Lapas Kelas I Malang Buka Bersama YASA Malang di Masjid At Taubah

Selasa, 11 April 2023 | 14:35 WIB
0
48
Lapas Kelas I Malang Buka Bersama YASA Malang di Masjid At Taubah
Lapas Kelas I Malang Buka Bersama YASA Malang di Masjid At Taubah | dok.humaslapasmalang

LAPAS MALANG - Selasa (11/4/2023) Lapas Kelas I Malang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur melakukan kegiatan "Buka Bersama" di Masjid At-Taubah yang merangkul WBP untuk di ajak mengikuti acara Buka Bersama Bulan Ramadhan 2023.

Kegiatan ini bekerja sama dengan YASA Malang. Kegiatan pada Sabtu (08/04/2023) ini dimulai dengan Sholawatan dari grup Sholawat Albanjari Lapas Kelas I Malang, lalu ada ceramah agama Ustadz dari Komunitas Rampak Naong.

Kepala Lapas Kelas I Malang, Heri Azhari mengatakan pihaknya berusaha memberikan yang terbaik bagi WBP meskipun menjalankan ibadah puasa di lapas, namun masih bisa merasakan buka puasa dan bersilaturahmi bersama Kalapas, Pejabat Struktural dan Petugas lapas lainya.

Pengarahan Kalapas Kelas I Malang Saat berbuka puasa bersama, kita juga dapat memberikan semangat untuk melanjutkan ibadah puasa kita keesokan harinya. Semangat buka bersama orang-orang terdekat menjadi bekal untuk mengalahkan hawa nafsu dan semakin banyak berbagi berkat di bulan yang penuh berkah.

Bersamaan dengan itu seluruh jamaah yang hadir juga mendatap pencerahan dari utsad Syamsul Arifin dimana pada saat itu ustad Syamsul Menjelaskan Tentang Nuzulul Qur'an atau
lebih lengkapnya adalah peristiwa turunnya Al Quran dari Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril.

Petugas Lapas Malang pun turut merasakan suasana keakraban dan kebersamaan dalam acara tersebut. Yang paling penting adalah menciptakan suasana kedamaian dan ketenteraman,Tradisi buka bersama ini diharapkan dapat menciptakan manfaat bagi peserta buka puasa semata serta menciptakan suasana ketentraman dan kedamaian bagi lingkungan di dalam Lapas Kelas 1 Malang.

"Semoga dengan diadakanya acara Buka Bersama ini, semua Petugas maupun WBP bisa lebih khusuk dan semangat menghabiskan Bulan Ramadhan ini sampai akhir, dan dapat mempererat silaturahmi antara petugas dan WBP sehingga tercipta lingkungan yang aman, nyaman, dan kondusif. dan tidak lupa pula harapan kita semua, mudah mudahan ibadah puasa kita selama bulan Ramadhan menjadi kan keberkahan untuk kita kedepannya, amin," Ujar Kepala Lapas Kelas I Malang, Heri Azhari.

Lembaga Pemasyarakatan/ Lapas Kelas I Malang adalah salah satu pilot project Lapas Industri dan Zona Integrasi (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) Unit Pelaksana Teknis/ UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia. Perbaikan terus menerus dilakukan di Lapas Kelas 1 Malang ke arah yang lebih baik untuk pelayanan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun Masyarakat.

Lapas Kelas I Malang memiliki program pembinaan kepribadian dan kemandirian bagi seluruh WBP. Diharapkan dengan program pembinaan yang dilakukan bisa membuat WBP bisa menunjukkan penurunan tingkat resiko melakukan pidana kembali dengan berkelakukan baik juga bisa sebagai agen moral kebaikan saat telah bebas kembali ke Masyarakat. Lapas Kelas I Malang meraih Penghargaan sebagai Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang adalah salah satu pilot project WBK/WBBM UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia.

L'SIMA PASTI APIK !
(HUMAS LAPAS KELAS I MALANG)