Kuliah Online, Saat Kemampuan Belajar Mandiri Menentukan Segalanya

Kebanyakan orang sukses yang kukenal adalah mereka yang sangat mampu belajar sesuatu dari hidupnya, dari hidup orang lain, dari buku-buku, dari internet... Secara mandiri.

Jumat, 27 November 2020 | 09:30 WIB
0
58
Kuliah Online, Saat Kemampuan Belajar Mandiri Menentukan Segalanya
Belajar online (Foto: beritasatu.com)

Aku tidak menyangka akan menghabiskan beberapa semester dari perjalanan kuliahku dengan belajar online.

Kuliah online berarti ketiadaan interaksi langsung dengan dosen dan teman, ketiadaan praktikum yang sebenarnya merupakan nyawa dari kuliah psikologi itu sendiri, keterbatasan akses ke perpustakaan, dan bagaimana caranya tetap semangat kuliah walaupun terjadi perubahaan besar-besaran. Sebuah perubahan yang tak seorangpun pernah antisipasi sebelumnya.

Melihat grafik corona di Indonesia yang percepatannya sungguh eksponensial, prediksiku adalah aku akan belajar online sampai lulus, 2 tahun lagi. Kecuali kampus sangat amat berani mengumpulkan mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia untuk segera berkumpul dalam satu tempat, bertatap muka.

Tapi kampus tidak seberani itu, mengingat ada dosen-dosen yang sudah tua. Akan terlalu besar risikonya. Maka, kuliah online di tahun ini tetap dihitung sebagai semester berjalan.

Disrupsi besar-besaran sedang terjadi. Mengutip kata Darwin, mereka yang akan survive BUKANLAH yang paling kuat, namun yang paling bisa beradaptasi dengan situasi.
Kuliah online menguji kemampuan inti seorang mahasiswa: kemampuan belajar secara mandiri.

Kita dituntut untuk menerapkan pembelajaran berpusat pada siswa (student-centered learning). Bukan teacher-centered learning. Sederhananya, seperti apapun proses dan hasil belajarmu, adalah tanggung jawab diri sendiri. Guru dan dosen cuma fasilitator.

Istilahnya, di depanmu ini sudah tersedia bahan-bahan masakan yang beragam. Entah dengan melihat resep atau dengan tidak melihat resep sama sekali, apakah kamu bisa mengolahnya jadi sebuah masakan yang memenuhi kebutuhan nutrisimu?

Mereka yang tidak mampu BELAJAR SECARA MANDIRI--tidak tahu gaya belajar yang efektif, cara mencatat materi, cara menggali sumber referensi, pokoknya mereka yang tidak tahu cara belajar sendiri tanpa supervisi orang lain yang selama ini kita bergantung padanya... Mereka-mereka ini akan "mati".

Kemampuan belajar sesuatu secara mandiri, adalah salah satu kemampuan terpenting yang perlu manusia miliki.

Kemampuan yang berguna seumur hidup. Kemampuan yang seringkali mendefinisikan sejauh apa kesuksesan kita.

Mandiri BUKAN berarti tidak butuh orang lain. Mandiri adalah tidak selalu menuntut untuk "disuapi" orang lain.

Sisi positifnya adalah, kita jadi punya kontrol penuh terhadap baik buruknya output pendidikan yang telah kita ambil. Kalau kita tetap bodoh, dapat nilai jelek, lama lulusnya... Ya berarti yang patut dipertanyakan adalah diri kita sendiri.

Kebanyakan orang sukses yang kukenal adalah mereka yang sangat mampu belajar sesuatu dari hidupnya, dari hidup orang lain, dari buku-buku, dari internet... Secara mandiri.

Asa Firda Inayah

***