Budaya Organisasi [11] Arti dan Kelebihan Kebijakan Pintu Terbuka

Dengan bantuan kebijakan pintu terbuka, karyawan tidak tidur di antara mereka sendiri, melainkan berbicara dengan atasan mereka, menghilangkan semua keraguan mereka.

Rabu, 30 Juni 2021 | 16:14 WIB
0
111
Budaya Organisasi [11] Arti dan Kelebihan Kebijakan Pintu Terbuka
illustr: Marketing91

Organisasi adalah tempat di mana individu-individu dari latar belakang yang berbeda, kualifikasi pendidikan yang berbeda, mentalitas dan temperamen yang bervariasi, bergandengan tangan untuk bekerja menuju tujuan bersama. Ini adalah budaya tempat kerja yang menyatukan semua karyawan, membantu mereka menikmati pekerjaan mereka dan memberikan level terbaik mereka.

Nilai-nilai, kebijakan, ideologi, dan keyakinan suatu organisasi membentuk budayanya. Budaya tempat kerja mana pun menentukan cara karyawan berperilaku dengan rekan kerja mereka. Karyawan adalah aset organisasi yang harus berkontribusi secara efektif untuk mencapai target dalam kerangka waktu yang diinginkan.

Seseorang seharusnya tidak memperlakukan organisasinya hanya sebagai sumber penghasilan uang. Sangat penting bagi seorang individu untuk memprioritaskan pekerjaannya di atas hal-hal lain. Karyawan harus memiliki hubungan yang baik dengan atasan dan manajemen untuk kelancaran arus informasi dan pemahaman yang lebih baik di tempat kerja. Transparansi sangat penting di semua tingkatan dalam hierarki untuk menghindari konflik dan perselisihan yang tidak perlu. Tidak seorang pun harus merasa diabaikan di tempat kerja. Masalah muncul ketika pertanyaan tetap tidak dijaga dan bos tidak punya waktu untuk anggota tim mereka.

Untuk menghindari situasi di atas, organisasi telah memperkenalkan kebijakan bernama "Kebijakan Pintu Terbuka"

Apa itu Kebijakan Pintu Terbuka?

Menurut kebijakan pintu terbuka, pintu kantor atasan atau manajemen (termasuk CEO) harus tetap terbuka agar karyawan memiliki akses yang mudah jika ada pertanyaan. Anggota tim harus memiliki kebebasan untuk mendekati pemimpin tim mereka dan mendiskusikan masalah dengan mereka di forum terbuka.

Peran direktur pelaksana, chief executive officer atau ketua tidak hanya duduk di kabin terkunci sepanjang hari dan berteriak pada karyawan; sebaliknya mereka harus bertindak sebagai pilar dukungan yang kuat bagi mereka. Interaksi yang sehat antara karyawan sangat penting untuk suasana positif di tempat kerja. Manajemen harus menyapa karyawan dari waktu ke waktu untuk memotivasi mereka dan mengharapkan yang terbaik dari mereka.

Keuntungan dari Kebijakan Pintu Terbuka

Kebijakan pintu terbuka mendorong komunikasi yang efektif antara karyawan dan manajemen. Karyawan tidak merasa ditinggalkan di tempat kerja karena mereka tahu ada seseorang yang selalu mendukung mereka pada saat krisis. Dengan cara ini mereka melekat pada manajemen dan selalu loyal terhadap organisasi.

Tidak ada ruang untuk kebingungan ketika karyawan berinteraksi langsung dengan atasan mereka. Mereka merasa termotivasi dan berusaha keras untuk memenuhi harapan manajemen. Mereka tidak pernah menjelek-jelekkan manajemen atau organisasi mereka.

Kebijakan pintu terbuka mendorong diskusi yang sehat di tempat kerja. Individu bertukar ide dan sampai pada solusi inovatif yang menguntungkan semua orang. Karyawan bebas untuk mendiskusikan ide-ide mereka dengan atasan dan mendapatkan keuntungan dari bakat dan mentoring mereka.

• Lewatlah sudah hari-hari ketika orang-orang dulu takut pada bos mereka. "Pendekatan Hitler" tidak berfungsi dalam skenario saat ini. Manajemen harus menghormati keputusan karyawan untuk mengharapkan hal yang sama sebagai balasannya. Manajemen harus membuat karyawan merasa sangat diperlukan untuk organisasi dan harus memberikan telinga yang simpatik kapan pun diperlukan.

Kebijakan pintu terbuka memungkinkan karyawan untuk mencari bantuan bos mereka dan secara bebas mendiskusikan berbagai hal dengan mereka untuk kejelasan yang lebih baik. Kebijakan pintu terbuka sangat penting untuk komunikasi yang efektif, umpan balik yang tepat, dan hasil yang lebih baik. Dengan bantuan kebijakan pintu terbuka, karyawan tidak tidur di antara mereka sendiri, melainkan berbicara dengan atasan mereka, menghilangkan semua keraguan mereka dan menantikan hubungan jangka panjang dengan organisasi.

***
Solo, Rabu, 30 Juni 2021. 3:43 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko