Tergoda Islam

Islam agama yang akan relevan sampai akhir zaman. Islam mengajarkan kehidupan yang seimbang antara dunia dan akhirat. Islam akan tetap menarik bagi siapapun, asalkan kita bisa menunjukkan wajah Islam yang ramah dan membawa kebaikan.

Jumat, 11 Maret 2022 | 06:14 WIB
0
189
Tergoda Islam
Islam yang ramah (Foto: pecihitam.org)

Obrolan di meja makan tadi malam.
"You know Umm, I heard something quite extraordinary today at school."
"O ya? Tentang apa?"
"Ummi tau temenku si D, kan?"
"Yang orang Latvia itu, ya?"
"Yes. Out of nowhere, waktu jam istirahat dia deketin aku. Katanya, 'Kamu tau, nggak, apa yang paling membuatku tergoda saat ini? Islam.'"
"Wow! Terus kamu bilang gimana?"
"Ya, aku tanya, kenapa dia tergoda? Tergoda yang baik atau yang nggak baik? Dia bilang, menurutnya Islam itu menarik. Pemeluknya sepertinya tenang gitu pembawaannya. Rajin ibadah, baik sama teman, nilai sekolahnya bagus. Dia juga bilang, kayaknya menyenangkan bisa pulang duluan tiap Jumat kayak aku. Ya, aku cuma ketawa aja."
"Terus kamu bilang apa?"
"Aku bilang, itu pilihanmu. Aku senang kalau kamu melihat hal-hal bagus tentang agamaku."
Lalu ayahnya menimpali, "Besok di sekolah kalau si D bilang tergoda dengan Islam, ajak aja dia ke masjid. Supaya dia bisa kenal dengan lebih banyak muslim di Haugesund."
"Good idea, Yah."

Sebetulnya bukan kali pertama teman Fatih menunjukkan ketertarikan pada Islam. Salah satu sahabatnya cukup sering bertanya tentang Islam. Tentang Rasulullah, puasa, terorisme, LGBT, dan banyak lagi. Pertanyaan yang sering berujung perdebatan lumayan sengit. Tapi sampai sekarang mereka tetap berteman baik. Masih saling berkunjung ke rumah. Bahkan sahabatnya ini sampai ikut les gitar karena tertarik dengan permainan Fatih.

Menurut pengakuannya, Fatih nggak pernah secara persuasif dan terbuka mengajak teman-temannya masuk Islam. Itu bukan cara yang elegan dan tepat di zaman sekarang. Dia lebih memilih berteman dengan siapa saja. Terbuka untuk berdiskusi tentang apapun di kelas atau luar kelas. Berusaha jadi yang terbaik di bidang akademik. Semua tanpa menanggalkan sedikitpun identitasnya sebagai muslim.

Salat dhuhur di sela-sela jam pelajaran (di musim dingin yang siangnya singkat), puasa Ramadhan, dan izin pulang lebih awal untuk Jumatan. Ini mungkin yang diam-diam diperhatikan oleh temannya tadi.

Mengutip ucapan Fatih, Islam adalah agama yang akan relevan sampai akhir zaman. Islam mengajarkan kehidupan yang seimbang antara dunia dan akhirat. Islam akan tetap menarik bagi siapapun, asalkan kita bisa menunjukkan wajah Islam yang ramah dan membawa kebaikan.

Keep doing the good job you've been doing so far, my boy. Duta Islam remaja yang sebentar lagi beranjak dewasa.

***