Listrik Sering Padam? Ini Solusinya!

Tidak perlu memasang instalasi apapun walaupun tampak kecil dan sepele tapi dengan menempatkan benda ini di kamar atau di depan rumah, kita dapat terhindar dari bahaya besar.

Sabtu, 10 Agustus 2019 | 09:03 WIB
0
311
Listrik Sering Padam? Ini Solusinya!
Ilustrasi listrik (Foto: Kompasiana.com)

Hanya Dengan Dana Seratus Ribu Rupiah

Masalah tentang listrik padam, semua orang juga sudah tahu, jadi tidak perlu ditulis ulang lagi disini. Yang mungkin perlu diperhatikan adalah bahwa listrik bisa padam kapan saja,tanpa pemberitahuan. Dan kita tidak selalu siap dengan lampu baterai di rumah.

Bayangkan tiba-tiba semuanya gelap, mau gunakan korek api dan lilin? Belum tentu setiap rumah menyediakan lilin, belum lagi bahaya kebakaran yang bisa ditimbulkan akibat main api.

Nah, semua orang tahu bahwa kejahatan hampir identik dengan kegelapan,yakni di tempat yang gelap berarti rawan tindak kejahatan. Maka perlu mempersiapkan diri, untuk mengantisipasi "in case of emergency". Salah satunya memasang Lampu Solar Cell di depan rumah atau di tempat yang dianggap rawan.

Bukan Barang Mewah

Mendengar kata Lampu Solar Cell mungkin banyak orang mengira, nama sejenis barang mewah. Padahal dengan harga 50 ribu rupiah sudah dapat dibeli di toko alat listrik. Kalau di Australia, di setiap rumah pasti sudah mempersiapkan lampu solar cell ini walaupun listrik amat jarang padam.

Karena dengan menempatkan Lampu Solar Cell ini, setidaknya dua unit di taman maka halaman rumah sudah mendapatkan secercah cahaya. Tentu saja bila keuangan memungkinkan, dapat membeli lampu solar cell yang lebih besar karena pasti akan lebih terang.

Tidak Butuh Teknik Apapun

Untuk memasang Lampu Solar Cell ini sama sekali tidak dibutuhkan teknik apapun. Sehingga anak anak juga dapat melakukannya, karena cukup di pancang di tanah atau di mana saja ada sinar matahari. 

Maka begitu hari gelap lampu ini akan menyala secara otomatis esok hari begitu matahari terbit akan padam sendiri. Sehingga tidak akan ada kesibukan. Cukup menempatkan di lokasi yang dianggap penting dan selesai.

Bila kamar ada jendela, maka di pinggir jendela bisa ditempatkan lampu solar cell ini agar mendapatkan sinar matahari. Sehingga bila tiba-tiba lampu padam di malam hari, setidaknya walaupun tidak terang benderang tapi tidak gelap.

Tampak Sepele Tapi Dapat Menghindari Bahaya Besar

Dengan hanya menyediakan 2 unit saja dirumah, maka ada banyak resiko resiko besar yang bisa dihindari terutama bagi yang berdomisili jauh dari penerangan lampu jalan dan rumahnya masuk gang gang kecil. Disamping mudah diperoleh, lampu solar cell ini aman bagi semua orang termasuk anak anak. 

Di Australia harganya dimulai dari 3 dolar .Contoh barang seperti tampak pada gambar nomor 2 dan nomor 3. Kami beli yang model ini saja,Kalau mau beli yang lebih besar watt nya,seharga 5 hingga 10 dolar Nah,kalau 3 dolar senilai 30 ribu rupiah.Beli 3 unit,termodal 100 ribu rupiah dan dapat dimanfaatkan selama satu tahun.Dibandingkan manfaatnya,rasanya  harga tersebut  cukup terjangkau. Yakin di Indonesia,harganya seharusnya lebih murah,karena ada made in China.

Tidak perlu memasang instalasi apapun walaupun tampak kecil dan sepele tapi dengan menempatkan benda ini di kamar atau di depan rumah, kita dapat terhindar dari bahaya besar.

Tjiptadinata Effendi

***