Ikan Tuna Mengandung Kaya Gizi dan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Rabu, 24 Agustus 2022 | 04:30 WIB
0
89
Ikan Tuna Mengandung Kaya Gizi dan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh
Ikan Tuna Mengandung Kaya Gizi dan Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Pepnews - Ikan laut merupakan sumber makanan yang sehat dan dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Khususnya ikan tuna. Manfaat ikan tuna ini tak hanya sebatas menjadi makanan yang rendah lemak, tapi juga dapat membantu meningkatkan imun dan daya tahan tubuh manusia. Tentu, ini berita baik di masa sekarang yang menuntut tubuh kita agar tetap sehat dan kuat.

Kandungan gizi pada ikan tuna

Ikan tuna ini sering disamakan dengan ikan salmon. Jenis Kedua ikan ini memang kerap hadir bersama dalam suatu hidangan, seperti sushi. Akan tetapi, kalau kita amati saksama, tentu ada banyak sekali perbedaan antara ikan tuna dan salmon.

Tidak seperti ikan salmon yang berwarna oranye, ikan tuna ini memiliki warna merah cerah. Tuna yang masih segar terasa gurih dan sekilas seperti daging sapi. Inilah mengapa ikan tuna ini juga sering disebut sebagai steik dari laut.

Ikan tuna ini dikenal dengan kandungan lemak, protein, dan asam lemak omega-3 yang tinggi. Tidak hanya itu saja, mengonsumsi 100 gram ikan tuna segar juga akan dapat memberikan tubuh Anda kandungan gizi sebagai berikut.

- Energi: 109 kkal

- Protein: 24,4 gr

- Lemak: 0,5 gr

- Thiamin (vitamin B1): 0,12 mg

- Riboflavin (vitamin B2): 0,12 mg

- Niasin (vitamin B3): 18,5 mg

- Asam pantotenat (vitamin B5): 0,28 mg

- Vitamin B6: 0,93 mg

- Kalsium:  4 mg

- Zat besi: 0,77 mg

- Magnesium:  35 mg

- Fosfor:  278 mg

- Kalium:  441 mg

- Natrium: 45 mg

- Zinc: 0,37 mg

Manfaat ikan tuna bagi kesehatan

Selain rasanya yang lezat, ikan yang satu ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh anda. Berikut di bawah ini beberapa khasiat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi ikan laut yang satu ini.

1. Membantu mecukupi kebutuhan protein tubuh

Ikan Tuna memiliki semua jenis asam amino yang dibutuhkan tubuh manusia. Asam amino yaitu molekul terkecil penyusun protein. Apa pun jenis ikan tuna yang Anda konsumsi tentu dapat memberikan protein dalam jumlah besar, yakni 24 – 30 gram protein per 85 gram ikan tuna.

Protein yang lengkap dari ikan tuni ini akan mendukung berbagai fungsi dalam tubuh dengan baik. Mulai dari pembentukan hormon, kolagen, dan antibodi, hingga pemeliharaan jaringan otot pada tubuh Anda.

2. Menyehatkan jantung

Ikan Tuna mengandung asam lemak omega-3 dalam bentuk EPA dan DHA. Jenis asam lemak esensial tersebut akan mampu mencegah dari berbagai jenis peradangan di dalam tubuh, peradangan ini yang dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung dan juga stroke.

Dilansir dari laman Harvard Medical School, ikan tuna dalam kemasan kaleng sebanyak 85 gram mengandung 500 miligram asam lemak omega-3. Jika Anda ingin memperoleh manfaat untuk kesehatan jantung, sebaiknya anda konsumsi ikan tuna ini sebanyak 1–2 porsi dalam seminggu.

3. Berpotensi mencegah anemia

Ikan Tuna kaya akan vitamin B6, terlebih dari jenis yellowfin dan albacore. Vitamin B6 yang didapatkan dari ikan berdaging merah ini akan menyumbang berbagai fungsi yang sangat penting untuk kebutuhan tubuh. Salah satunya membantu meningkatkan sistem produksi hemoglobin.

Hemoglobin yang merupakan protein pengikat dan pembawa oksigen kedalam sel darah hingga ke seluruh jaringan tubuh manusia. Tanpa suplai oksigen yang cukup, fungsi jaringan ini akan menurun drastis sehingga tubuh akan terasa lemas dan mudah lelah. Ini merupakan gejala utama dari anemia.

4. Membantu mengatasi stres

Secara tidak langsung, ikan tuna ini juga akan memberikan manfaat bagi kondisi psikis Anda. Ini karena salah satu fungsi vitamin B6 yaitu menjaga fungsi sel otak dan juga sel saraf. Selain itu, vitamin B6 juga mampu meningkatkan produksi hormon serotonin dan norepinefrin.

Serotonin ini merupakan hormon yang menstabilkan mood dan menimbulkan rasa bahagia. Sementara norepinefrin memengaruhi kemampuan dalam berpikir dan rasa bahagia. Kedua hormon ini sangat berperan penting dalam mengatasi stres.

5. Menjaga kesehatan tulang

Dalam 85 gramikan  tuna terdapat kurang lebih 185 – 265 mg fosfor, tergantung dari jenis ikan tuna yang anda dikonsumsi. Fosfor yaitu salah satu mineral penting yang memiliki fungsi khusus untuk pertumbuhan serta perbaikan sel dan jaringan pada tubuh manusia.

Sebanyak 85% fosfor dalam tubuh Anda ditemukan dalam tulang dan juga gigi. Bersama dengan kalsium, fosfor ini akan membentuk struktur tulang. Mineral ini juga sangat berperan penting dalam menjaga kepadatan dan kekuatannya.

Perhatikan ini sebelum mengonsumsi tuna

Meskipun ikan tuna ini memiliki manfaat berbagai fungsi dan proses kimia di dalam tubuh, Anda dianjurkan mengkonsumsi ikan ini secara berlebihan. Pasalnya, ikan tuna adalah salah satu makanan yang mengandung kadar merkuri.

Merkuri dalam jumlah yang sangat besar akan dapat membahayakan pada sistem saraf sehingga Anda perlu membatasinya. Supaya lebih aman, sebaiknya batasi porsi ikan tuna ini agar tidak lebih dari 170 gram dalam seminggu.

Dengan begitu, Anda bisa tetap mendapatkan kandungan gizi dan protein dari ikan tuna tanpa ada dampak yang tidak diinginkan.

Sumber : Bakso Ikan Tuna Cirebon

http://informasi.blog.binusian.org/ruqyah-cirebon-indramayu-majalengka-dan-kuningan/