Muhammad Izzam Athaya

Izzam kecil akan mengenang dengan manis wajah bocahnya sendiri. Diabadikan di lembaran kertas berharga dengan benang pengaman, dan beredar dari tangan ke tangan.

Selasa, 18 Agustus 2020 | 20:19 WIB
0
316
Muhammad Izzam Athaya
Muhammad Izzam Athaya pada uang kertas (Foto: Facebook/Tomi Lebang)

Saya cukup iri kepada anak ini. Namanya Muhammad Izzam Athaya, masih duduk di bangku sekolah dasar, SD 041 Tarakan, Kalimantan Utara. Sekecil itu, wajahnya sudah terpampang di lembaran mata uang Republik Indonesia -uang baru Rp75.000.

Entah bagaimana mulanya, ia didatangi satu tim dari Jakarta, tepat setahun yang lalu. Ia difoto mengenakan baju adat suku Tidung, Kalimantan Utara (Kaltara), nama suku keluarga besarnya.

Izzam kecil akan mengenang dengan manis wajah bocahnya sendiri. Diabadikan di lembaran kertas berharga dengan benang pengaman, beredar dari tangan ke tangan, tersimpan di brankas-brankas, mungkin nanti terjulur keluar dari mesin-mesin ATM di seantero negeri. Bertahun-tahun sampai kelak ia dewasa.

Untuk Izzam, selamat ya.

Catatan:

Entah ada informasi dari mana, hari-hari ini sejumlah netizen mempersoalkan bahkan mempersoalkan pakaian adat daerah Tidung yang dikenakan Muhammad Izzam Athaya dan termuat di uang kertas nominal Rp75.000 sebagai pakaian adat China.

***