6 Tip untuk Meningkatkan Kesehatan Rohani Anda

Jumat, 9 September 2022 | 11:02 WIB
0
50
6 Tip untuk Meningkatkan Kesehatan Rohani Anda
image: Design Your Life Coaching

Kemungkinan Anda dibanjiri setiap hari dengan pentingnya kesehatan fisik. Kita dianjurkan untuk makan dengan baik, berolahraga, minum banyak air, dan berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan yang diperlukan untuk memastikan tubuh kita berfungsi pada kinerja puncak.

Tetapi bagaimana dengan kesehatan rohani?

Anda akan berpikir bahwa topik seperti itu akan sama populernya dengan kesejahteraan fisik, mengingat betapa pentingnya hal itu bagi perasaan bahagia dan kepuasan seseorang secara keseluruhan.

Namun tidak banyak (ada?) iklan tentang hal itu di TV atau di majalah, juga tidak kebanyakan orang membahasnya setiap hari.

Beberapa orang berpikir jenis kesehatan ini berhubungan dengan perawatan diri yang dangkal, seperti mandi busa santai atau pergi ke retret akhir pekan yang penuh dengan dupa dan smoothie vegan.

Pada kenyataannya, kesehatan rohani jauh lebih terlibat, dan memiliki efek yang lebih luas: baik pada diri kita sendiri, maupun pada orang-orang di sekitar kita.

Apa yang dimaksud dengan “kesehatan rohani”?

Untuk menjelaskan hal ini, pertama-tama kita perlu menyelidiki apa artinya menjadi rohani.

Beberapa orang bijak telah mengungkapkan gagasan bahwa kita adalah makhluk rohani yang memiliki pengalaman manusia. Yang lain menyiratkan bahwa kita sedang berjalan tiga serangkai: kompleks tubuh-pikiran-roh yang mencoba mencapai keseimbangan antara tiga bagian penyusun kita.

Tidak peduli filosofi apa yang Anda pegang, aspek rohani diri akan menjadi sangat penting dalam hal kesadaran dan pertumbuhan pribadi. Ini juga mencakup bagaimana Anda menanggapi orang lain.

Orang yang tidak seimbang secara rohani sering kali tampak tercerai-berai atau tidak stabil bagi orang lain. Mereka mungkin lebih rentan terhadap penyakit fisik atau mental dan mengalami kesulitan berhubungan dengan orang lain. Sementara sifat-sifat ini juga dikaitkan dengan mereka yang mungkin berada dalam spektrum autisme atau memiliki kondisi seperti ADHD atau PTSD, mereka juga merupakan tanda-tanda kegelisahan rohani yang kuat.

Seseorang yang memiliki keseimbangan rohani yang baik akan sering memberikan efek menenangkan pada orang lain. Hewan dan anak-anak kecil akan sering tertarik pada mereka, dan mereka mungkin berteman dengan segala macam makhluk ketika berjalan-jalan atau berkeliaran di taman. Orang-orang mungkin menikmati hanya berada di perusahaan mereka dan akan merasa terisi kembali dan lebih bahagia setelah percakapan dengan mereka.

Secara keseluruhan, mereka tampak percaya diri pada diri mereka sendiri, dan memiliki cahaya lembut pada diri mereka yang sering dikaitkan dengan kakek-nenek atau biksu yang baik hati. Ramah dan penyayang, tetapi sedikit terpisah.

Tanda-Tanda Bahwa Anda Sehat Secara Rohani

Tanda-tanda yang tercantum di bawah ini hanyalah beberapa penanda utama kesehatan spiritual. Ada lebih banyak tentu saja, tetapi mereka akan bergantung pada individu daripada berlaku untuk semua orang.

Misalnya, tanda kesehatan seseorang mungkin menjadi standar dasar orang lain. Tentu saja, jika sebagian besar dari ini berlaku untuk Anda, itu adalah tanda yang sangat positif bahwa Anda berada di tempat yang baik.

Anda yakin tentang tujuan hidup Anda.

Salah satu indikator utama bahwa Anda berada di tempat yang baik secara rohani adalah Anda merasa selaras dengan tujuan hidup Anda. Anda mungkin tidak bekerja penuh waktu dalam karier yang selaras dengan apa yang Anda rasakan sebagai alasan Anda, tetapi Anda mendedikasikan sedikit waktu ke arah itu.

Sebelum menemukan tujuan hidup mereka, banyak orang merasa cemas dan tersesat. Mereka tahu bahwa mereka "seharusnya" melakukan sesuatu selain mereka, tetapi mereka mungkin tidak menyadari apa itu sebenarnya. Akibatnya, kecemasan ini dapat menyebabkan mereka berubah menjadi banyak perilaku mempertanyakan diri sendiri, membuat mereka merasa tidak aman dan menjatuhkan harga diri mereka.

Atau, mereka mungkin tahu persis apa yang harus mereka lakukan, tetapi keadaan dan tanggung jawab kehidupan melarang mereka untuk dapat melakukannya. Hal ini dapat menyebabkan sejumlah besar frustrasi dan depresi jiwa yang hanya dapat diatasi dengan melakukan apa yang menginspirasi mereka.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, kesehatan rohani meningkat secara eksponensial ketika Anda melakukan hal yang membuat jiwa Anda berkobar (dengan cara yang baik), setidaknya sebagian waktu.

Anda dapat mengamati situasi tanpa terpengaruh olehnya (atau ditarik ke dalamnya).

Katakanlah Anda berjalan ke sebuah ruangan di mana dua teman Anda sedang berdebat.

Alih-alih langsung gusar dengan situasi ini, Anda bisa tetap tenang dan berperan sebagai pengamat yang netral. Hal-hal yang mereka katakan atau teriakkan satu sama lain tidak akan memicu ingatan Anda sendiri, Anda juga tidak akan cenderung melompat ke dalam keributan. Anda menyaksikan semuanya terungkap, mendengarkan apa yang dikatakan, tetapi dari perspektif luar.

Bahkan jika mereka meminta Anda untuk memihak, Anda tidak mungkin melakukannya. Anda akan dapat melihat dari mana masing-masing pihak berasal dan dengan demikian dapat memvalidasi pengalaman masing-masing. Bahkan, Anda bahkan mungkin dapat merundingkan perdamaian antara kedua pihak dengan mengklarifikasi situasi untuk menunjukkan bagaimana masing-masing pihak memiliki maksud tertentu.

Atau Anda dapat memilih untuk tidak terlibat dan pergi begitu saja, membiarkan mereka menyelesaikan masalahnya sendiri.

Bagaimanapun juga, Anda akan dapat melangkah bebas dari lingkungan itu dan tidak merenungkannya selama berjam-jam sesudahnya. Hal-hal terjadi, kemudian berhenti, dan Anda meletakkannya setelah Anda meninggalkan tempat kejadian alih-alih membawanya bersama Anda tanpa batas. Bukan sirkus Anda, bukan monyet Anda.

Anda tidur nyenyak.

Orang yang telah mencapai tingkat kesehatan rohani yang tinggi cenderung mudah tidur. Tentu, mereka mungkin mengalami malam tanpa tidur sesekali, tetapi itu biasanya karena keadaan eksternal seperti badai atau kebutuhan anak kecil daripada gejolak rohani atau emosional.

Mereka cenderung tidak menggeliat selama berjam-jam setiap malam, berkedut dan mencoba untuk merasa nyaman sementara pikiran mereka bergolak dengan segala macam pikiran yang mengganggu. Mereka berada di tempat yang cukup baik sehingga proses mental mereka jelas daripada kabur. Beberapa bahkan mungkin menemukan bahwa mereka tidak memiliki "obrolan mental" lagi, karena satu-satunya suara di kepala mereka adalah suara mereka sendiri, dan itu adalah pemandu sorak daripada penentang.

Ketika seseorang meluangkan waktu dan usaha untuk menjaga tubuh, pikiran, dan jiwa dalam kondisi yang baik, mereka akan sering tertidur dengan mudah. Mereka mungkin tidak memiliki banyak mimpi buruk, dan mereka akan bangun dengan perasaan segar kembali dan waspada daripada pusing.

Tip: Jika Anda sedang dalam perjalanan menuju kesehatan rohani yang lebih besar, pertimbangkan untuk membuat semacam jurnal mimpi. Tidak harus sesuatu yang besar – jika Anda memiliki mimpi yang menarik atau aneh, cukup tuliskan beberapa catatan tentangnya sebelum Anda menjalani hari Anda. Kemudian lihat kembali jurnal dalam waktu sekitar satu tahun untuk melihat bagaimana perjalanan kesehatan Anda telah memengaruhi perjalanan tengah malam Anda. Kemungkinan Anda akan melihat pola di mana impian Anda meningkat pesat dari waktu ke waktu.

Hubungan Anda sehat dan (relatif) bebas drama.

Setiap kali manusia berinteraksi satu sama lain, pasti ada drama atau konflik sesekali. Ini kemungkinan tidak akan terhindarkan sampai kita semua mendapatkan cukup psikis sehingga kita dapat membaca pikiran satu sama lain dengan jelas sehingga tidak ada miskomunikasi.

Konon, ketika Anda berada di ruang rohani yang sehat, sebagian besar interaksi pribadi Anda cukup harmonis. Anda berinteraksi dengan orang lain dengan cara yang sehat dan menyenangkan, dan tidak tersinggung secara pribadi atas kesalahan langkah mereka. Jika argumen mulai muncul, Anda dapat melihat dari mana mereka berasal dan mendekati situasi dengan belas kasih dan rahmat daripada pembelaan atau kekejaman spontan.

Selanjutnya, Anda merasa nyaman dan percaya diri dengan orang-orang dalam hidup Anda. Anda tidak berpegang teguh pada rasa takut ditinggalkan karena Anda tahu bahwa Anda adalah orang yang utuh baik Anda sedang menjalin hubungan romantis atau tidak. Anda bahkan mungkin memiliki hubungan yang lebih baik dengan anggota keluarga Anda karena Anda memiliki perspektif untuk melihat mereka sebagai orang yang memiliki masalah sendiri untuk ditangani, dan dengan demikian memiliki lebih banyak kasih sayang untuk mereka.

Tolstoy pernah menulis: "Ketika Anda memahami segalanya, Anda bisa memaafkan segalanya." Itu mungkin berlebihan bagi sebagian orang karena beberapa situasi benar-benar tidak dapat dimaafkan, tetapi untuk sebagian besar hal itu benar. Ketika Anda memahami mengapa orang bertindak seperti itu, itu akan sering meredakan kemarahan yang Anda rasakan tentang tindakan mereka.

Dengan demikian, Anda mungkin dapat melihat bagaimana hal itu dapat mengurangi drama secara eksponensial. Alih-alih gusar oleh perilaku buruk seseorang dan membalas untuk memberi mereka pelajaran, Anda dapat melihat bahwa mereka terluka, atau frustrasi dan merasa terjebak, atau menghindari sesuatu yang sangat buruk yang tidak dapat mereka hadapi atau tangani dan bertindak sesuai dengan itu. .

Anda percaya diri dan nyaman dalam menegakkan batasan pribadi Anda.

Ketika Anda berada dalam posisi kesehatan spiritual, Anda merasa percaya diri untuk memprioritaskan kebutuhan pribadi Anda – terutama dalam hal batasan. Alih-alih membiarkan orang lain memanipulasi Anda atau membuat Anda merasa berkewajiban untuk melakukan hal-hal yang tidak ingin Anda lakukan, Anda menyadari bahwa Andalah yang berhak memutuskan apa yang Anda rasakan dan lakukan.

Akibatnya, Anda tidak merasa "buruk" untuk memberi tahu orang lain ketika ada sesuatu yang membuat Anda tidak nyaman hanya untuk menjaga kedamaian, Anda juga tidak kesulitan mengatakan "tidak". Dan jika konflik muncul dari Anda menegakkan batasan Anda, maka Anda dapat menjauh dari situasi itu selama yang Anda butuhkan.

Ini sebenarnya salah satu tanda kunci kesehatan rohani, karena Anda menyadari bahwa mempertahankan tingkat kesehatan suci ini membutuhkan perawatan yang rajin. Lihat saja seperti menyendoki puing-puing dari kolam renang setiap hari. Untuk menjaga diri spiritual Anda kuat dan sehat, yang terbaik adalah tidak membiarkan kekotoran menumpuk. Tentu, Anda dapat menutupi kolam itu dengan kanopi agar sebagian besar tidak masuk, tetapi sesekali daun atau serangga masih akan jatuh. Kuncinya adalah membuangnya sebelum menjadi kontaminan, dan lanjutkan hari Anda.

Anda tidak bergumul dengan banyak ketakutan atau kecemasan irasional.

Ini sejalan dengan bisa tidur nyenyak di malam hari.

Orang yang cukup baik secara rohani cenderung tidak diganggu oleh banyak ketakutan irasional. Mereka tahu bahwa mereka dapat menangani apa pun yang dilemparkan kehidupan kepada mereka, bahkan jika itu cukup serius.

Faktanya, mereka mungkin dapat menghadapi situasi buruk atau masalah kesehatan dengan sedikit rahmat dan ketenangan. Mereka menyadari bahwa rasa sakit tidak dapat dihindari saat mereka menjalani hidup, tetapi mereka dapat memilih bagaimana menanggapi masalah ini saat mereka terungkap.

Ketika Anda secara rohani seimbang, Anda cenderung tidak akan mengalami kekhawatiran "bagaimana jika", terutama tentang hal-hal yang berada di luar kendali Anda. Anda tahu bahwa setiap masalah memiliki solusi, bahkan jika solusi itu adalah untuk bersantai di tengah badai dan membiarkannya membawa Anda ke fase berikutnya dalam hidup Anda.

Anda mungkin masih memiliki ketakutan tentang situasi tertentu, seperti jika Anda tinggal di daerah rawan tornado, maka masuk akal untuk khawatir tentang tornado. Tetapi Anda juga aman karena mengetahui bahwa Anda memiliki ruang aman di ruang bawah tanah untuk mundur kapan dan jika terjadi. Anda telah mengemasnya dengan semua yang Anda dan keluarga Anda perlukan untuk bertahan hidup setidaknya selama satu bulan, ditambah mengambil tindakan pencegahan tambahan.

Ya, tornado akan menyedot. Tetapi Anda akan melanjutkan setelah itu dan menyelesaikan masalah sesuai kebutuhan.

Cara Meningkatkan Kesehatan Rohani Anda

Ini hanyalah beberapa rekomendasi untuk meningkatkan kesehatan rohani Anda – jangan ragu untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan pribadi Anda. Atau, jika ada teknik yang tidak tercantum di bawah ini tetapi Anda tahu akan lebih cocok untuk Anda, maka lakukanlah itu.

1. Lakukan beberapa bentuk meditasi atau doa secara teratur.

Dalam periode keheningan yang tenang kita memiliki kesempatan untuk mengembangkan kesadaran diri yang lebih besar.

Beberapa orang mengalihkan perhatian mereka dengan musik, pemutaran TV di latar belakang, dan ditemani orang lain bila memungkinkan sehingga mereka tidak harus berurusan dengan pikiran mereka sendiri. Cukup sering, ini karena ada hal-hal yang membebani mereka yang tidak ingin mereka pikirkan, atau yang membuat mereka takut.

Melarikan diri dan mengalihkan diri dari hal-hal ini tidak membuat mereka pergi. Selain itu, seringkali hanya dengan benar-benar melihat sesuatu yang mengganggu kita, kita dapat menghilangkan rasa takut dan keengganan yang menyertainya.

Ini seperti memaksa seorang anak untuk melihat lututnya yang tergores saat sedang dibersihkan. Dia mungkin melolong dan panik karena ada darah di seluruh kakinya, tetapi ketika dia ditunjukkan bahwa itu semua berasal dari sayatan kecil, dan aliran darah dapat dihentikan dengan tekanan lembut, 99 kali dari 100 dia akan tenang.

Lebih sering daripada tidak, realitas situasi jauh lebih menakutkan atau mengganggu daripada asumsi di sekitarnya.

Jika Anda tidak bermeditasi secara teratur dan hanya melakukannya sesekali, kemungkinan besar Anda tidak akan menuai manfaat dari menjernihkan pikiran dan menarik napas dalam-dalam. Sebaliknya, cobalah untuk menyisihkan 5 hingga 10 menit sehari sekaligus untuk bermeditasi atau berdoa.

Beberapa orang suka melakukan hal pertama ini di pagi hari atau sebelum tidur, sementara yang lain mungkin melakukannya di sore hari. Pastikan untuk menjadwalkannya dan tetap pada jadwal itu. Dengan cara ini, latihan meditasi/doa Anda akan menjadi sifat alami kedua, serta sesuatu yang indah untuk dinantikan setiap hari.

Dari sana, Anda dapat memutuskan apakah akan memperpanjang jeda ini lebih lama, atau menjeda lebih sering sepanjang hari.

2. Habiskan lebih banyak waktu di luar di alam, jauh dari perangkat elektronik.

Saya menyadari ironi dalam menyarankan hal itu saat mengetik di komputer saya, tetapi justru karena alasan inilah saya mencoba menghabiskan waktu di luar sebanyak mungkin.

Catat berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk menatap layar setiap hari. Apakah Anda bekerja di depan komputer selama 7+ jam sehari? Lalu berapa menit yang Anda habiskan di ponsel Anda sebelum dan sesudah bekerja? Apakah Anda menonton TV di malam hari? Dan selanjutnya, apakah Anda menggunakan ponsel atau tablet saat menonton TV? Lalu, apakah Anda membaca ebook di tablet atau reader sebelum tidur?

Tambahkan semua waktu itu dan kemudian pikirkan apa manfaatnya bagi Anda, ditambah bagaimana Anda dapat mengurangi waktu layar dan lebih sering keluar.

Misalnya, tinggalkan ponsel Anda di rumah saat Anda berjalan-jalan di taman, atau di tepi danau atau pantai, jika ada di dekatnya. Tukar ebook untuk yang dicetak sehingga Anda fokus pada kertas matte daripada permukaan pixelated. Kemudian temukan tempat yang nyaman untuk meringkuk di luar dan menghabiskan waktu membaca di luar sana.

Anda akan menyerap beberapa vitamin D dari sinar matahari, dihibur dengan kicau burung, dan mendapatkan banyak udara segar.

Anda juga dapat melakukan hobi yang dapat dilakukan dengan tangan sambil mendengarkan buku audio, seperti mengukir kayu atau sejenisnya. Dengan cara ini, Anda dapat membuat kekacauan yang tepat di luar ruangan sambil tetap terhibur.

3. Pelajari banyak bentuk latihan rohani untuk memperluas dan meningkatkan latihan Anda sendiri.

Saya telah menemukan banyak orang yang ragu-ragu untuk melihat apa yang diajarkan oleh agama dan filosofi lain karena hal itu dapat menyebabkan mereka mempertanyakan keyakinan mereka sendiri. Pada kenyataannya, ide ini tidak bisa jauh dari kebenaran.

Mempelajari banyak agama dunia yang berbeda dan praktik suci dapat membantu Anda mengembangkan jalan rohani yang ideal untuk Anda. Dan hampir semua agama di luar sana memiliki ide dan praktik yang dapat meningkatkan dan melengkapi satu sama lain.

Misalnya, Anda bisa menjadi orang muslim dan mempertahankan latihan yoga secara teratur demi kesehatan fisik dan kesejahteraan emosional. Anda bisa menjadi orang kristiani yang taat dan mengintegrasikan konsep Jain/Buddha tentang ahimsa (tanpa kekerasan) terhadap semua makhluk hidup. Setiap keyakinan memiliki sedikit keindahan dan kebijaksanaan yang dapat diapresiasi dan bahkan dipraktikkan oleh siapa saja.

Apa pun yang membawa Anda lebih dekat dengan konsep Anda tentang Tuhan/Alam Semesta dan membawa Anda rasa sukacita dan damai hanya dapat meningkatkan kesehatan rohani Anda. Selain itu, ketika Anda memancarkan jenis kesehatan dan ketenangan ini, Anda tidak bisa tidak meningkatkan kehidupan semua orang di sekitar Anda.

Sebagai catatan terakhir tentang ini, spiritualitas seharusnya tidak menjadi gelembung yang Anda sembunyikan: itu harus memelihara Anda, tetapi juga harus menantang Anda. Pertanyakan keyakinan Anda terus-menerus dan terus periksa untuk memastikan bahwa keyakinan itu selaras dengan aspek lain dalam hidup Anda.

4. Luangkan lebih banyak waktu untuk merasa bahwa Anda (dan apa yang Anda lakukan) “cukup”.

Salah satu mantra paling kuat di dunia kesehatan adalah ungkapan "Saya cukup."

Banyak orang sangat tidak baik pada diri mereka sendiri, terus-menerus mendorong diri mereka sendiri untuk menghasilkan ketika sumur mereka mengering. Kadang-kadang itu karena mereka telah diprogram untuk percaya bahwa satu-satunya nilai mereka adalah berapa banyak tugas yang dapat mereka selesaikan dalam sehari, atau berapa banyak uang yang mereka hasilkan, tetapi ini tidak jauh dari kebenaran.

Nilai Anda sebagai pribadi tidak ditentukan oleh seberapa banyak yang Anda lakukan, atau apa yang Anda capai. Juga tidak ditentukan oleh tingkat kemampuan fisik Anda, kabel neurotipikal, kreativitas, atau kedudukan akademis Anda.

Anda cukup, persis seperti Anda sekarang.

Cobalah untuk menghindari membandingkan diri Anda dengan orang lain dan merasa seperti Anda "kurang dari" mereka karena Anda tidak memiliki gelar PhD, karier berstatus tinggi, tingkat kebugaran fisik, atau harta benda mereka.

Setiap orang sedang dalam perjalanannya masing-masing, dan pelajaran yang mereka pelajari dan alami dalam hidup ini telah disesuaikan untuk semangat mereka, seperti halnya Anda. Akibatnya, kita benar-benar tidak dapat merasa iri satu sama lain: kami tenggelam dalam pengalaman yang membantu kita tumbuh sebagai individu.

Tidak apa-apa jika Anda tidak (atau tidak bisa) menulis esai dalam sehari karena Anda tidak bisa berkonsentrasi. Alih-alih memarahi diri sendiri karena tidak cukup baik, alihkan energi itu ke sesuatu yang mengisi ulang dan menginspirasi Anda. Duduklah di bawah sinar matahari dan lakukan yoga restoratif sederhana. Atau tidur, karena itu memberi tubuh dan pikiran kesempatan untuk beristirahat dan menyembuhkan.

5. Fokus pada rasa syukur.

Ketika pikiran dan emosi Anda berputar-putar, atau Anda sedang menghadapi krisis iman, luangkan waktu sejenak untuk benar-benar hadir dan fokus pada beberapa hal yang Anda syukuri.

Sebagai contoh, katakanlah Anda di rumah dan anggota keluarga Anda membuat Anda gila. Mungkin Anda mengalami malam yang sulit dan merasa terpencar, tetapi anak-anak berkelahi, Anda mencoba mencari tahu apa yang harus dibuat untuk makan malam karena Anda tidak bisa keluar ke supermarket, Anda memiliki sakit kepala yang hebat dan ibu mertua Anda terus menelepon untuk memberitahu Anda semua hal yang Anda lakukan salah.

Untuk menemukan kejelasan dan kedamaian rohani di tengah kekacauan, cobalah untuk menghindari mencoba melarikan diri dari keadaan Anda saat ini. Sebaliknya, bertujuan untuk merasakan kedamaian di mana Anda berada terlepas dari apa yang terjadi di sekitar Anda.

Anda dapat melakukan ini dengan tidak berharap bahwa segala sesuatunya berbeda atau berfokus pada semua hal yang harus Anda lakukan. Bersandar pada ketidaknyamanan sebagai gantinya dan cobalah untuk mengingat apa yang Anda syukuri, di sini dan sekarang.

Apakah bayi menangis? Yah, dia mungkin menangis karena alasan selain hanya untuk membuat Anda kesal. Peluk si kecil karena dia tidak akan kecil lebih lama lagi, dan cobalah untuk benar-benar terhubung dengannya untuk mencari tahu apa yang dia coba komunikasikan.

Jika anak-anak yang lebih besar berebut mainan atau pertunjukan, alihkan energi mereka dengan melakukan proyek seni bersama atau minta mereka membantu Anda membuat kue. Anda hanya akan memiliki sedikit waktu berharga dengan mereka pada usia ini, dan apa pun yang membuat Anda stres saat ini, Anda dapat mengesampingkannya.

Jangan angkat telepon jika orang yang menelepon pasti membuat Anda stres. Buatlah secangkir teh segera setelah si kecil tenang, dan kembalikan perhatian Anda pada rasa syukur yang Anda rasakan atas kehangatannya, rasanya yang menenangkan. Kurangi beban stres Anda dengan memesan makanan atau membuat roti bakar untuk makan malam, dan nikmati setiap gigitan lezat.

Setiap saat kita hidup adalah kesempatan untuk mengarahkan perhatian kita pada hal-hal yang kita syukuri daripada gangguan fana yang mengalir masuk dan keluar dari keberadaan kita. Ketika Anda bisa melakukan itu, semua kejengkelan itu sebenarnya menjadi berkah karena membawa kita kembali ke hal yang sebenarnya penting.

6. Melayani orang lain.

Dengan cara yang sama bahwa kedamaian alami dan penyesuaian spiritual Anda dapat membantu mengangkat orang lain di sekitar Anda, demikian juga mereka dapat menjadi sumber kekuatan untuk kepentingan orang lain.

Di mana pun Anda berada dalam hidup Anda, Anda dapat melakukan sesuatu untuk membantu bentuk kehidupan lain di dunia di sekitar Anda. Misalnya, Alyssa K. Silva adalah seorang desainer cacat yang hanya bisa menggerakkan salah satu jarinya dengan sengaja, dan dia menggunakan jari itu untuk mendesain kartu ucapan yang indah untuk menginspirasi dan menghibur orang lain.

Tempat ibadah selalu dapat dilakukan dengan baik. Lihat apakah komunitas agama Anda membutuhkan bantuan untuk menulis buletin atau memperbarui kehadiran media sosial mereka. Mungkin membantu dengan beberapa pekerjaan penjangkauan dengan para penatua di masyarakat, atau membantu kaum muda yang berisiko mengembangkan beberapa keterampilan hidup yang solid.

Jika Anda bukan orang yang suka bergaul dan lebih menyukai alam, alihkan fokus Anda ke dunia alami di sekitar Anda. Relawan untuk melakukan pekerjaan pembersihan pantai, atau untuk membantu mengisi kembali tanaman asli untuk merevitalisasi ekosistem lokal yang terkuras.

*

Seperti yang Anda lihat, kesehatan rohani mencakup banyak area yang berbeda, dan memengaruhi kita di banyak tingkatan. Kita dapat meningkatkan kesejahteraan ini secara eksponensial hanya dengan sedikit TLC dan kesabaran dengan diri kita sendiri. Dan ketika kita melakukannya, itu menyebabkan efek riak yang membuat segala sesuatu di sekitar kita sedikit lebih cerah.

Satu hal yang harus diperhatikan di sini adalah untuk menghindari memaksa atau menyebarkan tentang hal itu. Ada banyak perilaku "lebih suci darimu" di dunia kesehatan, dan apakah seseorang terobsesi dengan diet vegan atau keto, crossfit, atau jalur agama tertentu, mereka bisa menjadi sangat benar sendiri tentang hal itu. Dalam semangat mereka untuk "membantu" orang lain dengan memaksakan cita-cita mereka kepada mereka, mereka dapat menyebabkan kerusakan dan keterasingan bagi orang-orang terdekat mereka.

Perilaku membenarkan diri sendiri seperti inilah yang menyebabkan orang-orang dari beberapa kepercayaan dianiaya oleh orang lain: karena mereka tidak mengikuti yang "benar" dan perlu dipaksa untuk bertobat atau "diselamatkan" demi kebaikan mereka sendiri. Orang-orang rela mati demi iman mereka – yang mulia dalam keadaan tertentu – tetapi mereka juga membunuh untuk itu.

Cita rasa kesehatan rohani Anda yang khusus belum tentu milik orang lain, dan mereka harus menentukan apa yang terbaik untuk mereka ketika waktunya tepat. Anda dapat mendorong jika dan ketika mereka datang kepada Anda untuk meminta nasihat, tetapi jangan menawarkannya jika tidak diminta. Saat Anda berjalan di jalan Anda sendiri dengan anggun dan harmonis, Anda akan memancarkan cahaya yang cukup sehingga orang lain akan tahu bahwa mereka dapat datang kepada Anda untuk meminta bimbingan jika perlu.

***
Solo, Jumat, 9 September 2022. 10:48 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko