Mengangkat Harkat MCK di Hari Tolet Sedunia

Program Sustainable Development Goals bertekad agar pada 2030 semua manusia di bumi punya akses air bersih dan MCK layak.

Jumat, 19 November 2021 | 10:53 WIB
0
106
Mengangkat Harkat MCK di Hari Tolet Sedunia
MCK (Foto: pinhome.id)

Hari ini 19 November adalah Hari Toilet Sedunia. Tema World Toilet Day 2021 adalah "Valuing Toilet", atau kira-kira "mengangkat harkat toilet". Sekira 4 miliar manusia di dunia ternyata belum mempunyai toilet dan sarana sanitasi yang baik.

Mengapa kita harus mengangkat nilai toilet?

Ya karena membuang hajat itu masih dipandang sebagai kegiatan kotor, bau, dan menjijikkan, sehingga toilet itu sesuatu yang tidak diutamakan, atau diadakan seadanya. MCK nyaris tidak terperhatikan dalam pembangunan lain, atau dinoorduakan.

Tapi budaya menomorduakan toilet atau MCK itu bukan tanpa masalah. WHO menyatakan sanitasi yang kotor dan tidak memiliki sarana pembuangan yan baik, adalah sumber penyakit. Anak-anak dan perempuan berada di garis terdepan yang paling berisiko terkena penyakit ini.

Bagi kelas masyarakat berpenghasilan menengah atas, soal sanitasi dan MCK tampaknya tidak masalah.

Tapi mari kita bayangkan, pada suatu pagi kita sekeluarga harus bergegas ke kantor, dan ke sekolah. Tiba-tiba air macet atau listrik mati, sedangkan kita semua harus buang hajat dan mandi? Pasti ada pertengkarang kecil di keluarga.

Bagaimana dengan mereka di pelosok yang tak punya toilet seumur-umur?

Mereka setiap hari harus pergi jauh ke toilet dan mencari air bersih. Apalagi jika malam tiba, dan hujan. Menahan buang air kecil dan besar itu sumber penyakit.

Program Sustainable Development Goals bertekad agar pada 2030 semua manusia di bumi punya akses air bersih dan MCK layak.

Kami di Odesa sejak lima tahun ini terus membangun sanitasi dan MCK. Dua tahun ini akselerasinya menggembirakan. Banyak donatur yang merasakan pentingnya MCK bagi warga kelas bawah yang tak punya uang untuk membangun MCK layak. Sudah 32 MCK komunal yang kami bangun.

Mudah-mudahan teman-teman pegiat sosial lainnya di belahan tanah air juga ikut mengangkat harkat toilet. Apa yang kita makan dan minum, harus kita masukkan dengan baik, dan apa yang kita keluarkan, harus dikeluarkan dengan baik.

Selamat Hari Toilet Sedunia. Mari angkat harkat toilet...

***