Donor Mata, Yuk!

Padahal kornea itu bisa menjadi matahari penerang bagi saudara-saudara kita yang selama ini tidak bisa melihat indahnya dunia. Mending didonasikan.

Minggu, 19 Juli 2020 | 06:54 WIB
0
179
Donor Mata, Yuk!
Ilustrasi donor mata (Foto: suara.com)

Dunia ini sangat indah. Landskap pemandangan laut, bawah laut, gunung, bukit, lembah, atau tubuh indah perempuan, gagahnya laki-laki ... semua itu menumbuhkan rasa tenang dan semangat hidup saat dipandang mata.

Atau ... butiran kabut yang ditingkahi cahaya matahari, membentuk warna-warni pelangi yang tersusun indah seusai hujan. Keindahan itu bisa kita nikmati karena mata kita baik-baik saja, normal.

Saat ini di Indonesia ada sekitar 4 juta orang yang mengalami kebutaan, akibat rusaknya kornea. Penglihatan mereka bisa kembali normal, jika mendapatkan inplantasi kornea. Sementara jumlah kornea yang diterima oleh RS Mata di seluruh Indonesia dan diinplantasikan sekitar 45.000 per tahun. Itu pun sebagian besar sumbangan dari luar negeri.

Lalu berapa orang, jumlah calon donor mata saat ini? Sejak tahun 1960an sampai sekarang tidak lebih dari 30.000 orang. Itu pun baru calon, kornea akan diangkat setelah calon donor mati. Itu pun ... baru bisa dilakukan apabila calon donor tidak menderita penyakit yang terkait dengan darah, apabila keluarga tidak berubah pikiran, tetap mengizinkan pihak RS mengangkat kornea dari jenazah keluarganya.

Yakinlah, teman-teman sekalian pasti akan mati. Pasti. Nah ... sekarang bayangkan, kalau anda mati, kemukinannya dikubur, dibakar, diawetkan, atau hilang (gak ditemukan Tim SAR). Asumsikan gak hilang, kalo kornea anda gak didonasikan, akan hilang terbuang sia-sia. Paling jadi santapan cacing. Padahal kornea itu bisa menjadi matahari penerang bagi saudara-saudara kita yang selama ini tidak bisa melihat indahnya dunia. Mending didonasikan.

So ... Enjoy Life, Enjoy Death...!!!

Jika giliran kematianku, segera telp 021-5206659 (RS Aini Jakarta) atau RS terdekat yang ada dokter spesialis mata, sesegera mungkin setelah kematian, tidak lebih dari enam jam setelah kematian.

Saya sudah terdaftar sebagai calon donor mata di RS Aini Jakarta, sejak 2012. Kalau organ lain seperti ginjal, hati, jantung, otak, dll. bisa didonasikan dan pengangkatannya dilakukan setelah kematian, saya akan daftar jadi calon donor.

Yuuukk...!!

***