Manajemen Waktu [3] Teknik Manajemen Waktu

Kelola email kita. Buat folder terpisah untuk setiap klien. Jangan mengacaukan desktop kita.

Jumat, 14 Februari 2020 | 10:22 WIB
0
123
Manajemen Waktu [3] Teknik Manajemen Waktu
ilustr: EGU Blogs

Manajemen waktu mengacu pada penggunaan waktu secara bijak untuk mencapai kesuksesan dalam hidup. Manajemen waktu membantu kita untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Sangat penting bagi individu untuk menilai waktu dan mengalokasikan waktu yang tepat untuk kegiatan yang tepat.

Mari kita pelajari dan terapkan teknik manajemen waktu berikut ini:

  • Tetapkan prioritas. Ketahuilah apa yang perlu dilakukan dengan segera. Siapkan Daftar "To Do" atau "Rencana Tugas" untuk mencatat tugas yang harus kita selesaikan dengan slot waktu yang ditentukan untuk setiap kegiatan. Tugas prioritas tinggi harus ditulis di atas diikuti oleh tugas-tugas yang dapat dilakukan sedikit kemudian. Pastikan kita tetap berpegang pada daftar tugas kita.
  • Pastikan kita menyelesaikan tugas kita dalam kerangka waktu yang ditentukan. Centang tugas yang sudah kita selesaikan. Manjakan diri kita dengan cokelat jika kita menyelesaikan tugas kita sebelum tenggat waktu.
  • Memahami perbedaan antara pekerjaan yang mendesak dan penting. Kelola pekerjaan kita dengan baik. Jangan memulai hari kita dengan sesuatu yang tidak begitu penting dan dapat dilakukan sedikit kemudian. Pertama, selesaikan apa yang sangat penting dan penting. Jangan menunggu pengingat boss kita.
  • Tetap fokus. Jangan meninggalkan tempat kerja kita jika beberapa pekerjaan mendesak perlu dilakukan. Berjalan-jalan di tengah pekerjaan yang mendesak merusak kesinambungan dan seseorang cenderung kehilangan fokusnya. Individu yang menghabiskan waktu di tempat kerja merasa sulit untuk bertahan dari stres di tempat kerja.
  • Sertakan waktu untuk istirahat minum teh, selancar internet, panggilan pribadi, dan sebagainya dalam jadwal harian kita. Itu penting. Manusia bukanlah mesin yang bisa bekerja secara berurutan selama delapan hingga sembilan jam. Tetapkan setengah jam hingga empat puluh lima menit untuk memeriksa pembaruan di situs jejaring sosial, menelepon teman atau keluarga Anda, atau pergi untuk istirahat merokok, dan lain-lain.
  • Tetapkan target yang realistis dan dapat dicapai untuk diri kita sendiri. Tahu apa yang perlu kita capai dan dalam durasi berapa? Jangan membohongi diri sendiri. Menugaskan satu jam untuk tugas yang kita sendiri tahu akan membutuhkan lebih banyak waktu tidak masuk akal.
  • Jangan terlalu membebani diri sendiri. Katakan tidak pada bos kita jika kita merasa tidak akan dapat menyelesaikan tugas tertentu dalam tenggat waktu yang ditentukan. Jangan khawatir, dia tidak akan merasa buruk. Mungkin dia bisa menetapkan hal yang sama untuk rekan kerja kita. Terima tugas yang benar-benar kita yakini.
  • Disiplin dan tepat waktu. Hindari mengambil daun yang tidak perlu dari pekerjaan kecuali ada keadaan darurat. Capai pekerjaan tepat waktu karena membantu kita merencanakan hari kita dengan lebih baik.
  • Simpan barang-barang di tempat yang seharusnya. File harus disimpan di laci masing-masing. Menjepit dokumen-dokumen penting dan meletakkannya di folder yang tepat. Belajarlah untuk menjadi sedikit lebih teratur. Ini akan menghemat waktu kita yang melanjutkan pencarian yang tidak perlu.
  • Jangan memperlakukan organisasi kita hanya sebagai sumber uang. Ubah sikap kita. Hindari bermain game di komputer atau ponsel selama jam kantor. Itu tidak profesional. Jangan hanya bekerja saat bos kita ada. Kepemilikan atas pekerjaan membayar kita dalam jangka panjang.
  • Kembangkan kebiasaan menggunakan organizer. Ini membantu kita merencanakan sesuatu dengan lebih baik. Simpan notepad dan pulpen. Jangan menulis nomor kontak atau id email di kertas lepas. Kita akan menghabiskan separuh waktu mencarinya. Kelola email kita. Buat folder terpisah untuk setiap klien. Jangan mengacaukan desktop kita.

***
Solo, Jumat, 14 Februari 2020. 10:03 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko