Rahasia Hidup Bahagia [4] Uang Tak Dapat Membeli Kebahagiaan

Kita tidak menjadi lebih baik atau lebih buruk karena jenis mobil yang kita kendarai, ukuran rumah kita, atau jumlah uang di rekening kita.

Selasa, 11 Mei 2021 | 15:24 WIB
0
192
Rahasia Hidup Bahagia [4] Uang Tak Dapat Membeli Kebahagiaan
Uang dan kebahagiaan (Foto: detik.com)

Anda boleh percaya boleh tidak tapi berdasarkan penelitian yang cukup intens dan masif ternyata UANG TIDAK DAPAT MEMBELI KEBAHAGIAAN.

Ini adalah Rahasia Hidup Bahagia No 99. Saya sendiri antara percaya dan tidak percaya. Really...?!  Soalnya saya memang bisa melihat bahwa banyak orang kaya yang hidupnya tidak bahagia. Banyak orang kaya yang malah bunuh diri.

Banyak orang kaya yang keluarganya berantakan, dlsb. Banyak orang kaya yang punya istri dan selingkuhan dua atau tiga orang. Eh, ini lain lagi deng...!

Tapi di sisi lain saya juga dengan mata kepala sendiri melihat betapa banyaknya orang yang hidupnya menderita alias tidak bahagia karena hidup miskin tak punya uang sama sekali. Orang-orang seperti ini jika mendapat uang seratus atau dua ratus ribu secara tiba-tiba akan merasa seolah dunianya terang benderang.

Sebaiknya Anda jangan sok berfilsafat pada orang-orang seperti ini. Kuatirnya mereka akan bilang, "Baiklah. Berikan semua uang Anda pada saya agar saya bisa membuktikan kebenaran kata-kata Anda. Saya yakin bisa merenggut kebahagiaan Anda jika Anda memberikan semua uang Anda pada saya sehingga kebahagiaan akan berpindah pada saya." 

Jadi bagaimana menurut Anda? Apakah menurut Anda uang tidak dapat membeli kebahagiaan? Soalnya pas jalan-jalan di mall saya dapat tulisan di dinding yang bikin saya ngakak. "Those who say money cannot buy happiness surely do not know where to shop." Istri gua banget nih...! 

Of course your money cannot buy happiness when you do not know how to spend it. 

Ada artikel yang membahas tentang mengapa 'money cannot buy happiness' ini kalau mau tahu.

Gini aja deh. Percaya aja. Lha wong ini hasil penelitian dengan begitu banyak bukti. Yang penting jangan salah memahami kesimpulan ini.

Jangan lantas menyimpulkan bahwa karena uang tidak dapat membeli kebahagiaan lalu Anda menyimpulkan bahwa kemiskinanlah yang membuat orang bahagia. Geblek banget mah itu namanya. 

Tentu saja ada banyak orang miskin yang bisa tetap bahagia dengan kemiskinannya. Tapi sebagian besar, atau sebaiknya saya katakan sebagian sangat besar, orang miskin hidupnya menderita. Kemiskinan adalah MUSUH kehidupan. Jangan mau hidup miskin dan anjurkan semua anggota keluarga, kerabat, dan teman-teman kita agar bisa hidup kaya. Bagaimana caranya agar bisa kaya mah lain lagi ceritanya. 

Itu mah ada kunci-kuncinya yang lain. Pada tulisan ini saya hanya mau sampaikan bahwa berdasarkan penelitian ternyata UANG TIDAK DAPAT MEMBELI KEBAHAGIAAN. Mungkin banyak juga yang tidak percaya makanya kunci ini diletakkan di nomor 99. 

Kunci ini mungkin berhubungan dengan Kunci Rahasia Hidup Bahagia No 27 yang berbunyi JANGAN MENGUKUR KESUKSESAN DENGAN MATERI. Katanya kita tidak menjadi lebih baik atau lebih buruk karena jenis mobil yang kita kendarai, ukuran rumah kita, atau jumlah uang di rekening kita.

Sebuah studi yang dilakukan dengan menggunakan survei dan pengamatan harian menyimpulkan bahwa adanya sumber seperti teman dan keluarga ternyata 9 kali lipat lebih penting ketimbang kebahagiaan karena ketersediaan sumber-sumber material. Bagaimana penjelasannya tidak dijelaskan. 

Tapi saya yakin bahwa Anda akan lebih bahagia jika Anda memiliki rumah yang lebih besar dan mewah, punya mobil Pajero Sport terbaru, dan rekening bank yang lebih gendut daripada yang sekarang.

Anda pasti akan merasa lebih sukses dalam hidup. Entahlah kalau Anda ternyata sudah memilih untuk hidup menjauhi materi seperti petapa. Amitabha...! Tuhan memberkati...!

Madigondo, 18 Maret 2021

(Tamat)

Satria Dharma