Manfaat vitamin C untuk Kesehatan kulit

Vitamin C berfungsi menghambat produksi pyrimidine yang merupakan penyebab utama melanoma.

Kamis, 21 Juli 2022 | 20:03 WIB
0
75
Manfaat vitamin C untuk Kesehatan kulit
Image: Unsplash

Vitamin C banyak ditemukan sebagai penyusun lapisan dermis dan epidermis kulit, sehingga kebutuhan Vitamin C tidak bisa dipisahkan dari kulit yang sehat. 

Seiring bertambahnya usia, kadar Vitamin C dalam tubuh juga dapat berkurang, itulah mengapa Anda sangat perlu mengkonsumsi dan menggunakan Vitamin C untuk perawatan kulit Anda. 

Baca juga: Tips Memilih Pelapis Dak Anti Bocor

Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Kulit

1. Membantu mencerahkan kulit

Vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen yang dapat membantu kulit beregenerasi sehingga terbebas dari sel-sel kulit mati penyebab wajah kusam. Kolagen pada Vitamin C berfungsi memperlancar aliran nutrisi ke kulit. 


Pembuluh darah di bawah kulit akan mengangkut oksigen dan nutrisi penting lainnya guna memastikan kulit Anda tetap sehat. Oleh karena itu, serum Vitamin C ini dapat membantu mencerahkan kulit Anda.


2. Mencegah penuaan dini

Seiring bertambahnya usia tentu masalah kulit mulai bermunculan seperti, garis-garis halus, dan kulit keriput. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi Vitamin C dapat menurunkan keriput pada kulit. Penggunaan serum Vitamin C secara rutin dapat memperlambat proses penuaan dini, alhasil kulit wajah Anda akan terlihat awet muda.


3. Melindungi kulit dari efek buruk sinar UV

Tahukah Anda bahwa sinar UV dapat menurunkan kadar Vitamin C dalam tubuh? Kadar vitamin yang hilang tergantung pada intensitas dan durasi Anda terkena paparan sinar matahari. 


4. Menjaga kelembaban kulit

Manfaat lain dari Vitamin C adalah menjaga kelembaban kulit dan mencegahnya kering. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat menjaga kesehatan pembuluh darah di bawah kulit.  Hal tersebut dikarenakan pembuluh darah di bawah kulit tersusun atas kolagen. Ketika kadar kolagen meningkat, maka elastisitas dan kekencangan kulit juga akan ikut meningkat.


5. Meratakan warna kulit

Vitamin C berfungsi menghambat produksi pyrimidine yang merupakan penyebab utama melanoma.  Selain itu, Vitamin C terbukti bermanfaat dalam mengatasi peradangan kulit seperti menghilangkan kemerahan dan membuat warna kulit lebih merata.

Baca juga: Kenali 5 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Kulit

Itu dia bebrapa manfaat vitamin C untuk kesehatan kulit, semoga artikel ini bermanfaat.