masoud yang tewas dibunuh Taliban kurang lebih dua dekade lalu.

Ahmad Syah Masoud adalah tokoh anti Taliban yang membangun basis di wilayah lembah Panjshir berkolaborasi dengan asing terutama Prancis.

Saat ini, Prancis adalah sekutu Ahmad Masoud yang beberapa hari yang lalu baru saja menerima kunjungan pakar intelijen dunia Islam asal Prancis Bernard Henry Levy.

Ahmad Masoud di mana kelompok nya dikenal dengan aliansi Utara atau Northern Alliance, menolak mengakui Taliban dan pemerintaham baru di Kabul.

Sisa sisa rezim Afghanistan lama banyak yang lari ke lembah itu untuk mencari perlindungan, banyak pejabat Afghanistan lama, tentara, dan bahkan termasuk wakil presiden Amrullah Saleh juga lari ke sana. yang kebetulan Saleh juga adalah kelahiran lembah Panjshir.

Ahmad Masoud dan Saleh bahkan telah berikrar akan melawan rezim Taliban secara gerilya dan meminta asing untuk mensuplai senjata ke mereka.

Semalam, setelah Taliban meminta Ahmad Masoud menyerah dalam waktu maksimal 24 jam habis, dia kembali menolak untuk menyerah. maka Taliban pun akhirnya melancarkan serangan ke lembah Panjshir.

Perlu diketahui, lembah Panjshir adalah suatu wilayah yang sangat sulit secara geografis. wilayah itu penuh dengan gunung dan lembah lembah ekstrem yang sangat sulit ditaklukkan.

Inilah mengapa lembah Panjshir tidak pernah bisa di taklukkan selama ini baik oleh Taliban maupun oleh kekuatan asing.

Jarak lembah Panjshir dengan ibukota Kabul tidak terlalu jauh, kurang lebih sama dengan jarak Jakarta ke Bandung. Hanya karena Medan yang sulit, tentu butuh banyak energi untuk menaklukkan lembah Panjshir.

Penduduk lembah Panjshir hanya 150 ribu jiwa. dan mereka mayoritas pengikut Ahmad Masoud di masa lalu khususnya kalangan dewasanya.

Mengingat Taliban adalah orang orang yang sangat berpengalaman dalam hal perang gerilya, menaklukkan lembah Panjshir mungkin tidak akan terlalu berat dan sulit. semalam pasukan lengkap dengan senjata senjata berat sudah menuju lembah Panjshir.

Mengetahui hal itu, Ahmad Syah Masoud membuat video ke media meminta agar kekuatan asing masuk ke Afganistan khususnya membantu mereka yang akan dikepung Taliban di lembah Panjshir. secara de facto, video ini dialamatkan kepada Prancis yang selama ini memang menjadi backer mereka.

Akankah Ahmad Syah Masoud menyerah dan lembah Panjshir akan jatuh ke tangan Taliban? Analisa saya, lembah Panjshir akan segera takluk dan Ahmad Syah Masoud dkk akan segera ditangkap. j

Jika dia menolak ditangkap hidup-hidup, maka dia dkk dipastikan akan menyerah dalam kondisi mati. Karena tidak ada pilihan lain selain itu saat ini di sana.

Tengku Zulkifli Usman