Paradoks Olimpiade

Saat kompetisi berakhir dan semua orang pulang dengan medali mereka, kita tidak boleh mengabaikan pelajaran yang lebih dalam dari Olimpiade ini.

Selasa, 10 Agustus 2021 | 00:19 WIB
0
167
Paradoks Olimpiade
ilustr: The Colby College Community Web

Tentang nasionalisme dan persatuan di Olimpiade.

Poin Penting

  • Olimpiade dimaksudkan untuk memupuk solidaritas di antara masyarakat dunia.
  • Namun, penelitian menunjukkan bahwa persaingan ketat Olimpiade antar negara dapat memperburuk sikap antarkelompok.
  • Pada tingkat yang lebih dalam, Olimpiade mengingatkan kita bahwa kompetisi secara paradoks seringkali merupakan tindakan kooperatif yang mendasar.

Olimpiade 2020 di Tokyo baru saja usai. Dengan pesaing dari 206 negara dan perkiraan penonton lebih dari tiga miliar, Olimpiade memberikan pengalaman bersama – momen inspirasi dan kesenangan bersama – untuk sebagian besar umat manusia. Dan memupuk rasa solidaritas di antara orang-orang di dunia adalah tujuan sebenarnya dari Olimpiade. Seperti yang dikatakan oleh Komite Olimpiade Internasional:

  • Tujuan Gerakan Olimpiade adalah untuk berkontribusi dalam membangun dunia yang damai dan lebih baik dengan mendidik pemuda melalui olahraga yang dipraktikkan sesuai dengan Olimpiade dan nilai-nilainya.

Namun, Olimpiade juga mungkin merupakan ritual nasionalisme umat manusia yang paling mencolok. Dari Parade Bangsa-Bangsa selama upacara pembukaan hingga bendera yang menghiasi para peraih medali, kebanggaan nasional dipajang di mana-mana.

Bersaing untuk Kemuliaan Nasional

Olimpiade modern pertama diadakan di Athena pada tahun 1896. Meskipun orang-orang dari empat belas negara menghadiri Olimpiade di Athena, para atlet tidak bertanding atas nama tim nasional melainkan sebagai individu. Namun, pada tahun 1906, Olimpiade telah menjadi kontes antar negara, dan identitas nasional mengambil peran sentral saat ini.

Penelitian menunjukkan bahwa tujuan mulia perdamaian dan persatuan internasional, yang dilambangkan dengan cincin yang saling terkait dalam Olimpiade, ada dalam ketegangan yang tidak nyaman dengan sentimen nasionalis yang dilepaskan oleh persaingan antarnegara.

Youngju Kim dan Jinkyung Na menjuluki ini sebagai "paradoks Olimpiade" dalam sebuah makalah baru-baru ini:

  • Olimpiade bertujuan untuk mempromosikan perdamaian dan persatuan di seluruh dunia melalui olahraga. Ironisnya, bagaimanapun Olimpiade dapat dikaitkan dengan bias antarkelompok karena Olimpiade tidak hanya mengaktifkan identitas sosial/nasional sebagai warga negara, tetapi juga menyoroti persaingan yang ketat antar negara.

Benar saja, mereka mengamati bahwa sikap (dan mungkin perilaku) warga Korea terhadap kelompok luar lebih negatif selama Olimpiade 2016 dan 2018 daripada sebelumnya.

Demikian pula, meskipun moto untuk Olimpiade 2008 di Beijing adalah “Satu Dunia, Satu Mimpi,” Shirley Cheng dan rekan menemukan bahwa permainan tersebut meningkatkan persepsi warga Tiongkok tentang perbedaan budaya antara Tiongkok dan Barat. Bias yang mendukung dalam kelompok juga tampak meningkat—terutama di antara pengidentifikasi rendah, orang-orang yang biasanya tidak memihak pada kelompok mereka sendiri.

Persaingan Berakar dalam Kerjasama

Ini bukan untuk mengatakan bahwa Olimpiade pasti memperburuk hubungan antar negara. Bagaimanapun, ada sesuatu yang bisa dikatakan, untuk negara-negara yang memilih untuk bersaing satu sama lain di lapangan sepak bola dan di kolam renang daripada di medan perang atau laut lepas.

Persaingan, secara paradoks, seringkali merupakan tindakan kooperatif yang mendasar. Kita menonton acara-acara selama Olimpiade yang merupakan kontes yang diperjuangkan dengan keras antara pesaing yang sengit, namun mereka didasarkan pada kerja sama yang lebih dalam. Betapapun kerasnya mereka berjuang, ketika para atlet berlari lari 100 meter atau bermain bola voli, mereka setuju untuk mematuhi seperangkat aturan yang telah disepakati bersama.

Komite Olimpiade Internasional menyebut ini sebagai Semangat Olimpiade, "yang membutuhkan saling pengertian dengan semangat persahabatan, solidaritas, dan permainan yang adil." Semangat ini memiliki banyak bentuk.

Seperti yang dilaporkan Associated Press, di Olimpiade 2020, “atlet paling kompetitif di dunia telah ditangkap menunjukkan kelembutan dan kehangatan satu sama lain – merayakan, berbicara, menghapus air mata kekecewaan satu sama lain.”

Semangat kerjasama internasional terbentang dari lintasan hingga Olympic Village. Seperti pada Olimpiade sebelumnya, penyelenggara Jepang memesan 160.000 kondom untuk dibagikan kepada para atlet di Olympic Village agar bisa berhubungan dengan aman. (Tentu saja, para atlet tidak boleh berhubungan karena protokol COVID, jadi penyelenggara meminta atlet untuk menyimpan kondom sebagai "cinderamata" daripada menggunakannya!)

Ini bukanlah jenis tindakan yang muncul dalam pikiran ketika orang membayangkan konflik antarkelompok.

Olimpiade mencontohkan prinsip bahwa kita hanya bisa bersaing secara damai jika kita setuju pada tingkat yang lebih dalam untuk bekerja sama dan bermain dengan seperangkat aturan yang sama. Hal yang sama berlaku untuk bentuk kompetisi lainnya. Ada juga aturan kerjasama dalam politik, tertulis dalam konstitusi, tertanam dalam institusi, dan diukir oleh tradisi. Aturan bersama memungkinkan kelompok sosial dan saingan politik untuk terlibat dalam perdebatan sengit tanpa menggunakan kekerasan dan pertumpahan darah.

Identitas kelompok tidak selalu mengarah pada prasangka dan diskriminasi, ketidaksukaan, dan pengabaian – memang, asumsi bahwa hasil yang tak terhindarkan ini adalah salah satu mitos paling menonjol tentang identitas.

Sebaliknya, norma yang kita ciptakan dan wujudkan menentukan bagaimana kita memperlakukan anggota kelompok lain. Norma-norma ini sangat mendasar bagi bagaimana kelompok-kelompok berinteraksi secara produktif dan menyelesaikan konflik tanpa kekerasan.

Ketika konflik meningkat, ketika banyak lembaga masyarakat berada di bawah ancaman, dan aktor politik tampaknya cenderung mengabaikan aturan jika itu membantu mereka menang, Olimpiade adalah pengingat tepat waktu bahwa persaingan yang sehat berakar pada kerja sama. Saat kompetisi berakhir dan semua orang pulang dengan medali mereka, kita tidak boleh mengabaikan pelajaran yang lebih dalam dari Olimpiade ini.

***
Solo, Senin, 9 Agustus 2021. 11:48 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko