Psikologi Penyesalan Seksual

Tampaknya dalam seks, seperti dalam aspek kehidupan lainnya, kita adalah makhluk kebiasaan yang sulit mengubah cara kita.

Minggu, 11 April 2021 | 08:14 WIB
0
213
Psikologi Penyesalan Seksual
ilustr: The Modern Man

Peran orientasi sosioseksual dan neurotisme.

Poin Penting:

  • Wanita lebih cenderung menyesali melakukan hubungan seks kasual, sementara pria lebih cenderung menyesali kehilangan kesempatan untuk itu.
  • Psikolog percaya bahwa penyesalan memotivasi orang untuk belajar dari kesalahan masa lalu dan menghindarinya di masa depan.
  • Tetapi bertentangan dengan teori ini, penelitian baru menunjukkan bahwa meskipun ada perasaan penyesalan seksual, orang tidak mengubah pola perilaku seksual mereka.

Emmy bertemu Hendrik di sebuah pesta Sabtu lalu. Mereka main mata beberapa lama, membangun ketegangan seksual yang luar biasa. Hendrik memang seksi — tetapi Emmy juga tahu dia jelas bukan pacar. Mereka menghabiskan malam di tempatnya, dan dia pergi sebelum dia bangun.

Setelah itu, Emmy kecewa. Hendrik mementingkan diri sendiri, dan seksnya tidak sebagus yang dia bayangkan. Dia merasa sangat menyesal, dan dia memutuskan untuk tidak pernah membiarkan dirinya dirayu untuk melakukan one-night stand lagi.

Joshua juga ada di pesta Sabtu malam. Dia memulai percakapan dengan Sherly, yang terus menyentuhnya dan menertawakan leluconnya. Sherly memang seksi — tetapi jelas bukan materi pacar, setidaknya bukan tipe yang bisa dia perkenalkan kepada keluarga dan teman-temannya. Dia dibesarkan secara tradisional, dan dia masih percaya seks harus disediakan untuk hubungan yang berkomitmen.

Dia pulang sendirian malam itu, tetapi bayangan dirinya dan Sherly yang berhubungan seks dengan gairah terus melintas di benaknya. Di pagi hari, dia merasakan banyak penyesalan, dan dia bertekad untuk tidak pernah membiarkan kesempatan lain untuk one-night stand lolos dari jemarinya lagi.

Psikologi Penyesalan Seksual

Menurut pandangan fungsional emosi, kita mengalami penyesalan ketika kita telah mempelajari pelajaran hidup yang sulit. Dengan kata lain, rasa sakit karena penyesalan memotivasi kita untuk tidak mengulangi perilaku yang ternyata bukan untuk kepentingan terbaik kita, seperti sakitnya jari yang terbakar memotivasi kita untuk berhati-hati di sekitar kompor yang panas. Tetapi apakah penyesalan seksual membuat kita mengubah perilaku seksual kita? Ini adalah pertanyaan yang dieksplorasi oleh psikolog Norwegia Leif Kennair dan rekannya dalam sebuah artikel yang baru-baru ini mereka terbitkan di jurnal Evolutionary Psychology.

Sudah diketahui dengan baik bahwa pria rata-rata memiliki dorongan seks yang lebih tinggi daripada wanita. Mereka juga cenderung lebih terbuka untuk seks kasual, dan mereka biasanya ingin berhubungan seks lebih awal dalam hubungan baru daripada wanita. Psikolog evolusi berpendapat bahwa perbedaan dalam kecenderungan seksual ini muncul karena wanita menanggung sebagian besar beban reproduksi.

Di seluruh spesies yang bereproduksi secara seksual, betina menanggung biaya biologis dalam menghasilkan dan membesarkan keturunan, sedangkan kontribusi jantan hanyalah sedikit sperma. Artinya, wanita harus pilih-pilih dengan siapa mereka kawin, dan mereka cenderung ingin menunda seks selama mungkin untuk memastikan mereka mendapatkan ayah terbaik untuk bayinya. Sebaliknya, pejantan mampu menyebarkan benih mereka jauh dan luas, satu-satunya biaya adalah waktu yang dihabiskan untuk mencari betina yang bersedia.

Jadi, ketika menyangkut perasaan penyesalan seksual, kita menemukan pola yang berbeda untuk pria dan wanita.

Di satu sisi, wanita lebih cenderung merasa menyesal melakukan one-night stand, karena mereka mempertaruhkan kehamilan untuk berhubungan seks dengan pria yang tidak mau tinggal untuk menafkahi anaknya. Begitulah kasus Emmy dan Hendrik di atas.

Di sisi lain, pria cenderung menyesal melewatkan urusan kasual, karena mereka berpotensi mendapatkan keturunan tambahan tanpa harus menyediakannya. Ini adalah kasus Joshua dan Sherly.

Psikolog mengusulkan bahwa kita mengalami penyesalan seksual untuk memperkuat fakta bahwa kita telah membuat keputusan yang buruk — setidaknya dari perspektif evolusi — sehingga kita tidak akan membuat kesalahan seperti itu lagi di masa depan. Jika demikian, Kennair dan rekan-rekannya beralasan, maka orang yang pernah mengalami penyesalan seksual harus mengubah perilakunya untuk menghindari penyesalan semacam itu di masa mendatang. Maka dari waktu ke waktu, laki-laki seharusnya menjadi lebih kecil kemungkinannya untuk kehilangan kesempatan untuk seks kasual, sementara perempuan harus menjadi lebih waspada untuk terlibat dalam one-night stand. Namun sampai saat ini, hipotesis ini belum pernah diuji.

Penelitian Penyesalan Seksual

Untuk penelitian ini, Kennair dan rekan merekrut lebih dari dua ratus mahasiswa dari universitas Norwegia untuk mengambil bagian dalam studi longitudinal penyesalan seksual. Ketika mereka pertama kali direkrut, para peserta menanggapi serangkaian kuesioner yang menilai aktivitas seksual mereka baru-baru ini. Kemudian empat bulan kemudian, mereka menanggapi kuesioner yang sama ini lagi.

Setiap kali, para peserta diminta untuk melaporkan tentang kesempatan terakhir mereka untuk melakukan hubungan seks kasual. Mereka menunjukkan apakah mereka akan menindaklanjuti atau tidak, dan apakah mereka menyesali keputusan yang telah mereka buat. Mereka yang telah melalui peluang melaporkan kualitas pasangannya, apakah mereka memulai atau tidak, seberapa puas mereka, dan apakah mereka merasa jijik dengan pengalaman tersebut.

Para peserta juga menjawab pertanyaan yang menilai karakteristik kepribadian mereka. Yang pertama adalah sosioseksualitas, atau keterbukaan terhadap pengalaman seksual biasa. Mereka dengan orientasi sosioseksual terbatas lebih suka berhubungan seks hanya dalam konteks hubungan berkomitmen, sedangkan mereka dengan orientasi sosioseksual tidak terbatas terbuka untuk seks kasual. Ciri kepribadian kedua adalah neuroticism, atau kecenderungan mengalami kecemasan atau depresi.

Apakah Penyesalan Seksual Mengubah Perilaku Seksual Kita?

Jika penyesalan seksual memotivasi orang untuk menghindari keputusan seksual yang buruk di masa depan, kita akan melihat tingkat penyesalan yang lebih tinggi pada saat survei dilakukan pertama kali dibandingkan dengan yang kedua kalinya empat bulan kemudian. Lebih khusus lagi, kita berharap wanita tidak cenderung melakukan seks kasual lagi setelah melakukannya sekali dan merasa menyesal. Demikian pula, kita berharap pria lebih cenderung melakukan seks kasual setelah melewatkan kesempatan dan merasa menyesal.

Tetapi bukan ini yang ditemukan para peneliti. Sebaliknya, data menunjukkan bahwa orang-orang konsisten dalam perilaku seksual mereka, apakah mereka menyesal setelahnya atau tidak. Terkait contoh pembukaan kami, Emmy kemungkinan besar akan berhubungan lagi dalam waktu dekat dan menyesalinya keesokan harinya. Demikian pula, Josh kemungkinan besar akan membiarkan kesempatan berikutnya untuk seks kasual lolos dari jarinya, dan dia juga kemungkinan besar akan menyesalinya setelah itu.

Data yang dikumpulkan Kennair dan rekannya menunjukkan bahwa penyesalan seksual sama sekali tidak memberi kita pelajaran hidup. Sebaliknya, perilaku seksual kita sebagian besar didorong oleh sosioseksualitas kita. Artinya, beberapa dari kita memiliki kecenderungan tidak terbatas ke arah hubungan jangka pendek, sedangkan yang lain memiliki kecenderungan terbatas untuk hanya berhubungan seks dalam hubungan yang berkomitmen.

Lebih lanjut, para peneliti menemukan bahwa prediktor terbaik penyesalan seksual — untuk pria dan wanita — bergantung pada tingkat neurotisme mereka, atau kecenderungan kecemasan dan depresi. Dengan kata lain, wanita neurotik cenderung menyesali one-night stand mereka, sedangkan pria neurotik lebih cenderung merasa menyesal karena kehilangan kesempatan untuk melakukan hubungan seks kasual.

Terakhir, data menunjukkan bahwa wanita mungkin juga merasakan penyesalan seksual ketika hubungan seksual tidak terlalu memuaskan atau jika mereka merasa jijik sesudahnya. Mungkin jika Hendrik adalah kekasih yang lebih baik, yang memenuhi kebutuhan seksualnya, Emmy tidak akan menyesal telah berhubungan dengannya.

Sebagai kesimpulan, kita mungkin menyesal jatuh karena rayuan atau kehilangan kesempatan. Tetapi perasaan penyesalan seksual ini, ketika itu terjadi, tidak banyak membantu kita meningkatkan perilaku kita di masa depan. Tampaknya dalam seks, seperti dalam aspek kehidupan lainnya, kita adalah makhluk kebiasaan yang sulit mengubah cara kita.

***
Solo, Minggu, 11 April 2021. 7:42 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko